kumparan
12 Jul 2019 3:26 WIB

Menariknya Hobi Aquascape

Contoh Aquascape | Photo by rickyvyglobe via Instagram
Sobat entepreneur, bagi kalian yang menyukai ikan adalah salah satu cara untuk memelihara ikan dengan begitu indah yaitu dengan aquascape. Bagi masyarakat Indonesia aquascape sendiri bukanlah sebuah hal yang asing lagi, banyak penghobi ikan sudah membuat konsep aquascape untuk memelihara ikan hiasnya. Nah sobat entepreneur kira-kira seperti apa sih menariknya hobi aquascape? yuk mari simak dibawah ini sobat entepreneur.
ADVERTISEMENT

Peralatan Aquascape

Nah sobat untuk memulai aquascape tentu penghobi akan membutuhkan berbagai peralatan untuk membangun aquscape dimulai dari yang paling dasar adalah akuariumnya, untuk akuarium berukuran 50x30x30 dengan tebal 5mm umumnya memiliki kisaran harga dari Rp. 80 ribu - Rp. 120 ribu sobat. Belum lagi termasuk filter, lampu dan water heater yang umumnya dibutuhkan untuk membangun aquascape. Selain itu ada beberapa peralatan tambahan seperti inject CO2, aerator dan berbagai peralatan penunjang lainnya untuk mempercantik aquascape sobat. Dengan berbagai kebutuhan peralatan tersebut kita dapat berkreasi membentuk aquascape kita.

Tanaman dan Substrate Aquascape

Nah sobat selain peralatan, yang membedakan aquascape dengan akuarium biasa adalah terdapat konsep yang dihadirkan seperti pada alamnya dengan menambahkan tanah, kerikil, dan berbagai tanaman-tanaman air yang menarik. Sobat entepreneur menarik nya dari tanaman-tanaman yang kita tanam pada aquascape kita nantinya dapat dipanen dan dijual kembali sebagai tanaman baru dengan harga yang baik.
Anubias Nana | Photo by nanotanksaustralia via Instagram
Salah satu contoh tanaman yang dapat dikembang biakan adalah Anubias Nana, nantinya sobat entepreneur akan keluar tunas-tunas baru dari tanaman tersebut yang kemudian dapat dijual dan dikembang biakan.
ADVERTISEMENT

Ikan Hias dan Fauna Lain

Berikutnya sobat untuk melengkapi konsep aquascape adalah memberikan tambahan ikan hias, sehingga lengkaplah fauna dan flora yang ada didalam aquascape kamu sobat.
Ikan Guppy | Photo by rfq_prsdy via Instagram
Selain menjadi hiasan dan peliharaan yang menarik, ikan hias juga membantu menstabilkan ekosistem aquascape kamu sobat. Selain ikan hias kamu juga dapat menambahkan udang hias hingga keong sobat. Menariknya kamu juga dapat sekaligus mengembang biakan ikan-ikan hias tersebut sobat.
#terusberkarja
Content Writer : SEP
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan