Konten dari Pengguna

Contoh Makanan yang Mengandung Protein dan Baik untuk Dikonsumsi

Artikel yang membahas review restoran, kafe
21 Juni 2024 23:38 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Katalog Resto tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi makanan yang mengandung protein. Sumber: Pexels/Quang Nguyen Vinh
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi makanan yang mengandung protein. Sumber: Pexels/Quang Nguyen Vinh
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Protein adalah bahan penyusun jaringan dan otot manusia. Bahkan, protein juga bisa membatu memperbaiki jaringan yang rusak. Untuk itu, mengonsumsi makanan yang mengandung protein adalah keharusan.
ADVERTISEMENT
Ada banyak makanan yang mengandung protein, baik protein hewani maupun nabati. Ketahui daftar makanan ini supaya bisa menjadi referensi saat menyiapkan hidangan sehat.

Daftar Makanan yang Mengandung Protein

Ilustrasi daftar makanan yang mengandung protein. Pexels/picmamba.com
Menurut healthline.com, kebutuhan protein hewani yang diperlukan tubuh manusia yaitu sekitar 2-4 porsi atau setara dengan 70-160 gram daging-dagingan. Sedangkan untuk protein nabati, manusia membutuhkan asupan protein nabati sebanyak 2-4 porsi.
Protein memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh, salah satunya membantu organ tubuh terus bergerak. Sebenarnya, hampir tiap makanan memiliki kandungan protein, hanya saja jumlah kandungannya berbeda-beda. Berikut ini daftar makanan yang mengandung protein.

1. Daging

Daging adalah sumber protein hewani pertama dan memiliki banyak manfaat. Semua daging, baik sapi, ayam, ikan, pasti mengandung protein yang biak untuk tubuh.
ADVERTISEMENT

2. Telur

Protein hewan lainnya adalah telur. Makanan ini mudah dijumpai dan mudah diolah sesuai dengan keinginan.

3. Tahu

Protein yang ada pada tahu adalah protein nabati. Tahu yang terbuat dari kedelai ini dalam satu buahnya memiliki kandungan protein sebanyak 8 gram, dan kalori sebanyak 76 kcal.

4. Brokoli

Jenis sayur yang satu ini memiliki kandungan protein tinggi dan kaya kandungan vitamin C, vitamin K, serat, dan kalium. Brokoli juga memiliki kandungan nutrisi bioaktif yang tinggi yang dapat mencegah risiko penyakit kanker.

5. Kacang Tanah

Kacang tanah merupakan protein nabati. Di dalam kacang tanah juga terdapat magnesium dan serat yang bisa mencegah dari berbagai macam penyakit, seperti jantung dan stroke.

6. Bayam

Bayam adalah sayuran yang kaya nutrisi. Di dalam bayam terdapat protein, kandungan folat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, protein, zat besi, magnesium, kalium, dan kalsium.
ADVERTISEMENT
Itulah daftar makanan yang mengandung protein. Cobalah untuk mengonsumsi dengan seimbang antara protein hewani dan nabati. (SASH)