7 Cara Menghilangkan Varises secara Alami

Konten Media Partner
29 November 2022 15:39
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Bagaimana cara menghilangkan varises? Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Bagaimana cara menghilangkan varises? Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Varises adalah gangguan pembuluh darah vena yang paling sering terjadi di area tungkai, terutama betis. Adapun berbagai cara menghilangkan varises yang dapat dilakukan, mulai dari rutin berolahraga, mengonsumsi makanan yang tinggi potasium, hingga melakukan terapi skleroterapi.
ADVERTISEMENT
Cara-cara tersebut tidak bisa dihilangkan dalam waktu yang instan. Sebab pengidap varises perlu melakukannya secara rutin untuk dapat dihilangkan. Umumnya, varises dapat dihilangkan dalam 4 hingga 6 minggu, tapi mungkin bisa lebih lama.
Ingin tahu lebih lengkap bagaimana cara menghilangkan varises? Simak informasinya pada artikel di bawah ini.

Cara Menghilangkan Varises

Cara-cara menghilangkan varises secara alami. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Cara-cara menghilangkan varises secara alami. Foto: Unsplash
Varises adalah kondisi di mana pembuluh darah vena membengkak, membesar, dan seringnya berkelok-kelok di bawah permukaan kulit. Sederhananya, varises adalah pembuluh darah yang mulai membesar.
Jadi, semua pembuluh darah bisa mengalami varises, tapi pembuluh darah yang paling sering terkena kondisi ini pada kaki. Kondisi varises ini biasanya lebih sering terjadi pada distribusi anatomis dari vena safena magna dan parva.
ADVERTISEMENT
Adapun beberapa gejala varises yang dapat dirasakan, mulai dari vena terlihat menonjol, kulit terasa gatal, terjadi perubahan warna kulit, menimbulkan rasa nyeri, hingga terjadinya pembengkakan.
Lantas, apa saja cara menghilangkan varises? Menyadur laman Medical News Today, berikut informasinya.

1. Mengonsumsi makanan yang tinggi potasium

Cara menghilangkan varises dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang tinggi potasium. Makanan ini dapat membantu mengurangi retensi air yang bermanfaat untuk mengobati varises.
Lebih jelas, berikut beberapa makanan tinggi potasium, di antaranya kacang-kacangan, biji-bijian, gandum, hingga sayur-sayuran.

2. Melakukan terapi skleroterapi

Skleroterapi adalah prosedur medis berbantu ultrasound untuk menyuntikkan larutan garam ke dalam vena agar menyusut dan mengempis. Terapi ini dapat mengobati spider veins dan varises kecil.
Menurut laman National Centre Biotechnology Information, terapi ini tidak hanya bermanfaat untuk varises saja, melainkan untuk mengobati malformasi vaskular dan limfatik, seperti vena venula dan varikose, bahkan wasir.
ADVERTISEMENT

3. Mulai rutin berolahraga

Rutin berolahraga dapat memperbaiki sirkulasi darah di kaki menjadi lebih lancar. Hal ini membuat penumpukan darah di pembuluh darah yang menjadi penyebab varises, dapat terdorong.
Adapun beberapa olahraga ringan yang efektif untuk menghilangkan varises, di antaranya renang, berjalan kaki, bersepeda, hingga yoga.

4. Mengenakan stoking kompresi

Stoking kompresi adalah jenis kaus kaki yang memang dirancang khusus untuk menekan kaki pengidap varises. Jenis kaus kaki ini dapat digunakan untuk pencegahan DVT, sindroma pascatrombosis, dan beberapa kondisi lainnya.
Dengan menggunakan stoking kompresi, kondisi ini dapat menciptakan sirkulasi darah yang lancar. Maka itu, stoking kompresi memiliki bentuk yang lebih ketat pada bagian kaki, lalu berangsur-angsur melonggar hingga betis.
Menyadur laman Healthline, stoking kompresi dapat memberi tekanan pada kaki dan pergelangan kaki untuk membantu pembuluh darah memompa darah, sehingga lebih banyak darah yang dapat kembali lagi ke jantung.
ADVERTISEMENT

5. Melakukan pijat refleksi

Varises juga dapat dihilangkan dengan melakukan pijat refleksi. Kegiatan ini dipercaya dapat mengurangi pembengkakan yang terjadi di kaki. Namun, bagi ibu hamil yang mengalami varises, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan.
Dengan melakukan pijat refleksi ini, secara tidak langsung hal ini dapat membantu melancarkan aliran darah. Namun perlu diingat bahwa kegiatan ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

6. Mengonsumsi makanan flavonoid

Flavonoid adalah zat alami yang terkandung pada tanaman (fitonutrien) yang bersifat antioksidan untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Flavonoid ini merupakan pigmen (zat pemberi warna) pada bunga, tapi juga dapat ditemukan pada bagian lain dari tumbuhan.
Senyawa ini tidak hanya bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung saja, tetapi juga menghilangkan varises. Adapun beberapa makanan flavonoid yang dapat dikonsumsi, seperti paprika, bayam, brokoli, anggur, cepi, bawang putih, hingga biji coklat.
ADVERTISEMENT

7. Hindari memakai pakaian terlalu ketat

Menurut laman WebMD, menghilangkan varises juga dapat dilakukan dengan hindari memakai pakaian terlalu ketat. Hal ini dilakukan untuk memperlancar aliran darah di dalam tubuh.
Tidak hanya pakaian yang ketat saja, menggunakan hak tinggi juga menjadi pemicu terjadinya varises pada beberapa orang, terutama perempuan.

Berapa Lama Menghilangkan Varises?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ada banyak cara menghilangkan varises yang dapat dilakukan. Kendati demikian, kegiatan yang dilakukan di atas tidak dapat dilakukan secara instan. Pengidap varises perlu melakukan cara-cara yang ada di atas secara rutin setiap harinya.
Lantas, berapa lama menghilangkan varises? Menyadur laman National Health Service, penyembuhan varises ini tergantung dari seberapa besar ukuran yang dialami oleh pengidapnya.
Umumnya, varises yang berukuran kecil dapat dihilangkan dalam kurun waktu 4 hingga 6 minggu, namun pada varises yang berukuran besar tentunya bisa memakan waktu lebih dari itu.
ADVERTISEMENT
Artikel ini telah direview oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
(JA)
Apa itu varises?
chevron-down
Bagaimana cara mengatasi varises?
chevron-down
Apa saja gejala varises?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020