5 Cara Menghilangkan Lendir di Tenggorokan dengan Alami

Konten Media Partner
1 Februari 2023 15:42
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi penggunaan humidifier untuk mengencerkan lendir di tenggorokan. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi penggunaan humidifier untuk mengencerkan lendir di tenggorokan. Foto: Pexels
Lendir merupakan cairan lapisan pelindung yang terbentuk di bagian tubuh tertentu, termasuk tenggorokan. Cairan ini diproduksi oleh selaput lendir yang mengalir dari hidung ke paru-paru.
Lendir menjaga bagian tubuh tertentu agar tidak mengering dan membantu melawan infeksi yang masuk ke dalam tubuh, seperti virus dan bakteri. Namun, apabila tubuh mengalami infeksi atau masalah kesehatan tertentu, lendir akan muncul berlebihan.
Ada berbagai pengobatan alami yang dapat membantu mengatasi penumpukan lendir di tenggorokan, seperti memenuhi asupan cairan hingga mengonsumsi makanan tertentu. Lebih jelasnya, simak informasinya di bawah ini.

Cara Menghilangkan Lendir di Tenggorokan dengan Alami

Dirangkum dari Healthline, berikut adalah beberapa cara menghilangkan lendir di tenggorokan dengan alami yang bisa dilakukan.

1. Menggunakan Humidifier

Ilustrasi penggunaan humidifier. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi penggunaan humidifier. Foto: Pexels
Humidifier atau pelembap udara dapat membantu mengurangi produksi lendir di tenggorokan. Uap yang dihasilkan humidifier mampu mengencerkan lendir sehingga mudah untuk dikeluarkan.
Humidifier bisa dinyalakan dengan aman sepanjang hari untuk meningkatkan kelembapan di udara. Namun, pastikan agar Anda selalu mengganti air setiap hari dan membersihkan alat sesuai instruksi.

2. Memenuhi Asupan Cairan Tubuh

Mengonsumsi air hangat dapat membantu memenuhi asupan cairan tubuh sekaligus mengencerkan lendir, sehingga mudah untuk dikeluarkan. Selain air putih, Anda juga bisa mengonsumsi cairan lainnya, seperti sup kaldu bening, teh hangat, jus buah hangat, dan air perasan lemon.
Tidak hanya mengonsumsi cairan hangat, Anda juga harus memastikan tubuh tetap hangat untuk membantu melegakan sistem pernapasan. Hal ini karena badan Anda lebih mampu melawan kondisi yang menyebabkan lendir berlebih (seperti flu dan pilek) saat suhu tubuh Anda lebih hangat.
Supaya suhu tubuh meningkat, Anda bisa melakukan beberapa cara, seperti mandi air hangat, mengenakan pakaian tebal, dan menggunakan selimut saat tidur.

3. Mengonsumsi Makanan Tertentu

Ilustrasi ginseng yang bisa dikonsumsi untuk menghilangkan lendir. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ginseng yang bisa dikonsumsi untuk menghilangkan lendir. Foto: Pixabay
Cobalah mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung lemon, jahe, dan bawang putih. Khasiat bahan alami tersebut dibahas dalam jurnal Prevention and Treatment of Influenza, Influenza-Like Illness, and Common Cold by Herbal, Complementary, and Natural Therapies oleh Haider Abdul-Lateef Mousa.
Jurnal tersebut menemukan bahwa mengonsumsi makanan tertentu dapat membantu mengobati pilek, batuk, dan penumpukan lendir. Ada beberapa makanan yang bisa mengurangi risiko dan mengobati gangguan pernapasan yang menyebabkan lendir berlebihan, seperti:
  • Akar manis
  • Ginseng
  • Echinacea
  • Beri
  • Delima
  • Makanan pedas yang mengandung capsaicin

4. Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu membersihkan lendir di belakang tenggorokan. Selain itu, cara ini juga efektif meredakan sakit tenggorokan yang menyertainya. Berikut langkah-langkahnya yang bisa dilakukan:
  • Campurkan segelas air hangat dengan 1/2 hingga 3/4 sendok teh garam. Air hangat bekerja paling baik karena dapat melarutkan garam lebih cepat.
  • Miringkan kepala Anda sedikit ke belakang dan berkumurlah menggunakan air garam hangat tersebut.
  • Biarkan air garam masuk sedikit ke tenggorokan Anda tanpa meminumnya.
  • Anda bisa berkumur selama 30-60 detik, kemudian buang airnya. Cara ini bisa diulangi sesuai kebutuhan.

5. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Menggunakan minyak esensial seperti minyak kayu putih dapat membantu mengurangi lendir berlebihan di dada dan tenggorokan. Minyak ini bekerja dengan cara mengencerkan lendir, sehingga Anda dapat batuk dan mengeluarkannya dengan lebih mudah.
Untuk memperoleh manfaatnya, Anda bisa mengoleskan minyak kayu putih ke bagian dada dan tenggorokan. Selain itu, Anda juga bisa memasukkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam pelembap udara dan menghirup uapnya.

Penyebab Munculnya Lendir di Tenggorokan

Ilustrasi seseorang yang terkena flu bisa mengalami penumpukan lendir di tenggorokan. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi seseorang yang terkena flu bisa mengalami penumpukan lendir di tenggorokan. Foto: Pexels
Pada dasarnya, lendir di tenggorokan merupakan cairan lengket yang diproduksi secara alami untuk melindungi bagian tubuh tertentu. Namun, ketika Anda sakit, produksi lendir akan meningkat, sehingga menyebabkan penumpukan lendir di tenggorokan.
Selaput lendir melapisi bagian tenggorokan, mulut, hidung, sinus, dan paru-paru untuk melindungi dan mendukung sistem pernapasan tubuh.
Lendir bersifat lengket sehingga dapat menjebak debu, alergen, dan virus yang masuk ke dalam tubuh. Dalam kondisi sehat, lendir memiliki tekstur encer. Namun, ketika Anda sakit atau terpapar alergen, lendir bisa menjadi kental karena menjebak partikel asing tersebut.
Dikutip dari Asthma and Allergy Foundation of America, ada beberapa kondisi kesehatan yang bisa menyebabkan produksi lendir berlebihan, seperti:
  • Refluks asam lambung
  • Alergi
  • Asma
  • Infeksi, seperti flu dan pilek
  • Penyakit paru-paru, seperti bronkitis kronis, pneumonia, fibrosis kistik, dan penyakit paru obstruktif kronik
Selain itu, produksi lendir yang berlebihan juga dapat disebabkan oleh faktor gaya hidup dan lingkungan, di antaranya:
  • Kurang mengonsumsi air putih dan cairan lainnya
  • Terlalu banyak mengonsumsi kopi, teh, dan alkohol
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Merokok
  • Tinggal di lingkungan yang kering
Artikel ini telah direview oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
(SFR)
Apa itu lendir dalam tubuh?
chevron-down
Apa manfaat lendir dalam tubuh?
chevron-down
Apa manfaat humidifier jika mengalami lendir di tenggorokan?
chevron-down