Berapa Biaya Medical Check Up? Cek Daftarnya di Sini

Konten Media Partner
24 November 2022 19:10
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Medical check up adalah rangkaian tes kesehatan yang dianjurkan untuk dilakukan setiap setahun sekali. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Medical check up adalah rangkaian tes kesehatan yang dianjurkan untuk dilakukan setiap setahun sekali. Foto: Pexels.com
ADVERTISEMENT
Medical check up adalah sejumlah pemeriksaan medis yang dilakukan untuk mengecek kondisi kesehatan tubuh. Pemeriksaan ini pada umumnya dikenakan biaya. Biaya medical check up sangatlah beragam, hal ini bergantung pada jenis tes dan fasilitas kesehatan yang melakukan tes.
ADVERTISEMENT
Medical check up atau pemeriksaan medis yang dilakukan untuk mengetahui dan mengidentifikasi potensi penyakit yang ada dalam tubuh. Berbeda dengan pemeriksaan pada umumnya, medical check up dilakukan tidak hanya saat terkena penyakit saja.
Setiap orang, baik pria maupun wanita dari segala usia dapat melakukan medical check up kapan saja. Medical check up dapat dilakukan di fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan pemeriksaan medis ini.

Prosedur Medical Check Up

Medical check up adalah rangkaian pemeriksaan untuk mengecek kondisi kesehatan seseorang. Mengutip dari Clinical Methods: The History, Physical, and Laboratory Examinations oleh Earl W. Campbell, JR dan Christopher K. Lynn, pemeriksaan ini bertujuan untuk menjadi acuan dalam mendiagnosis penyakit ataupun untuk mencegah terjadinya gangguan kesehatan yang serius.
Salah satu tes kesehatan yang dilakukan dalam medical check up adalah pemeriksaan fisik. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Salah satu tes kesehatan yang dilakukan dalam medical check up adalah pemeriksaan fisik. Foto: Pexels.com
Secara umum, pemeriksaan medis dilakukan dengan beberapa tahapan. Hal ini bergantung pada jenis tes kesehatan yang dibutuhkan oleh pasien. Prosedurnya terdiri dari:
ADVERTISEMENT
  • Pengecekan riwayat kesehatan. Dokter atau tenaga medis akan menanyakan perkembangan kondisi kesehatan sehari-hari, mulai dari gaya hidup, pekerjaan, berat badan dan tinggi badan, obat-obatan dan suplemen yang digunakan, alergi riwayat penyakit, riwayat operasi, dan lain-lain.
  • Pemeriksaan tanda vital dilakukan usai wawancara terkait kondisi kesehatan terbaru. Pemeriksaan tanda vital dilakukan dengan cara memeriksa tekanan darah, detak jantung, dan laju pernapasan.
  • Pemeriksaan secara visual mungkin dibutuhkan jika tubuh memiliki perubahan dari segi tampilan. Dokter akan memeriksa bagian kepala, mata, dada, perut, tangan dan pergelangannya, serta gerakan ringan.
  • Pemeriksaan fisik akan dilaksanakan dengan cara menyentuh bagian tubuh tertentu untuk merasakan kelainan yang dirasakan pada bagian tubuh tersebut.
  • Pemeriksaan laboratorium dan pencitraan mungkin dibutuhkan untuk melengkapi pemeriksaan fisik yang telah dilakukan. Pemeriksaan laboratorium yang bisa dilakukan adalah tes darah, gula darah, urine, feses, dan lain-lain, sedangkan tes pencitraan, seperti USG, MRI, CT scan, dan lain-lain untuk mengetahui kondisi bagian tubuh yang diperiksa.
ADVERTISEMENT
Setelah melakukan sejumlah rangkaian tes dalam medical check up, pasien biasanya akan memperoleh hasilnya setelah beberapa jam atau 1 hari. Melalui hasil pemeriksaan ini, dokter akan memberikan arahan dan saran sesuai kondisi kesehatan pasien.

Biaya Medical Check Up

Medical check up pada umumnya dikenakan biaya. Biaya medical check up tergantung pada penyedia layanan kesehatan dan jenis pemeriksaan yang dilakukan.
Meskipun demikian, pemerintah telah mengeluarkan standar biaya medical check up di rumah sakit. Hal ini tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 124/PMK.05/2021.
Daftar biaya dalam peraturan menteri ini bisa dijadikan sebagai acuan untuk mengetahui biaya medical check up. Adapun rincian biaya medical check up berdasarkan edaran pemerintah adalah sebagai berikut.
ADVERTISEMENT
Biaya medical check up biasanya tergantung pada jenis tes kesehatan yang dilakukan dan fasilitas kesehatan. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Biaya medical check up biasanya tergantung pada jenis tes kesehatan yang dilakukan dan fasilitas kesehatan. Foto: Pexels.com

1. Paket Medical Check Up Biasa: Rp250.000

Paket medical check up standar biasanya dikenakan biaya mulai dari Rp250.000. Paket ini memuat sejumlah tes, mulai dari pemeriksaan fisik, foto dada atau toraks, tes laboratorium, seperti tes darah dan tes urine.

2. Paket Medical Check Up Standar: Rp650.000

Paket medical check up standar biasanya terdiri dari pemeriksaan oleh dokter umum, pemeriksaan penunjang (EKG dan toraks), dan pemeriksaan laboratorium untuk memeriksa darah dan urine rutin, pemeriksaan fungsi hati, ginjal, dan gula darah. Paket ini pada umumnya dikenakan biaya sebesar Rp650.000.

3. Paket Medical Check Up Eksekutif: Rp1.500.00-Rp2.000.000

Paket eksekutif pada umumnya terdiri dari pemeriksaan fisik dan riwayat kesehatan, foto dada atau toraks, EKG, treadmill, pemeriksaan gigi, audiogram, dan sejumlah pemeriksaan laboratorium yang lengkap. Paket ini biasanya dikenakan biaya sebesar Rp1.500.000 hingga Rp2.000.000.
ADVERTISEMENT

4. Paket Medical Check Up Komprehensif: Rp2.500.000-Rp3.000.000

Paket medical check up komprehensif umumnya terdiri dari pemeriksaan riwayat kesehatan dan fisik, foto toraks, EKG, treadmill, pemeriksaan organ intim, audiogram, hingga berbagai pemeriksaan laboratorium yang lengkap. Paket komprehensif ini biasanya dikenakan biaya sebesar Rp2.500.000 hingga Rp3.000.000.
Itulah biaya medical check up berdasarkan paketnya. Penting untuk diingat bahwa setiap fasilitas kesehatan atau laboratorium bisa saja memiliki penawaran paket medical check up yang berbeda dan dengan biaya yang berbeda pula.

Pentingnya Medical Check Up

Medical check up pada umumnya sering disepelekan oleh banyak orang. Padahal, melakukan pemeriksaan kesehatan rutin sebenarnya sangatlah penting.
Tujuan utamanya adalah untuk mengetahui kondisi kesehatan seseorang secara menyeluruh. Adapun tujuan lainnya adalah:
  • Memeriksa kondisi kesehatan terkini
  • Mengidentifikasi adanya penyakit yang tidak menimbulkan gejala
  • Mengetahui faktor risiko penyakit yang berpotensi menyerang kesehatan di kemudian hari
  • Memastikan kondisi kesehatan pasien sebelum melakukan pengobatan tertentu
  • Memperbarui status vaksinasi (jika dibutuhkan)
  • Mendukung seseorang untuk menerapkan pola hidup yang sehat
ADVERTISEMENT
Meskipun tidak diwajibkan, pemeriksaan kesehatan yang rutin sangat dianjurkan, khususnya pada orang yang memiliki kondisi tertentu. Medical check up umumnya dianjurkan untuk dilakukan setiap setahun sekali.
Biaya medical check up bisa berbeda-beda pada setiap fasilitas kesehatan maupun laboratorium. Silakan kunjungi situs atau pusat informasi tempat medical check up yang diinginkan untuk mengetahui biaya yang pasti.
Artikel ini telah direview oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
(SAI)
Apa itu medical check up?
chevron-down
Apa tujuan dari medical check up?
chevron-down
Bagaimana pemeriksaan tanda vital dilakukan?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·