Ciri Infeksi pada Luka Caesar Bagian Dalam yang Perlu Diwaspadai

Konten Media Partner
11 Januari 2023 17:43
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi bekas luka operasi caesar. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Infeksi pada luka caesar bagian dalam dapat terjadi ketika bakteri masuk ke dalam luka sayatan. Dokter dapat mengobati infeksi luka ini dengan obat-obatan dan perawatan luka yang tepat.
ADVERTISEMENT
Menurut Centers for Disease Control and Prevention, diperkirakan sekitar 3-15 persen wanita mengalami infeksi pada luka sayatan caesar mereka. Ciri infeksi pada luka caesar bagian dalam bermacam-macam, seperti rasa nyeri, gatal, berdarah, dan bernanah. Lebih jelasnya, simak uraian lengkapnya di bawah ini.

Ciri Infeksi pada Luka Caesar Bagian Dalam

Infeksi luka caesar adalah infeksi yang terjadi setelah operasi caesar. Bekas luka operasi caesar ini dapat terinfeksi jika bakteri masuk ke dalamnya. Jika infeksi bakteri ini menyebar dan tidak segera ditangani, maka dapat menginfeksi rahim atau perut.
Ilustrasi bekas luka operasi caesar bisa mengalami infeksi. Foto: Unsplash
Mengutip jurnal Randomized Controlled Trial of Wound Complication Rates of Subcuticular Suture vs Staples for Skin Closure at Cesarean Delivery oleh Suzanne L Basha, dkk., adapun beberapa ciri infeksi pada luka caesar bagian dalam adalah sebagai berikut.
ADVERTISEMENT
Sebenarnya, luka caesar yang mengeras adalah pertanda jaringan kulit baru sudah terbentuk. Jaringan yang keras ini disebut juga jaringan parut. Namun, ada pula bekas jahitan caesar yang mengeras karena infeksi.
Luka caesar yang mengeluarkan nanah umumnya terjadi akibat adanya infeksi bakteri Staphylococcus aureus. Kondisi ini umum ditemukan pada luka caesar bagian dalam.
Selain beberapa ciri infeksi pada luka caesar bagian dalam di atas, segera periksakan diri ke dokter apabila mengalami gejala yang lebih serius, seperti:
ADVERTISEMENT
Gejala infeksi pada luka caesar biasanya muncul dalam beberapa hari setelah operasi. Namun, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seorang ibu mengalami infeksi pada luka caesar bagian dalam, di antaranya:

Berapa Lama Luka Caesar Bagian Dalam Kering?

Ilustrasi wanita yang setelah melahirkan melalui operasi caesar harus banyak beristirahat. Foto: Pexels
Pada dasarnya, luka bekas operasi caesar akan mulai mengering dalam waktu 5-10 hari. Namun, dibutuhkan waktu hingga 4-6 minggu sampai luka benar-benar menyatu dan tertutup.
Sementara luka caesar di bagian dalam membutuhkan waktu yang lebih lama, yaitu hingga 3 bulan atau lebih untuk benar-benar sembuh.
ADVERTISEMENT
Jadi, semisal Anda baru 3 minggu melahirkan dan belum semua bagian luka benar-benar tertutup menjadi daging, maka kondisi ini adalah kondisi yang normal.
Hal yang tidak normal adalah apabila luka caesar terlihat terbuka dan basah, ada nanah keluar dari luka, luka masih berdarah, keluar cairan berbau busuk dari luka, luka membengkak, kemerahan, dan terasa nyeri.
Supaya terhindar dari kondisi tersebut, ada beberapa perawatan pascaoperasi yang bisa dilakukan. Dirangkum dari Healthline, adapun untuk menjaga agar luka caesar bagian dalam tidak terinfeksi, yaitu:
ADVERTISEMENT
Artikel ini telah direview oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
(SFR)