Pencarian populer

Ini Dia Kisah Pengusaha Minuman Limun yang Melegenda!!!

Sobat entrepreneurs tentu kita pernah menikmati minuman limun yang memiliki rasa khas 'semriwing' dan manis? ya minuman jadul ini memiliki rasa sarsaparilla yang begitu khas.

Limun Sarsaparilla | Photo by @indosaparellaofficial via Instagram

Ditengah ramainya industri minuman ringan yang banyak bermunculan seperti thaitea hingga kopi susu terdapat minuman tradisional yang merajai pasar minuman dari jaman kolonial hingga akhir tahun 1980-an yaitu minuman limun.

Limun sendiri adalah minuman ringan berkarbonasi yang mulai ditinggalkan karena masuknya minuman karbonasi lain yang mampu menggeser popularitas minuman limun pada kala itu.

Ketika banyak perusahaan limun lokal mulai menggulung tikar karena beratnya kompetisi yang terjadi pada industri ini lahirlah sebuah perusahaan limun lokal dengan nama Indo Saparella yang justru melihat pasar tersebut sebagai celah untuk kembali merajai industri minuman ringan di Indonesia.

Kisah Perjalanan Indo Saparella

Perusahaan limun lokal asal Daerah Istimewa Yogyakarta ini didirikan oleh Hendrawan dan Jessy pada tahun 2008, dengan berbekal ilmu yang didapatkan pada masa kuliah keduanya bekerja sama dalam proses pembuatan minuman yang bertajuk tradisional ini. Dengan desain botol yang unik dan mencuri perhatian Indo Saparella mampu memasuki industri minuman ringan Indonesia.

Desain botol unik Indo Saparella | Photo by @indosaparella.bandung via Instagram

Dari keunikan tersebut perjalanan Indo Saparella dimulai, langkah pertama ketika perusahaan ini dijalankan adalah dengan memproduksi botol yang memiliki bentuk bulat dibawah dengan leher botol menjulang keatas.

Botol yang tidak umum ini dapat tercipta dari proses panjang ketika Hendrawan mencari supplier yang saat itu di Indonesia hanya terdapat 3 supplier pembuat botol dan tidak ada satupun yang percaya akan gagasan Hendrawan kala itu.

Hingga akhirnya Hendrawan berinisiatif untuk mengimpor botol dari negara tetangga Malaysia, namun resiko yang dihadapi begitu besar mulai dari pecahnya botol hingga tidak sesuainya kualitas yang didapatkan.

Proses desain botol Indo Saparella | Photo by Erromy Wangiar via Karja.id

Waktu berlalu Hendrawan akhirnya berhasil memproduksi botol dari salah satu supplier pembuat botol di Indonesia. Mendapat berbagai penolakan tidak membuat Hendrawan menyerah untuk mendapatkan unique point selling.

Peran Jessy yang merupakan sarjana Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada adalah menciptakan resep komposisi minuman berasa Sarsaparilla ini. Sedangkan suaminya Hendrawan merupakan Sarjana Teknik Mesin Universitas Gadjah Mada dan Sarjana Teknik Industri Unika Atmajaya Yogyakarta, keduanya saling bahu membahu hingga pada pertengahan 2009 Indo Saparella mulai diperkenalkan.

Berawal dari kecintaan pada minuman sarsaparilla

Hendrawan dan Jessy yang merintis Indo Saparella mengatakan bahwa ide awal Indo Saparella adalah kecintaannya pada minuman limun yang mulai hilang di pasar Indonesia.

Hendrawan Judianto & Jessy Budi Harsono pendiri Indo Saparella | Photo by Erromy Wangiar via Karja.id

"Ketika kita sedang kulineran kerinduan akan limun itu selalu ada, tapi banyak yang sudah hilang dari pasar". sebut Hendrawan

Minuman limun yang memiliki rasa sarsaparilla ini dengan mudah membawa nuansa nostalgia yang menjadi daya tarik utama dari minuman yang memiliki rasa khas ini. Kecintaan Hendrawan dan Jessy terhadap limun membuat keduanya berinisiatif untuk menciptakan minuman limun rasa sarsaparilla dengan merk Indo Saparella. Dengan merangkul Dinas Perindustrian daya tarik Indo Saparella makin meluas hingga mancanegara. Banyak pemilik gerai makanan dan pedagang ritel ingin menjual produk Indo Saparella.

Strategi bisnis Indo Saparella

Indo Saparella | Photo by @indosaparella.banten via Instagram

Tingginya persaingan dalam industri minuman ringan tidak membuat Hendrawan dan Jessy berhenti untuk mengembangkan produknya. Pendiri Indo Saparella yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang UKM di Asosiasi Industri Minuman Ringan ini melakukan pendekatan transaksional dan relasional dalam menjalankan bisnisnya. Tidak melakukan head to head dalam masalah harga dan melakukan differentiation adalah cara bagaimana Indo Saparella hingga saat ini memiliki pasar tersendiri di hati pecinta minuman limun tradisional. Minuman limun tradisional yang mampu bersaing di pasar global patut kita lestarikan bukan sobat?

Untuk sobat entrepreneurs yang ingin mencoba minuman limun Indo Saparilla ini dapat ditemukan di berbagai supermarket besar di sekitar pulau Jawa & Bali. Selain itu sobat entrepreneurs juga dapat memesan melalui toko online Indo Saparella di berbagai e-commerce. Mari kita lestarikan dan dukung produk lokal minuman limun tradisional.

#terusberkarja

Writer : Erromy Wangiar

Editor : Charles

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23