kumparan
KONTEN PUBLISHER
5 Juli 2019 23:47

Hobi Ikan Hias yang Menjadi Rejeki

daniel-corneschi-GsAJ4-Tsz_c-unsplash.jpg
Ikan Discus | Photo by Daniel Corneschi via Unsplash
Sobat entepreneur, memiliki hobi memelihara ikan hias memang bukan merupakan sesuatu yang asing lagi di sekitar kita. Ikan hias merupakan salah satu pilihan bagi para pecinta hewan untuk dipelihara. Baik itu ikan hias air tawar ataupun ikan hias air laut sobat, semuanya memiliki penggemar masing-masing. Meningkatnya pengetahuan dari masyarakat tentang pemeliharaan ikan hias menjadikan bisnis ikan hias pun meningkat.
ADVERTISEMENT
Hal tersebut dapat dilihat dari semakin banyaknya pasar-pasar ikan hias di berbagai kota besar seperti pasar ikan sumenep, pasar ikan hias parung, pasar ikan hias jatinegara, hingga pasar ikan hias gunungsari di kota Surabaya. Banyak juga pebisnis ikan hias yang memulai bisnisnya dari rumahnya. Selain karena tidak membutuhkan investasi lebih pada toko atau gerai, penghobi juga dapat menjadikan hobinya sebuah bisnis.
mate-molnar-7AVVPWyk7Zc-unsplash.jpg
Otocinclus affinis | Photo by Mate Molnar via Unsplash
Selain ikan hias yang dijual, penghobi juga dapat menjual berbagai peralatan-peralatan untuk memenuhi kebutuhan ikan hias seperti akuarium, filter, lampu, dan berbagai perlengkapan lainnya. Tanaman-tanaman hias juga menjadi salah satu daya tarik pada hobi ikan hias. Menciptakan akuarium sebagai habitat dari ikan memang menjadi kekuatan dari hobi ini. Aquascaping memang menjadi pusat dari hobi ikan hias, dimana kita dapat mengatur konsep akuarium, dan nuansa yang ingin dihadirkan pada akuarium kita. Mulai dari jenis-jenis ikan hingga jenis tanaman yang digunakan dapat menentukan konsep apa yang diusung oleh penghobi tersebut.
ADVERTISEMENT
Selain menjadi hobi yang menarik ikan hias juga dapat menjadi rejeki bagi sebagian orang. Seperti dari ikan yang mulai berkembang biak, tanaman yang bertumbuh dapat dijual kembali kepada penghobi lainnya. Selain itu tidak jarang para penghobi juga membuka jasa pembuatan aquascape bagi orang lain.
Nah sobat entepreneur, menarik ya kalau hobi mu bisa jadi bisnis?
#terusberkarja
Content Writer : SEP
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan