5 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh dan Efek Sampingnya

Konten Media Partner
6 Oktober 2022 17:14
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Apa saja manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh? Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Apa saja manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh? Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Kunyit termasuk rempah-rempah yang mengandung banyak manfaat karena kandungan nutrisi di dalamnya. Salah satu manfaat kunyit yang terkenal adalah membantu mengatasi kanker. Perlu diketahui, kunyit mengandung zat antikanker yang baik untuk kesehatan tubuh.
ADVERTISEMENT
Supaya manfaat kunyit bisa semakin maksimal, disarankan untuk mengolahnya menjadi minuman. Kunyit yang sudah diolah menjadi minuman tersebut dapat dikonsumsi dengan campuran bahan-bahan alami lainnya, seperti jahe, susu, hingga madu.
Ingin tahu apa saja manfaat dan efek samping yang dirasakan ketika mengonsumsi kunyit? Simak informasinya pada artikel di bawah ini.

Manfaat Kunyit

Kunyit termasuk bahan alami yang sering digunakan untuk menyempurnakan rasa makanan. Tidak hanya untuk makanan, kunyit juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh karena kandungan yang ada di dalamnya.
Menurut laman Healthline, kunyit memiliki berbagai macam kandungan, mulai dari kurkumin, sesmetoksikumin, bisdesmetoksikurkumin, resim, pati, karbohidrat, protein, selulosa, lemak, vitamin C, antioksidan, zat pahit, zat besi, fosfor, kalsium, hingga minyak atsiri.
ADVERTISEMENT
Berbagai nutrisi tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan, seperti maag dan peradangan usus, dan lainnya. Supaya lebih jelas, berikut beberapa manfaat kunyit, seperti yang dikutip dari laman Medical News Today.
Manfaat-manfaat kanker untuk tubuh. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Manfaat-manfaat kanker untuk tubuh. Foto: Unsplash

1. Mmbantu mengatasi metastasis kanker

Metastasis adalah penyebaran sel kanker dari satu organ atau jaringan tubuh ke organ atau jaringan tubuh yang lainnya. Untuk membantu mengatasi kondisi tersebut, Anda dapat mengonsumsi kunyit secara rutin, terutama kunyit putih.
Manfaat tersebut dapat dirasakan karena adanya kandungan kurkumin. Sebagai informasi, kurkumin adalah senyawa yang memiliki efek anti inflamasi yang kuat dan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Kurkumin bekerja dengan menghambat pertumbuhan dan penyebaran kanker.

2. Mengurangi nyeri saat haid

Ketika wanita mengalami haid, kebanyakan dari mereka akan merasakan nyeri, sehingga tidak nyaman untuk beraktivitas. Kunyit dipercaya dapat meredakan nyeri ketika haid, karena kandungan kurkumin yang dapat melemaskan kontraksi rahim.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya itu, kunyit juga membantu mengurangi masuknya aliran ion kalsium pada sel-sel epitel rahim, serta mengurangi terjadinya produksi prostaglandin, yaitu hormon yang mengakibatkan timbulnya rasa sakit.

3. Meredakan peradangan usus

Kunyit juga bermanfaat untuk meredakan peradangan usus atau IBS (irritable bowel syndrome). Jika dibiarkan terus-menerus, peradangan usus ini bisa menyebabkan masalah pada pencernaan hingga mengakibatkan diare kronis.
Kunyit dapat mengurangi intensitas sakit pada perut yang disebabkan oleh peradangan usus. Pemanfaatan kunyit untuk peradangan usus ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan dan kurkumin yang bisa melancarkan kinerja sistem pencernaan.

4. Mencegah diabetes

Menurut studi US Department of Agriculture (USDA), kunyit bisa membantu mengobati dan mencegah diabetes. Kandungan kurkumin bekerja dengan menurunkan kadar insulin darah, sehingga mengurangi risiko terjadinya diabetes.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya diabetes, kunyit juga bisa mencegah gangguan nefropati diabetik yang juga disebut penyakit ginjal diabetes. Supaya hasil lebih maksimal, kunyit bisa diolah dengan menjadikannya sebagai larutan.

5. Merawat organ hati

Menyadur laman Kementerian Kesehatan RI, kunyit bisa mencegah organ hati dari kerusakan dan menjaganya tetap sehat. Sebagai informasi, hati termasuk organ yang berpotensi memicu penyakit kronis apabila tidak dirawat dengan baik.
Ada beberapa penyakit hati yang perlu dihindari, seperti hepatitis A, B, C, kanker hati, penyakit kuning, perlemakan hati, kolestasis, hingga sirosis. Penyakit-penyakit tersebut perlu diatasi agar tidak berkembang menjadi penyakit yang lebih parah.

Efek Samping Minum Kunyit

Kunyit termasuk bahan alami yang jarang menimbulkan efek samping berbahaya. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, kunyit bisa mengakibatkan gangguan kesehatan tertentu.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari Healthline, berikut berbagai efek samping kunyit jika dikonsumsi dengan cara yang keliru.

1. Menyebabkan sakit kepala dan mual

Efek samping kunyit yang dapat dirasakan adalah sakit kepala dan mual. Kondisi ini bisa terjadi ketika kunyit dikonsumsi dalam dosis yang tinggi, misalnya di atas 450 miligram (mg). Tidak hanya sakit kepala dan mual saja, kunyit juga bisa menimbulkan ruam di beberapa area kulit.

2. Intoleransi gluten

Efek samping yang dirasakan ketika mengonsumsi kunyit adalah intoleransi gluten. Kondisi ini adalah gangguan pencernaan yang terjadi karena tubuh tidak mampu mencerna gluten. Gluten yang tidak bisa dicerna bisa memicu tubuh bereaksi negatif, salah satunya perut kembung.

Cara Membuat Air Kunyit

Guna mendapatkan manfaat yang maksimal, air kunyit biasanya disarankan agar diolah sebagai minuman. Nantinya, minuman air kunyit tersebut bisa dicampurkan dengan jahe, susu, atau bahan alami-alami lainnya. Berikut langkah-langkahnya:
ADVERTISEMENT
  1. Siapkan bahan-bahan yang akan digunakan, seperti mencuci bersih seluruh kunyit, mengupasnya, dan memarut kunyitnya
  2. Kemudian, siapkan blender
  3. Masukkan kunyit yang sudah diparut, proses hingga kunyit benar-benar halus.
  4. Setelah itu, siapkan wadah dan saringan
  5. Tuangkan kunyit yang sudah diblender ke atas saringan, saring kunyit tersebut dan ambil sari atau airnya
  6. Siapkan panci dan tuangkan air perasan kunyit ke dalamnya
  7. Rebus air perasan kunyit tersebut sambil diaduk
  8. Jika sudah mendidih, angkat dan biarkan air jahe tersebut dingin terlebih dahulu
Artikel ini telah direview oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
(JA)
Apa manfaat kunyit untuk lambung?
chevron-down
Apa saja kandungan kunyit?
chevron-down
Bagaimana cara membuat air kunyit?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·