Konten dari Pengguna

Dampak Kritik Sastra Terhadap Popularitas Penulis Muda

Kautsar Siti S
Mahasiswi Universitas Pamulang, Sastra Indonesia
17 Juni 2024 10:58 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kautsar Siti S tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Penulis Muda. Sumber: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Penulis Muda. Sumber: Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kritik sastra sangat penting dalam dunia literatur, terutama dalam membangun karier penulis muda. Dalam beberapa terakhir, fenomena ini semakin terkenal karena semakin banyak penulis muda yang berhasil masuk ke pasar berkat kritik dan ulasan yang mereka terima. Kritik sastra membuka diskusi tentang gaya penulisan, tema, dan relevansi budaya yang diangkat. Selain itu, memberikan penilaian terhadap karya sastra. Kritik yang konstruktif dapat membantu penulis muda berkembang dan membuat karya mereka lebih baik. Sebaliknya, kritik yang tajam dan tidak mendukung, di sisi lain, dapat mempengaruhi dorongan dan keinginan untuk menulis.
ADVERTISEMENT
Salah satu contoh penulis muda yang merasakan dampak signifikan dari kritik sastra adalah Rintik Sendu, yang bernama lengkap Nadhifa Allya Tsana, penulis novel Kata, Gen. Karya-karyanya yang debut mendapat sorotan dari kritikus sastra, yang memuji gaya bercerita dan penokohan yang kuat.
Namun, kritik sastra juga memiliki sisi negatifnya. Beberapa penulis muda mengungkapkan mendapatkan kritikan yang pedas dapat menurunkan motivasi mereka. Sama halnya dengan Rintik Sendu, ada saja yang mengkritiknya dengan sisi negatif, mengatakan bahwa tulisannya absurd akan tetapi baginya sebuah motivasi dan dengan pedenya lanjut berkarier dalam berkarya di dunia kepenulisan, akhirnya beberapa karyanya ada yang sudah di film kan.
Tokoh kritikus sastra, H.B. Jassin, kritik sastra adalah pertimbangan baik dan buruknya suatu hasil kesusastraan. Beliau berpendapat bahwa kritik sastra sastra harus disertai dengan alasan dan berisi tentang isi dan berbagai bentuk yang ditemukan dalam karya sastra.
ADVERTISEMENT
Di era digital, platform online seperti blog dan media sosial juga memainkan perang penting saat ini dalam penyebaran kritik sastra. Seperti Rintik Sendu, ketika menuangkan tulisannya di blog, para pembacanya menyarankan agar menulis di platform Wattpad yang tengah digandrungi.
Secara keseluruhan penulis muda sangat dipengaruhi oleh kritik sastra. Oleh karena itu, para kritikus sastra harus mengambil pendekatan yang bijak dan seimbang untuk mendukung perkembangan dunia sastra tanah air