Konten dari Pengguna

STIKOM InterStudi Kerahkan Upacara Virtual Hari Kemerdekaan RI ke-78

Kemahasiswaan InterStudi
Akun Resmi Bidang Kemahasiswaan Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi
22 Agustus 2023 10:13 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kemahasiswaan InterStudi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
STIKOM InterStudi Kerahkan Upacara Virtual Hari Kemerdekaan  RI ke-78
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Jakarta, Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78, STIKOM InterStudi menyelenggarakan kembali Upacara secara virtual yang dihadiri oleh struktural, staf, dosen, organisasi mahasiswa, serta mahasiswa/i. Upacara virtual ini diselenggarakan tepat pada hari Kamis (17/8) melalui Zoom Meeting yang disebarluaskan keseluruh civitas akademika STIKOM InterStudi.
ADVERTISEMENT
Dalam persiapan acara Upacara Virtual Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Ibu Setiyo Hayati, S.I.Kom.,M.I.Kom selaku Kepala Bidang Kemahasiswaan dan Alumni berkoordinasi dengan beberapa mahasiswa dan mahasiswi dari Organisasi Mahasiswa untuk turut membantu dan berpartisipasi sebagai Petugas Upacara. Tak hanya itu, Setiyo juga mengkoordinasikan terkait kehadiran dan ketersediaan para struktural dan civitas akademika STIKOM InterStudi.
Terpilihlah mahasiswa/i dari Organisasi Mahasiswa untuk menjadi Petugas Upacara yang terdiri dari Diva Amelia Prasanti sebagai Master of Ceremony (MC), Afri Koes Aryanto sebagai pembaca Undang – Undang Dasar 1945, Nursafitri sebagai pembaca Pancasila, dan Shifa Amalia sebagai pembaca Doa. Sebelum terselenggarakanya Upacara virtual tersebut, para Petugas Upacara melakukan gladi resik bersama Ibu Setiyo Hayati, S.I.Kom.,M.I.Kom dan Bapak Rizky Fauzi, S.I.Kom., M.I.Kom sebagai Pembina Upacara.
ADVERTISEMENT
Setelah gladi resik dilakukan, tepat pada pukul 10.00 WIB, Zoom Meeting Upacara Virtual Hari Kemerdekaan Republik Indonesia resmi dimulai sehingga para undangan dapat masuk dan bergabung kedalam Zoom Meeting. Dalam Upacara virtual ini di hadiri oleh Ibu Diajeng Herika Hermanu BSBA., M.I.Kom. selaku Wakil Ketua I Bid. Akademik, Bapak Rizky Fauzi, S.I.Kom., M.I.Kom selaku Wakil Ketua III Bid. Kerjasama, Kemahasiswaan, dan Alumni, Bapak Ir. Sigit Pramono Hadi, M.Si selaku Kepala Program Studi, Ibu Setiyo Hayati, S.I.Kom., M.I.Kom selaku Kepala Bid. Kemahasiswaan dan Alumni, Ibu Sekartaji Anisa Putri, M.Si selaku Kepala LPPM, Bapak Budi Cahya Hermanto, S.I.Kom selaku Kepala BAAK, Bapak Rahmat Fajar, S.Ds.,M.I.Kom, para Staf dan Jajaran di Lingkungan STIKOM InterStudi, para Dosen STIKOM InterStudi, Organisasi Mahasiswa STIKOM InterStudi, serta mahasiswa dan mahasiswi STIKOM InterStudi.
Para petugas Upacara sudah bersiap untuk memulai Upacara. Pada pukul 10.20 WIB, Diva sebagai MC membuka secara resmi Upacara Virtual Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke – 78. Setelah pembukaan oleh MC, dilanjutkan dengan menyaksikan video Detik-detik pembacaan Proklamasi oleh Ir. Soekarno. Setelah itu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dilanjutkan dengan Mengheningkan Cipta yang dipimpin oleh pembina Upacara untuk mengingat dan mengenang jasa-jasa Pahlawan yang luar biasa. Setelah mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila oleh Nursafitri, dan dilanjutkan dengan pembacaan teks Undang-Undang Dasar 1945 oleh Afri Koes Aryanto.
Bapak Rizky Fauzi, S.I.Kom.,M.I.Kom sebagai Pembina Upacara
Dilanjutkan dengan Amanat Pembina Upacara yang dilakukan oleh Bapak Rizky Fauzi, S.I.Kom.,M.I.Kom. Dalam amanatnya, Rizky menyampaikan “Terus Melaju untuk Indonesia Maju, Merdeka..! Merdeka..! Merdeka..!” dan mengingatkan seluruh hadiri Upacara untuk terus mengingat dan menghargain jasa para Pahlawan bagaimana mereka membangun dan mengembangkan masyarakat negara Republik Indonesia menjadi lebih maju.
ADVERTISEMENT
Slogan HUT Kemerdekaan Indonesia ke - 78 “Terus Melaju untuk Indonesia Maju” merupakan tujuan yang tepat untuk anak-anak muda, khususnya generasi milenial dan generasi zilenial untuk ikut serta membangun, memajukan, dan mencerdaskan kehidupan bangsa, lanjut Rizky.
Tak hanya itu, Rizky juga menyampaikan bahwa perkembangan teknologi dan digital merupakan suatu langkah yang baik untuk masyarakat dapat turut andil dalam hal berpartisipasi den memajukan bangsa. Rizky juga mengingatkan dalam amanatnya untuk tidak melupakan dan terus memajukan kebudayaan – kebudayaan yang bangsa kita miliki, sikap tenggang rasa, serta dasar - dasar dan fondasi bangsa Indonesia.
Shifa Amalia sebagai pembaca Doa
Setelah mendengerkan amanat Pembina Upacara, dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Pusakan, pembacaan Doa oleh Shifa Amalia, dan menyanyikan Lagu Hari Merdeka bersama-sama. Sebelum menutup kegiatan dan foto bersama, MC memberikan pengumuman 2 Pemenang Kostum Terbaik dengan tema Hari Kemerdekaan.
ADVERTISEMENT
Selamat kepada Bapak Rahmat Fajar dan Bapak Abdul Mushy sebagai Pemenang Kostum terbaik!
Upacara Virtual Hari Kemerdekaan Republik Indonesia berjalan dengan lancar dan hikmat. Seluruh hadirin mengikuti Upacara virtual dengan baik dan seksama, serta turut memeriahkan Hari Kemerdekaan dengan menggunakan dresscode bertemakan Hari Kemerdekaan yang didominasikan dengan warna Merah dan Putih.
Dirgahayu Republik Indonesia ke -78! Kobarkan semangat persatuan Indonesia! Merdeka!
Foto Bersama di Upacara Virtual Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke - 78