kumparan
16 Agu 2019 12:18 WIB

Mencicipi Nasi Campur Halal nan Nikmat di Pontianak

Nasi ayam atau nasi campur, merupakan salah satu kuliner yang sangat terkenal dari Pontianak.
Halo, teman-temn kumparan! Apa kabar semua? Kembali lagi dengan Kuliner Kota Pontianak yang menyimpan segudang harta karun kuliner, yang seakan tiada habis kegeregetannya!
ADVERTISEMENT
Harta karun kuliner yang kali ini kita bahas adalah: Nasi Campur, atau kalau di Pontianak lebih akrab dengan sebutan Nasi Ayam. Jangan salah, kuliner ini adalah salah satu makanan terpopuler di tanah Borneo, lho.
Nasi Ayam atau Nasi Campur ini sejatinya adalah nasi putih yang disajikan dengan berbagai topping di atasnya dan diberi kuah kaldu bening kental yang gurih, dan yang pasti bisa bikin dietmu gagal, haha. Biasanya, kuliner khas di Pontianak ini bersifat nonhalal, sehingga tidak semua kalangan bisa menikmatinya.
Namunpada kesempatan kali ini, aku akan berbagi cerita tentang satu tempat makan yang menyediakan Nasi Ayam atau Nasi Campur versi halal, yang rasa dan ciri khasnya tetap melekat dan sama persis, mulai dari penyajian hingga aroma dan kenikmatannya yang begitu hakiki.
One Chick, tempat makan yang menyediakan nasi ayam alias nasi campur halal di Pontianak.
Berlokasi di Jalan Siam nomor 7, Pontianak, ‘One Chick’ nama tempat makan yang bertajuk 'No Pork, No Lard' ini menyediakan Nasi Ayam alias Nasi Campur halal yang bisa kalian nikmati. Kehadiran tempat makan ini seakan membawa angin segar dan berita gembira bagi penikmat kuliner halal Tanah Air, terutama di Kalimantan Barat, khususnya Pontianak.
ADVERTISEMENT
Sebab, sangat jarang ditemui nasi ayam atau nasi campur yang disajikan halal. Penasaran bagaimana penampakannya? Sama! Yuk kita simak sama-sama.
Sepiring Nasi Ayam di ‘One Chick’ ini disajikan di atas piring bulat datar, yang berisikan nasi putih, kemudian atasnya ditumpuk dengan daging ayam kecap, daging ayam panggang, daging ayam masak beras merah (ang khak), sosis ayam panggang, telur kecap, sawi asin, dan irisan timun, kemudian disiram kuah kaldu kental bening yang gurihnya bikin dietmu gagal!
Tak lupa disertakan juga kuah sup untuk menemani seporsi nasi ayam halal ini. Sedap memang, apalagi harganya seporsi nasi ini dibanderol cukup terjangkau, yakni Rp 25.000.
Satu porsi lengkap nasi ayam ini seharga Rp 25.000,-. Foto diambil dari Instagram: @kulinerkotapontianak.
Aroma! Dari aromanya sudah mengisyaratkan gambaran rasa yang akan kami nikmati. Aroma wangi nan menggoda ini berasal dari berbagai daging yang dijadikan topping.
ADVERTISEMENT
Benar saja, ketika kami melangkahkan suapan pertama ke dalam mulut, nasi putih hangat bercampur kuah kaldu kental dan daging ayam kecap ini membuat selera makan auto naik! Enak! Hati pun riang gembira seakan berkata, "Good food is good mood, right?"
Daging ayam yang dimasak dengan beras merah (ang khak), enak, lembut, empuk!
Daging ayam masak beras merah (ang khak) nya pun turut mengangkat rasa lezat dari sepiring nasi ayam ini. Teksturnya yang lembut dan empuk ketika digigit, rasa asin dan gurih yang begitu pas, sangat cocok dipadupadankan dengan topping lainnya yang tersaji.
Warna merah dari daging ayam ini berasal dari beras merah (ang khak) yang ditumbuk halus, kemudian dimasak bersamaan dengan daging ayam, lalu setelah itu dipanggang menggunakan oven. Iya benar, menggunakan oven, sehingga tentunya lebih merata panas yang disalurkan dan tentunya lebih menyehatkan, begitu kata Ko Ahuang, sang pemilik tempat makan ‘One Chick’ ini.
Nasi ayam panggang halal dengan harga seporsi Rp 25.000,- lengkap dengan telur kecap.
Selain nasi campur, kami juga turut mencoba nasi ayam panggang spesial rekomendasi dari Ko Ahuang, yang menjadi best seller kedua setelah nasi campur. Sepiring nasi ayam panggang ini tersaji dengan nasi putih hangat, bertabur cacahan bawang putih dan telur kecap, yang disiram kuah kental bening dan sawi asin, beserta timun sebagai pelengkapnya. Harga seporsi nasi ayam panggang ini sama dengan nasi campur sebelumnya, Rp 25.000.
Daging ayam panggang yang dipanggang menggunakan oven, sehingga matang lebih merata dan lebih menyehatkan. Hociak!
Sepengalaman kami, menikmati kuliner yang sejenis nasi ayam alias nasi campur di ‘One Chick’ ini, tidak kalah bersaingnya dengan cita rasa dari nasi ayam lainnya. Yang membedakannya adalah nasi ayam di sini halal, sesuai tajuk mereka 'No Pork, No Lard'.
ADVERTISEMENT
Jadi untuk teman-teman kumparan yang sedang melipir ke Pontianak dan penasaran dengan salah satu kuliner khas Pontianak yang terkenal ini, maka “One Chick” bisa menjadi pelepas rasa penasaran teman-teman semua, salam Kuliner Kota Pontianak.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan