5 Ciri-Ciri Penyakit Jantung yang Perlu Diwaspadai

Konten Media Partner
21 Oktober 2022 15:28 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Apa saja ciri-ciri penyakit jantung? Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Apa saja ciri-ciri penyakit jantung? Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Penyakit jantung adalah kondisi ketika jantung mengalami gangguan. Penyakit jantung terdiri dari beberapa jenis, seperti jantung koroner, gagal jantung, aritmia, dan lain sebagainya. Setiap jenis tersebut ditandai dengan ciri-ciri penyakit jantung yang berbeda-beda.
ADVERTISEMENT
Namun, kebanyakan ciri-ciri penyakit jantung adalah nyeri di dada atau angina, munculnya keringat dingin, sesak napas, detak jantung yang terus berdebar-debar. Ingin tahu lebih lengkap informasi tentang ciri-ciri penyakit jantung? Simak informasinya pada artikel di bawah ini.

Ciri-Ciri Penyakit Jantung

Menyadur laman Medical News Today, penyakit jantung adalah kondisi di mana terjadi penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti serangan jantung, nyeri dada (angina), hingga stroke.
Kondisi ini perlu diatasi dengan penanganan yang tepat. Sebab, jantung adalah organ vital yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Apabila jantung mengalami gangguan, peredaran darah dalam tubuh pun akan terganggu.
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penyakit jantung terbagi menjadi beberapa jenis, di antaranya:
ADVERTISEMENT
Setiap jenis penyakit jantung tersebut memiliki ciri-ciri dan gejalanya masing-masing. Menurut Mayo Clinic, berikut beberapa gejala penyakit jantung berdasarkan dari beberapa jenisnya.
Apa saja ciri-ciri penyakit jantung? Foto: Unsplash

1. Jantung koroner

Menyadur laman Kementerian Kesehatan RI, jantung koroner adalah kondisi yang terjadi akibat adanya sumbatan pada pembuluh darah koroner (pembuluh yang berfungsi untuk memberi suplai darah ke otot jantung). Berikut beberapa ciri-ciri dan gejala jantung koroner.

2. Aritmia

Aritmia adalah gangguan kesehatan yang membuat pengidapnya mengalami detak jantung tidak teratur, baik lebih cepat maupun lebih lambat. Menyadur laman WebMD, berikut beberapa gejala aritmia.
ADVERTISEMENT

3. Jantung bawaan

Penyakit jantung bawaan adalah kelainan baik pada struktur maupun fungsi jantung yang didapat sejak masih berada dalam kandungan. Berikut beberapa gejala jantung bawaan.

4. Endokarditis

Endokarditis adalah infeksi yang terjadi pada lapisan bagian dalam jantung manusia (endokardium). Penyakit ini termasuk kondisi yang bisa membahayakan tubuh dan dapat berakibat fatal.
Berikut ciri-ciri endokarditis yang perlu diketahui, seperti yang dikutip dari laman Healthline.
ADVERTISEMENT

5. Penyakit katup jantung

Penyakit katup jantung adalah gangguan yang terjadi pada katup jantung dan masuk ke dalam penyebab kematian terbanyak di dunia. Menyadur Pusat Jantung Nasional, berikut ciri-ciri penyakit katup jantung yang perlu diketahui.

Bagaimana Cara Mengetahui Jantung Kita Sehat?

Menjaga kesehatan jantung penting agar terhindar dari penyakit jantung yang disebutkan di atas. Untuk mengetahui apakah kondisi jantung sehat atau tidaknya, Anda dapat melakukan pengecekan ke dokter dengan mengikuti metode medical check up.
Selain medical check up, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui apakah jantung sehat atau tidak. Menyadur laman Medicine, berikut informasinya.
ADVERTISEMENT

1. Detak jantung

Jantung sehat umumnya berdetak antara 60-100 bpm. Jika lebih dari angka tersebut, bisa jadi terdapat masalah pada irama jantung.

2. Tekanan darah

Tekanan darah yang sehat adalah sekitar 120 sistolik/80 diastolik. Apabila tekanan darah 130/80 atau lebih tinggi, kondisi ini dapat menjadi tanda seseorang mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi.

3. Kisaran IMT

Kisaran IMT yang sehat adalah antara 18,5 dan 24,9. Sementara itu, jika hasil indeks massa tubuh lebih dari atau sama dengan 25, seseorang termasuk kategori obesitas.

4. Kadar kolesterol

Kadar kolesterol dikatakan baik, apabila berada di bawah angka 200 mg/dL. Sementara itu, kadar LDL (kolesterol jahat) harus berada di bawah angka 100 mg/dL, kemudian kadar HDL (kolesterol baik) berada pada angka 60 mg/dL atau lebih tinggi.
ADVERTISEMENT

5. Energi tubuh

Ciri-ciri jantung sehat bisa dinilai dari kemampuannya dalam memompa darah ke seluruh tubuh dengan baik. Ketika jantung melakukan tugasnya secara baik, tubuh mendapatkan oksigen dan nutrisi dari darah, sehingga mampu memberikan energi yang cukup untuk beraktivitas.
Artikel ini telah direview oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
(JA)