kumparan
KONTEN PUBLISHER
24 Januari 2020 9:37

Keuntungan Bekerja Tidak Sesuai dengan Jurusan Kuliah

Seseorang yang bekerja tidak sesuai dengan jurusan kuliahnya akan menjadi pribadi yang tangguh, kreatif, dan tahan banting | Photo by Unsplash/Corinne Kutz
Di dunia ini, kita tidak bisa selalu mendapatkan apa yang diinginkan. Begitu pula halnya dengan pekerjaan. Tidak selamanya kita bisa bekerja sesuai dengan apa yang inginkan, terutama jika keadaan sudah mendesak. Seperti butuh uang, harus membantu keluarga, atau tidak tahan mendengar nyinyiran tetangga yang terus mempertanyakan mengapa kita belum juga mendapat pekerjaan. Kalian yang sudah mulai putus asa pun akhirnya melamar pekerjaan, walau nyatanya pekerjaan tersebut berbeda jauh dengan jurusan kuliah.
ADVERTISEMENT
Namun yang terjadi, kalian diterima di perusahaan tersebut dengan posisi yang di bidang yang asing bagi kalian. Jelas kalian akan merasa bahwa kalian salah tempat, namun apa daya keadaan sudah mendesak.
Tapi tahukah kalian, bahwa ternyata memiliki pekerjaan yang berbeda dengan jurusan ketika kuliah ternyata memiliki banyak manfaat? Simak keuntungan yang akan kalian dapatkan ketika bekerja tidak sesuai dengan jurusan kuliah versi Karja.
1. Mendapat Skill Baru
Dengan bekerja di bidang berbeda dengan jurusan kuliah, skill kalian akan lebih terasah serta mendapatkan ilmu baru | Photo by Pexels/fauxels
Bekerja dengan bidang yang berbeda dengan jurusan kalian ketika kuliah tentunya akan membawa pengalaman baru bagi kalian. Mulai dari pengalaman yang menyenangkan, hingga pengalaman yang mampu membentuk kalian menjadi pribadi yang lebih tangguh.
Pengalaman-pengalaman tersebut tentunya akan melatih dan menambah skill yang kalian miliki di dunia kerja. Perlahan, kalian pun akan menyadari bahwa skill tersebut dapat diperoleh karena bekerja di bidang yang tidak sesuai jurusan kuliah.
ADVERTISEMENT
Selain itu, kalian pun akan menjadi seseorang yang terus ingin belajar. Selain karena adanya tuntutan untuk mempelajari sesuatu yang baru terkait pekerjaan, perlahan-lahan kalian pun akan terbiasa untuk terus mempelajari hal yang baru. Kalian pun akan menjadi seseorang yang tangguh serta bertanggung jawab.
2. Pengalaman Kerja Lebih Menarik
Kalian akan dianggap sebagai pribadi yang serba bisa | Photo by Pexels/Lukas
Ketika kalian suatu hari memutuskan untuk resign dan menulis pengalaman kerja kalian di CV, HRD akan melihat bahwa kalian memiliki pengalaman kerja yang menarik. Mengapa? Karena kalian akan dianggap serba bisa dan dapat ditempatkan di posisi yang berbeda.
Semisal kalian kuliah jurusan otomotif, namun bekerja di bagian administrasi. Tentunya kalian akan mendapat banyak ilmu berbeda dari pengalaman kerja tersebut, yang akhirnya menjadi nilai plus bagi kalian di mata perusahaan yang dilamar selanjutnya.
ADVERTISEMENT
3. Modal untuk Buka Bisnis Sendiri
Ada banyak keuntungan yang didapat apabila memutuskan untuk membuka bisnis sendiri | Photo by Pexels/Ylanite Koppens
Nah, untuk kalian yang bercita-cita menjadi seorang entrepreneur, maka bekerja tidak sesuai dengan jurusan kuliah jelas akan membantu kalian dalam membuka sebuah usaha baru.
Kita tentu tahu, dalam menjalankan sebuah usaha tidak bisa dijalankan oleh orang yang berasal dari jurusan yang sama saja melainkan berbeda-beda. Ketika kalian memiliki pengalaman bekerja yang berbeda dengan jurusan kuliah, maka kalian akan mengerti dan memahami bagaimana alur pekerjaan itu berjalan.
Dengan begitu, bisnis yang kalian kelola akan berjalan lebih lancar dan kalian pun juga memiliki jaringan yang luas karena telah bekerja di bidang yang berbeda tersebut.
Jadi, dengan keuntungan-keuntungan tersebut, kalian tidak perlu merasa salah tempat ya, Sobat! Walaupun mungkin prosesnya tidak mudah, namun hal tersebut akan membentuk kalian menjadi pribadi yang tangguh dan tahan banting.
ADVERTISEMENT
#terusberkarya
Jangan lupa follow Karja di Instagram (@karjaid) dan klik tombol 'IKUTI' di kumparan.com/karjaid untuk mendukung dan mengikuti konten menarik seputar entrepreneurship, kisah inspiratif, karya anak bangsa, dan isu sosial seputar milenial ya, Sobat!
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan