Berapa Lama Flek Tanda Hamil Keluar? Berikut Jawaban dan Ciri-cirinya

Konten Media Partner
25 November 2022 20:40
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ilustrasi flek tanda hamil. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi flek tanda hamil. Foto: Pexels.com
ADVERTISEMENT
Keluarnya flek atau bercak darah dari organ intim wanita sering dijadikan sebagai tanda-tanda awal kehamilan. Kondisi ini biasanya muncul di trimester awal kehamilan. Lantas, berapa lama flek tanda hamil keluar? Berikut jawabannya.
ADVERTISEMENT

Berapa Lama Flek Tanda Hamil Keluar?

Flek darah yang keluar pada awal kehamilan cenderung mirip dengan flek sebelum menstruasi. Namun, keduanya tentunya berbeda jika dilihat dari sisi durasi dan warna flek yang keluar.
Flek tanda hamil pada umumnya disebabkan oleh pendarahan implantasi. Mengutip dari ulasan A Review of Mechanisms of Implantation oleh Su-Mi Kim dan Jong-Soo Kim, pendarahan implantasi terjadi ketika sel telur yang dibuahi atau embrio menempel pada lapisan dinding rahim.
Pendarahan implantasi biasanya terjadi sekitar 10 hari setelah ovulasi. Hal ini menyebabkan keluarnya bercak darah yang ringan. Terjadinya implantasi menjadi pertanda berhasilnya proses pembuahan.
Tidak semua orang akan mengalami pendarahan implantasi, tetapi pada umumnya, pendarahan implantasi sering terjadi pada kehamilan pertama dan diyakini sebagai salah satu gejala awal kehamilan. Flek tanda hamil saat mengalami pendarahan implantasi biasanya akan berlangsung selama 1-3 hari, beberapa wanita juga mengalami flek tanda hamil di atas 7 hari.
ADVERTISEMENT
Jumlah bercak yang dikeluarkan pun pada umumnya sangatlah sedikit dan tidak memenuhi pembalut atau panty liner. Meskipun demikian, beberapa orang mungkin akan mengalami pendarahan berat yang hampir sama dengan haid.
Pada wanita yang biasanya mengalami menstruasi ringan, flek tanda hamil ini sering tidak disadari atau diyakini sebagai tanda datangnya menstruasi.

Ciri-Ciri Flek Hamil Seperti Apa?

Beberapa orang sering kebingungan dalam menandakan flek tanda hamil dan menstruasi karena keduanya tampak serupa. Meskipun demikian, flek tanda hamil memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan flek tanda menstruasi. Berikut ciri-ciri flek tanda hamil hamil.

1. Berwarna Merah Muda hingga Coklat Tua

Pada umumnya, pendarahan implantasi menyebabkan organ intim wanita mengeluarkan bercak darah yang berwarna merah muda hingga coklat tua. Hal ini menjadi salah satu pembeda antara flek tanda hamil dengan menstruasi.
ADVERTISEMENT

2. Memiliki Volume yang Ringan

Salah satu ciri-ciri flek tanda hamil adalah flek yang keluar cenderung memiliki volume yang ringan. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Salah satu ciri-ciri flek tanda hamil adalah flek yang keluar cenderung memiliki volume yang ringan. Foto: Pexels.com
Flek tanda hamil pada umumnya memiliki volume yang cenderung lebih ringan jika dibandingkan dengan tanda menstruasi. Begitu pula dengan laju aliran flek ketika dikeluarkan cenderung ringan, sehingga wanita yang mengalaminya kurang menyadarinya.
Flek tanda hamil biasanya tidak akan memenuhi pembalut atau panty liner. Meskipun demikian, wanita yang memiliki flek ini tetap dianjurkan untuk menggunakan panty liner atau pembalut untuk menjaga pakaian dalam agar tetap kering dan tidak lembab.

3. Kram yang Ringan

Kram mungkin bisa dirasakan oleh wanita di masa-masa awal kehamilan atau saat terjadinya pendarahan implantasi. Namun, jika dibandingkan dengan gejala pramenstruasi, kram yang dirasakan oleh wanita hamil biasanya lebih ringan dan tidak berlangsung lama.
Hal ini tentunya berbeda dengan gejala yang dirasakan saat pramenstruasi. Pada masa ini, wanita akan merasakan kram dan nyeri yang intens, bahkan bisa menghambat aktivitas sehari-hari.
ADVERTISEMENT
Dalam beberapa kasus, wanita di awal kehamilan mungkin akan merasakan nyeri yang tidak tertahankan yang disertai dengan pendarahan. Hal ini memungkinkan adanya masalah pada kehamilan.
Jika mengalami hal ini, segera periksakan kondisi kandungan ke dokter untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan.

4. Tidak Menggumpal

Ciri-ciri flek tanda hamil selanjutnya adalah tidak menggumpal. Wanita yang mengalami pendarahan implantasi tidak akan mengeluarkan bercak darah yang menggumpal karena cairan yang keluar adalah darah murni yang tidak tercampur dengan bahan lain.
Pada kasus menstruasi, bercak darah cenderung menggumpal karena cairan ini tercampur dengan selaput dinding dalam rahim yang memang sudah seharusnya dikeluarkan pada masa menstruasi.

5. Durasi Lebih Pendek

Dibandingkan dengan bercak darah haid, flek tanda hamil pada umumnya memiliki durasi yang lebih pendek. Flek tanda hamil biasanya hanya berlangsung selama beberapa jam hingga paling lama 3 hari, sedangkan menstruasi akan berlangsung selama 4-7 hari.
ADVERTISEMENT

6. Disertai dengan Gejala Hamil Lainnya

Flek tanda hamil biasanya akan disertai dengan gejala kehamilan. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Flek tanda hamil biasanya akan disertai dengan gejala kehamilan. Foto: Pexels.com
Selain keluarnya flek, seseorang mungkin akan merasakan gejala kehamilan lainnya. Hal ini perlu diperhatikan apakah flek yang keluar merupakan gejala awal kehamilan atau sebaliknya.
Adapun gejala kehamilan yang mungkin menyertai keluarnya flek adalah:
  • Periode menstruasi terlambat
  • Mual atau muntah,
  • Nyeri pada bagian perut bawah
  • Perubahan mood
  • Sering buang air kecil
  • Mudah lelah
  • Perut kembung
  • Sembelit
  • Suhu tubuh basal mengalami peningkatan
Apabila flek darah keluar 1-2 minggu setelah berhubungan intim, hal ini bisa menandakan kehamilan. Untuk memastikannya, cobalah untuk menggunakan tes kehamilan atau mengunjungi dokter.
Artikel ini telah direview oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
(SAI)
Bagaimana proses terjadinya pendarahan implantasi?
chevron-down
Kapan terjadinya pendarahan implantasi?
chevron-down
Apa saja gejala awal kehamilan?
chevron-down