kumparan
12 Juli 2019 11:04

Mencicipi Lezatnya Bakso Ikan Telur Asin Khas Pontianak

IMG_2421.JPG
Bakso ikan yang berisi kuning telur asin. Foto: Instagram @kulinerkotapontianak
Halo, teman-teman kumparan pecinta bakso! Ada cerita dan berita bahagia bagi teman-teman yang senang dengan makanan sejuta umat yang berbentuk bulat bundar berkuah gurih nan sedap ini. Kali ini, aku akan berbagi cerita dan referensi tentang Bakso Ikan Telur Asin yang sangat terkenal di Pontianak.
ADVERTISEMENT
Mau dimakan saat pagi, siang ataupun malam, rasanya tetap nikmat menggugah selera, dan yang pasti ini HALAL! Ayo kita langsung saja mulai.
Bakso Ikan Telur Asin A Han. Mendengarnya, tentu kita sudah dapat mengira bahwa bakso yang satu ini adalah bakso ikan yang berisi telur asin. Lalu apa yang membuatnya sangat diminati? Bahkan terkadang harus rela mengantre meja dengan pelanggan lain untuk bisa memesan menu sejuta umat ini?
IMG_2354.JPG
Lokasi Bakso Ikan A Han di Jalan M. Sohor.
Ada dua lokasi jualan Bakso Ikan Telur Asin A Han ini. Lokasi pertama sekaligus lokasi awal mula berjualannya ada di Jalan Woltermonginsidi atau biasa disebut Pasar Mawar. Saat kami berkunjung ke sana, antreannya sangat ramai dan penuh sehingga kami memutuskan untuk pergi ke cabang lainnya yang beralamat di Jalan M. Sohor.
ADVERTISEMENT
Begitu sampai di sini, di area parkiran cukup penuh terlihat banyak kendaraan sedang parkir, pertanda di lokasi keduanya pun tidak kalah ramai dengan lokasi sebelumnya. Ruko di Jalan M. Sohor yang ditempati oleh Bakso Ikan ini memiliki lima lantai.
Lantai dasar dan kedua ditempati oleh Bakso Ikan, sedangkan untuk lantai ketiga ditempati oleh Home Decor. Untuk lantai dasar juga ditempati oleh Toko Roti Cotton Bread yang berbagi tempat dengan Bakso Ikan A Han ini.
IMG_2397.JPG
Suasana di Lantai 2 Ruko Bakso Ikan Telur Asin, ramai tapi nyaman dengan ruangan Full AC.
Kami memilih duduk di lantai dua yang lebih luas dan memiliki kursi sofa. Tanpa lama-lama, aku dan seorang teman memesan Paket Bakso Ikan Komplit, Paket Bakso Sapi, dan beberapa pesanan ‘custom’ bakso ikan tambahan seperti bakso telur asin, pare, dan brokoli.
ADVERTISEMENT
Untuk pesanan Paket Bakso yang kami pesan, belum ada ‘karbohidrat’-nya alias mi. Jadilah kami memesan Yam Bihun dan Nasi Merah sebagai pelengkap, karena makan siangnya orang Indonesia tanpa karbohidrat rasanya ada yang kurang, hahaha.
Sekitar 15 menit kami menunggu, pesanan pun datang. Bakso Sapi pesanan temanku terlihat menarik dengan isian Bakso Sapi ukuran kecil, tahu isi daging sapi, sayuran hijau, kacang kedelai, beberapa helai irisan daging sapi, dan tentu bakso sapi ukuran lebih besar yang berisi kuning telur asin dengan kuah kaldu yang bening.
Ya, benar di sini juga tersedia Bakso Sapi di samping Bakso Ikan-nya yang famous, harganya Rp 32.000.
IMG_2413.JPG
Di sini juga ada menu Bakso Sapi yang bisa teman-teman order. Foto: Instagram @kulinerkotapontianak
Untuk Bakso Ikan Komplit, pesananku isiannya ada Bakso Polos, Bakso Cumi, Bakso Goreng, Tahu, Pare, Brokoli, Cabe Hijau, Jagung Muda, Bakso Jamur, Rumput Laut, Hepio dan Bakso Ikan isi Kuning Telur Asin. Benar-benar komplit, harganya pun Rp 38.000.
ADVERTISEMENT
Sebelum makan, aku memulai ritual yang biasaku lakukan di setiap makanan berkuah, yaitu aku masukkan beberapa perasan jeruk sambal agar ada rasa asam segar, menaburinya dengan lada/sahang.
Oke, saatnya makan! Kita mulai dengan kuahnya terlebih dahulu, warna kuah kaldunya bening, bukan yang bertipe keruh. Rasa kuahnya tidak terlalu asin dan menurutku agak terasa saltless dan ‘light’. Tapi ada alasan tersendiri menurutku kuahnya disajikan seperti itu yang akan aku bahas selanjutnya.
IMG_2406.JPG
Bakso Ikan Telur Asin Komplit.
Tekstur dan rasa! Untuk ciri khas tekstur dari bakso di sini rasanya kenyal, halus di permukaan luarnya dan enak sekali waktu digigit, terasa banget campuran ikannya, dan pastinya bahan yang digunakan fresh, tidak ada bau amis sama sekali yang tercium, sungguh nikmat.
ADVERTISEMENT
Rasa dari bakso ikan ini legit dan asin, tapi asin dalam gambaran yang menyenangkan, sehingga perpaduan kuah kaldunya yang berkarakter ‘light’ begitu harmoni di saat disatukan dengan rasa dari bakso ikan ini. Mantap!
IMG_2425.JPG
Pesanan 'custom' yang aku order terpisah, Pare isi Bakso Ikan, super sedap.
Pesanan bakso di rumah makan ini bisa teman-teman sesuaikan dengan keinginan pribadi, yang suka bisa ditambah, dan yang enggak suka, bisa di-skip, alias bisa custom sendiri pesanan teman-teman. Aku sangat suka dengan brokoli dan parenya, jadi aku order terpisah lagi.
Untuk teman-teman yang ingin memesan secara prasmanan juga bisa, tinggal ambil mangkok dan penjepit sambil menjepit masuk pilihan bakso dan tambahan lain yang teman-teman mau, selanjutnya akan disiapkan dan dihidangkan ke meja teman-teman. Sungguh pengalaman makan bakso yang “selera aku” banget.
IMG_2351.JPG
Menu bakso ikan disini bisa teman-teman order secara prasmanan, sesuai selera dan suka-suka kamu.
Bakso Ikan Telur Asin A Han ini merupakan rekomendasi kuliner halal hits dari Pontianak yang wajib sekali teman-teman coba. Nikmat bakso ikannya yang bertekstur kenyal halus di tiap gigitan membuat siapapun yang datang, tak segan untuk kembali lagi. Bakso Ikan ini buka setiap hari dari jam 08.00-22.00, dan bagi teman-teman yang mager bisa juga memesannya melalui aplikasi GoFood, salam kulinerkotapontianak.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan