Neuralgin: Manfaat, Dosis, Aturan Pakai, Efek Samping

Konten Media Partner
25 November 2022 14:53
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ilustrasi obat neuralgin. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi obat neuralgin. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Neuralgin obat untuk apa? Neuralgin adalah obat yang digunakan untuk mengatasi nyeri pada saraf, seperti pada gigi atau penyakit degeneratif di rangkaian tulang belakang. Obat ini bekerja sebagai antiradang dan antinyeri yang dapat menghambat produksi prostaglandin pemicu rasa nyeri.
ADVERTISEMENT
Neuralgin termasuk ke dalam golongan obat keras, sehingga penggunaannya membutuhkan resep dokter. Obat ini dapat dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak-anak, tetapi tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui serta orang-orang yang memiliki riwayat penyakit serius.
Neuralgin
Harga
Rp8.000 - Rp12.000 per strip
Indikasi dan Manfaat
Meringankan rasa nyeri, seperti sakit kepala, sakit gigi, kram perut yang disebabkan oleh menstruasi (dysmenorrhea), nyeri perut, dan nyeri yang muncul setelah operasi.
Komposisi
Methampyrone 500 mg, Thiamine HCl 50 mg, Pyridoxine HCl 10 mg, Cyanocobalamin 10 mcg, Trimethylxanthine 50 mg
Dosis dan Aturan Pakai
Penggunaan obat ini harus sesuai dengan anjuran dokter. Dewasa 3-4 kali sehari 1-2 kaplet. Anak 3-4 kali sehari 1/2 -1 kaplet.
Efek Samping
Mual, muntah, sakit kepala, reaksi alergi, gangguan pencernaan.
Cara Penyimpanan
Simpan pada tempat sejuk dan kering, serta terlindung dari cahaya matahari langsung.
Peringatan
Tidak boleh digunakan oleh ibu hamil trimester 3 dan orang dengan riwayat penyakit serius
Golongan Obat
Obat Keras

Pengertian Neuralgin

Obat neuralgin berfungsi untuk meredakan nyeri. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Obat neuralgin berfungsi untuk meredakan nyeri. Foto: Unsplash
Neuralgin adalah obat golongan anti inflamasi nonsteroid (NSAID) yang berfungsi untuk meredakan nyeri. Obat ini umumnya digunakan untuk mengatasi rasa nyeri pada saraf, seperti nyeri pada gigi atau penyakit degeneratif di rangkaian tulang belakang.
Neuralgin tersedia dalam bentuk tablet, yakni neuralgin rhema dan neuralgin RX. Umumnya, varian neuralgin RX ini digunakan untuk gejala dan tanda osteoartritis, serta gejala dan tanda rheumatoid arthritis.
Sementara itu, neuralgin rhema dapat digunakan untuk mengatasi nyeri terkait gangguan saraf, seperit neuropati atau kerusakan sistem saraf hingga neuralgia atau masalah sinyal dan sistem saraf.
ADVERTISEMENT
Obat ini termasuk ke dalam golongan obat keras, sehingga pembelian dan penggunaannya pun menggunakan resep dokter. Di dalam kandungan neuralgin terdapat beberapa senyawa aktif, seperti metampiron, thiamine, pyridoxine, hingga cyanocobalamin.

Kandungan dan Kegunaan Neuralgin

Manfaat yang dapat dirasakan pada neuralgin dapat dirasakan karena kandungan yang ada di dalamnya, yakni Methampyrone 500 mg, Thiamine HCl 50 mg, Pyridoxine HCl 10 mg, Cyanocobalamin 10 mcg, Trimethylxanthine 50 mg.
Menyadur laman Badan Pengawas Obat dan Makanan, berikut fungsi dari masing-masing zat yang terkandungan dalam neuralgin.
  • Methampyrone adalah kandungan yang berfungsi untuk mengurangi rasa nyeri pada kepala, gigi, dan sendi serta menurunkan demam.
  • Thiamine adalah kandungan yang berperan penting dalam pencernaan karbohidrat dari makanan ke produk yang diperlukan oleh tubuh.
  • Pyridoxine adalah kandungan yang berperan untuk mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi, memproduksi sel darah merah, dan menjaga kerja jaringan saraf.
  • Cyanocobalamin adalah kandungan yang berperan untuk menghasilkan sel darah merah, menjaga kesehatan sistem saraf, kulit, dan mata, membantu proses aktivasi asam folat, dan membantu proses sintesis DNA.
ADVERTISEMENT
Adapun beberapa manfaat yang dapat dirasakan dari neuralgin ini, mulai dari mencegah berbagai kondisi nyeri, mulai dari tingkat yang tergolong rendah hingga sedang. Mulai dari nyeri akibat sakit gigi hingga nyeri akibat haid.

Anjuran Dosis Neuralgin

Neuralgin termasuk ke dalam golongan obat keras yang penggunaannya memerlukan resep dan anjuran dokter. Pemberian dosis tergantung dari varian obat. Menurut laman Tablet Wise, berikut informasinya.

1. Neuralgin RX

  • Dosis dewasa: 3-4 kali sehari, 1-2 kaplet.
  • Dosis anak: 3-4 kali sehari, ½-1 kaplet.

2. Neuralgin Rhema

  • Dosis dewasa: 3 kali sehari, 1-2 kaplet.
  • Dosis anak: 3 kali sehari, ½ kaplet.

Kontraindikasi Neuralgin

Meski memiliki berbagai macam manfaat, neuralgin ternyata tidak boleh dikonsumsi oleh seseorang yang dikhawatirkan akan menimbulkan efek samping tertentu, seperti ibu hamil dan menyusui, penderita alergi akibat asetosal, penderita ulkus peptikum, hingga anak di bawah usia 14 tahun.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya itu, neuralgin juga tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki riwayat penyakit jantung, asma, hingga tukak lambung.

Efek Samping Neuralgin

Setiap obat memiliki berbagai macam efek samping. Berikut beberapa efek samping yang mungkin timbul setelah mengonsumsi neuralgin.
  • Mual
  • Muntah
  • Gangguan ginjal
  • Sakit kepala
  • Ruam kulit
  • Reaksi alergi
  • Gangguan pencernaan
  • Terjadinya pembengkakan di wajah, lidah, tenggorokan, dan bibir
  • Kesulitan saat bernapas
Apabila efek samping yang ada di atas mulai terasa dan tak kunjung reda, segera lakukan konsultasi dengan dokter.
Artikel ini telah direview oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
(JA)
Neuralgin itu obat untuk sakit apa?
chevron-down
Berapa kali sehari minum neuralgin?
chevron-down
Apa saja kandungan di dalam neuralgin?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·