Apa Gunanya Air bagi Tubuh Manusia? Ini Penjelasan Lengkapnya

Konten Media Partner
25 November 2022 17:19
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Apa gunanya air bagi tubuh manusia? Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Apa gunanya air bagi tubuh manusia? Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Apa gunanya air bagi tubuh manusia? Mencukupi kebutuhan air harian dapat bermanfaat untuk menjaga kadar cairan tubuh, membantu memberikan energi pada otot, hingga menjaga kesegaran kulit.
ADVERTISEMENT
Apabila kebutuhan cairan pada tubuh tidak terpenuhi dengan baik, tubuh dapat mengalami dehidrasi. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan gangguan pada fungsi tubuh dan menyebabkan munculnya masalah kesehatan.
Ingin tahu lebih lengkap manfaat air bagi tubuh? Simak informasinya pada artikel di bawah ini.

Apa Gunanya Air bagi Tubuh?

Menurut laman Kementerian dan Kesehatan RI, air atau cairan adalah komponen utama di dalam tubuh manusia yang berperan penting bagi kesehatan. Oleh karena itu, kebutuhan cairan di dalam tubuh perlu tercukupi dengan baik.
Lantas, apa saja guna air bagi tubuh? Menyadur laman Everyday Health, berikut informasi lengkapnya.
Meningkatkan daya ingat otak jadi salah satu manfaat air. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Meningkatkan daya ingat otak jadi salah satu manfaat air. Foto: Unsplash

1. Menghidrasi tubuh

Kegunaan air yang paling dirasakan adalah mencukupi kebutuhan cairan hingga terhindar dari dehidrasi. Sebagai informasi, dehidrasi adalah kondisi ketika cairan tubuh hilang dalam jumlah yang lebih banyak daripada yang dikonsumsi.
ADVERTISEMENT
Ketika kondisi ini terjadi, ada beberapa masalah kesehatan yang mungkin dialami oleh tubuh, di antaranya penyakit batu ginjal dan infeksi saluran kemih. Apabila tidak ditangani dengan tepat, batu ginjal dapat berkembang menjadi gagal ginjal.

2. Menjaga konstipasi

Konstipasi atau sembelit adalah kondisi yang ditandai dengan beberapa gejala, salah satunya adalah sulit buang air besar. Konstipasi ini dapat terjadi apabila tubuh mengalami kekurangan cairan.
Ketika tubuh kekurangan cairan, absorbsi di dalam usus besar akan berkurang. Akibatnya, konsistensi kotoran ini menjadi lebih keras, sehingga akan menyulitkan seseorang untuk buang air besar.

3. Mengontrol suhu tubuh

Air juga berguna untuk mengontrol suhu tubuh. Sebab, air mampu menyerap dan menghantarkan panas ke seluruh tubuh serta menghasilkan panas untuk mengontrol suhu tubuh.
ADVERTISEMENT
Selain itu, air juga memiliki peran penting untuk mendinginkan tubuh melalui keringat yang dihasilkannya. Proses pendinginan suhu tubuh dapat dilakukan melalui penguapan dari permukaan kulit. Dengan begitu, suhu tubuh tetap akan stabil.

4. Meningkatkan daya ingat otak

Air yang memiliki kandungan mineral tinggi dan kalium memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah meningkatkan daya ingat otak. Hal ini karena kandungan mineral dan kalium yang dapat mengaktifkan elektrolit pada otak.
Tidak hanya daya ingat saja, kondisi ini juga bisa membantu seseorang meningkatkan konsentrasi.

5. Menjaga tekanan darah

Kegunaan air bagi tubuh yang lainnya, yakni untuk menjaga tekanan darah. Perlu diketahui, air berfungsi untuk mengencerkan kandungan garam yang mengikat air, sehingga menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi. Oleh karena itu, pengidap darah tinggi disarankan untuk rutin mengonsumsi minum air putih.
ADVERTISEMENT

6. Baik untuk kulit

Air juga baik untuk kulit supaya tampak lebih sehat dan lembab. Manfaat air untuk kulit dapat dirasakan karena air yang dikonsumsi dapat membantu memberikan nutrisi penting bagi sel-sel kulit, sekaligus meningkatkan elastisitas kulit.

7. Membuang sisa metabolisme

Air bagi tubuh juga bermanfaat untuk membantu membuang sisa metabolisme tubuh. Perlu diketahui, sisa metabolisme yang ada di dalam tubuh akan keluar melalui keringat, buang air kecil, dan buang air besar. Untuk memperlancar kondisi ini, dibutuhkan air sebagai asupan sehari-hari.

Berapa Jam Sekali Kita Harus Minum Air Putih?

Berapa jam harus minum air putih? Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Berapa jam harus minum air putih? Foto: Unsplash
Menyadur jurnal Water and Hydration: Physiological Basis in Adults, tubuh kita mengandung 50-60% air. Manusia umumnya memperoleh air dari minuman, makanan, dan hasil metabolisme di dalam tubuh.
ADVERTISEMENT
Namun, 70-80% kebutuhan air minum tercukupi lewat minuman. Makanan hanya dapat mencukupi kebutuhan minum sebanyak kurang lebih 20%.
Itu sebabnya, sangat penting untuk menjaga agar tubuh terhidrasi dengan baik. Bagi orang dewasa sendiri, laki-laki dianjurkan untuk minum sebanyak 2 liter (8 gelas) per hari dan perempuan sebanyak 1,75 liter (7 gelas) per hari.
Untuk memaksimalkan cairan di dalam tubuh, air putih dapat dikonsumsi setiap pagi setelah bangun tidur. Kemudian, konsumsi kembali air putih setiap dua jam sekali sepanjang hari.

Apakah Boleh Tidur Setelah Minum?

Minum air putih merupakan kegiatan yang sangat baik untuk kesehatan, terutama ketika menjelang tidur. Adapun beberapa manfaat yang dapat dirasakan usai mengonsumsi minum sebelum tidur, di antaranya suasana hati menjadi lebih baik, mencegah sakit kepala tegang, hingga detoksifikasi.
ADVERTISEMENT
Namun, perlu diingat juga bahwa mengonsumsi air minum yang terlalu banyak mungkin akan meningkatkan keinginan buang air kecil. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan jumlah air minum yang dikonsumsi sebelum tidur.
Artikel ini telah direview oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
(JA)
Apa manfaat air bagi tubuh?
chevron-down
Apa itu dehidrasi?
chevron-down
Berapa jam sekali kita harus minum air putih?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·