kumparan
KONTEN PUBLISHER
12 Februari 2020 20:04

Tanamkan 3 Mindset Ini Ketika Merasa Hidup Tak Adil

image.png
Terkadang, kita merasa bahwa hidup ini tidak adil | Photo by Pexels/Min An
Dalam menjalani hidup ini, roda kehidupan tentu akan terus berputar, tidak selalu berada di atas setiap saat. Terkadang, roda kehidupan akan berada di bawah tanpa kita sadari. Dan hal ini membuat banyak orang mengeluh bahwa hidup tidaklah adil.
ADVERTISEMENT
Mungkin sebagian besar orang menganggap bahwa apa yang terjadi dalam kehidupannya itu tidak adil. Padahal, timbangan keadilan bukanlah hak kita untuk menentukan, melainkan Sang Pencipta, Terkadang apa yang menurut kita tidak adil, bisa jadi adil menurut-Nya dan demikian pula sebaliknya.
Manusia memang terbatas dengan pemikirannya sendiri; jelas kita tidak akan bisa memahami pemikiran Pencipta kita yang begitu besar dan luas. Daripada kalian terus mengeluh ketika merasa hidup tidak adil, lebih baik tanamkan tiga mindset ini agar merasa lebih baik. Yuk, disimak!
1. Kita tidak sendiri
image.png
Kita tidak sendiri di dunia ini | Photo by Pexels/mentatdgt
Sadarilah bahwa kalian itu tidak sendiri. Kalian memiliki keluarga, teman, dan saudara yang bisa kalian andalkan. Bahkan ketika mungkin kalian hidup sebatang kara, kalian tetap tidak sendiri karena kalian punya Sang Pencipta.
ADVERTISEMENT
Selain itu, kalian bukanlah satu-satunya orang di dunia yang merasakan ketidakadilan yang terjadi. Banyak manusia juga merasakan ketidakadilan tersebut, jadi kalian bukanlah orang yang paling menderita di dunia ini.
2. Berhenti menyalahkan diri dan keadaan
image.png
Berhenti menyalahkan diri sendiri, keadaan, dan orang lain | Photo by Pexels/Inzmam Khan
Ketika ketidakadlian terjadi dalam hidup seseorang, mereka akan cenderung menyalahkan diri sendiri atas hal yang terjadi dan yang lebih parah, banyak juga yang menyalahkan keadaan bahkan orang di sekitarnya. Padahal belum tentu semua terjadi karena orang lain, bisa jadi karena kesalahan kalian dalam membuat keputusan di masa lalu.
Ketika ada ketidakadilan terjadi dalam hidup, berhentilah menyalahkan diri sendiri, keadaaan, maupun orang lain. Menyalahkan semua hal yang telah terjadi tentu tidak akan memperbaiki segala sesuatunya bukan? Yang ada, hal tersebut hanya akan membuat perasaan kalian menjadi lebih berat.
ADVERTISEMENT
Lebih baik kalian melihat ketidakadilan ini sebagai suatu cara untuk introspeksi diri dan melihat sisi positif di balik ketidakadilan yang terjadi dalam hidup kalian. kalian juga bisa berserah dan memohon pertolongan serta kekuatan kepada Tuhan agar bisa menjalani ketidakadilan tersebut.
3. Hal baik datang di waktu yang tepat
image.png
Semua hal akan indah pada waktunya Sobat! | Photo by Pexels/Radu Florin
Pepatah mengatakan bahwa great things come to those who wait. Artinya hal yang baik datang kepada mereka yang menunggu.
Yang namanya menunggu, harus kalian lakukan dengan sabar dan tanpa mengeluh. Tidak pernah ada yang tahu kapan hal baik akan datang, tapi percayalah bahwa hal baik tersebut akan datang di waktu yang tepat.
Kalian bisa menganggap bahwa ketidakadilan yang terjadi ini adalah sebuah proses di mana kalian sedang dipersiapkan untuk menerima hal baik tersebut. Jadi, ketika hal baik tersebut datang dalam hidup kalian, kalian bisa menerimanya dengan matang dan bijaksana.
ADVERTISEMENT
#terusberkarya
Jangan lupa follow Karja di Instagram (@karjaid) dan klik tombol 'IKUTI' di kumparan.com/karjaid untuk mendukung dan mengikuti konten menarik seputar entrepreneurship, kisah inspiratif, karya anak bangsa, dan isu sosial seputar milenial ya, Sobat!
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan