kumparan
2 Agustus 2019 12:27

Mencicipi 'Nasi Kuning Goreng Josephine', Kuliner Unik Kota Pontianak

Lokasi Nasi Kuning Goreng Josephine
Setiap daerah tentu memiliki kuliner jagoannya masing-masing, tidak terkecuali untuk daerah Pontianak Utara, Kalimantan Barat, ini. Untuk teman-teman yang tinggal di daerah Siantan dan berkesempatan melewati Jalan Khatulistiwa, ada beberapa spot kuliner yang tidak boleh terlewatkan, salah satu yang menjadi rekomendasi adalah Nasi Kuning Goreng Josephine.
ADVERTISEMENT
"Tidak seperti biasanya,". Begitu respons pertama yang aku ucap dalam hati ketika mencoba melahap nasi kuning dan nasi uduk yang ada Nasi Kuning Goreng Josephine.
Aku sudah lama mendengar tentang Nasi Kuning Goreng Josephine ini, lalu apa keistimewaannya sehingga begitu terkenal?
Katanya, dalam hitungan jam sejak dibuka pada sore hari yakni sekitar jam 17.00 WIB, Nasi Kuning Goreng Josephine sudah ludes terjual, bahkan sebelum jam 21.00 WIB.
Menu Nasi Kuning Goreng Josephine
Pasti teman-teman kumparan mulai penasaran kan dengan Nasi Kuning Goreng Josephine ini? Mendengar nama nasi kuning goreng tentu membuat jiwa berburu kuliner ini bergejolak, seakan tidak ingin tertinggal dalam euforia kuliner yang katanya wajib disantap ketika berkunjung ke Pontianak Utara.
Sepulang kerja, aku dan seorang teman sepakat untuk mampir ke Nasi Kuning Goreng Josephine. Berbekal informasi dari teman yang tinggal dekat daerah Siantan, kami tidak begitu kesulitan menemukan tempat mereka berjualan, patokannya ada di samping Bank MEGA yakni di Jalan Khatulistiwa, samping Gang Makmur Indah nomor 2.
ADVERTISEMENT
Benar saja, begitu melewati Bank MEGA, tampak beberapa antrian pelanggan yang sudah siap memesan, kami lantas memarkir kendaraan kami sembari mengincar tempat duduk yang kira-kira akan kami tempati.
Aroma ayam bakar dengan harum semerbak menyambut kedatangan kami, dikarenakan dapur Nasi Kuning Goreng Josephine ini terletak di dekat tempat kami memarkirkan kendaraan. Kami pun memesan satu porsi nasi kuning goreng dan juga nasi uduk goreng, kedua menu ini kami pilih yang spesial, karena kami tidak ingin tanggung-tanggung saat mencicipi.
Menu Nasi Kuning Goreng Josephine
Sambil menunggu pesanan kami tiba, aku memperhatikan si tukang masak ketika dia beraksi. Pertama, telur kocok dituangkan ke dalam kuali yang telah dicampur dengan potongan buncis, setelah itu dimasukkan nasi kuning atau nasi uduk ke dalam kuali tersebut disusul dengan bumbu rahasia yang digunakan sebagai campuran saat menggoreng nasi kuning atau nasi uduk.
ADVERTISEMENT
Sekilas tidak ada yang istimewa dalam hal proses memasak nasi kuning goreng ini, hanya seporsi nasi kuning dimasak lagi dengan cara digoreng dan dicampurkan bumbu tambahan dari mereka.
Satu porsi lengkap spesial Rp22.000,-.
Begitu pesanan kami tiba, aroma smokey nasi goreng yang cukup kuat dan aroma khas nasi kuning atau nasi uduk beradu oleh indra penciuman kami. Seakan-akan saat pertama kali udara berhembus, tercium aroma nasi goreng, tapi begitu kami coba hirup lebih dekat, aroma khas nasi kuning dan uduk tetap terasa. Selera makan kami langsung meningkat karena terhipnotis oleh aroma masakan yang unik ini.
Nasi Uduk Goreng Spesial dengan Ayam Bakar.
Untuk menu nasi kuning goreng, aku memilih menggunakan ayam bakar, sedangkan nasi uduk goreng temanku, menggunakan ayam goreng kunyit. Potongan ayamnya sendiri cukup besar dengan daging yang tebal. Selanjutnya, nasi kuning goreng pesananku ditambahkan topping lain seperti irisan telur kecap, tahu goreng, tempe bacem, ebi crispy, kerupuk, dan irisan timun. Tidak boleh ketinggalan adalah sambel tomat terasi nya yang super sedap. Satu porsi nasi kuning atau uduk goreng spesial ini dihargai Rp 22 ribu. Sebuah harga yang sangat worth it menurut kami apabila dilihat dari porsi dan topping yang disajikan.
Sambal Tomat Terasi.
Saat makan, yang pertama aku coba tentu adalah nasi nya. Nasinya bukan tipe yang menempel satu sama lain, antara bulir satu dengan bulir lainnya, tidak melekat, tipe nasi yang digoreng seperti ini mengingatkanku pada nasi goreng tek-tek atau nasi goreng Jawa yang khas dengan bentuk bulir nasi seperti ini. Nasinya memiliki tekstur yang enak saat dikunyah, tidak lembek, tapi tidak juga keras. Saat bertemu dengan lidah di dalam mulut, aroma smokey seperti saat kita memakan nasi goreng kerap terasa, tanpa menghilangkan kekhasannya sebagai nasi kuning atau uduk, mantap!.
Ayam Goreng Kunyit.
Sedangkan ayam goreng berbumbu kunyit ini rasanya gurih dan saat dicocol ke sambal tomat terasinya akan terasa sensasi asin, gurih, bercampur dengan rasa pedas asam segar yang cocok sekali, apalagi dipadukan dengan ebi crispy sehingga menambah ‘kriuk’ makan malam kami saat ini, sungguh pengalaman kuliner yang membuat kami ingin menyantap kembali Nasi Kuning Goreng Josephine ini. Ayam bakarnya pun tak kalah lezat, bumbu bakarnya meresap hingga ke dalam daging dan empuk sekali, enak!
ADVERTISEMENT
Bagi teman-teman yang ada rencana untuk datang ke Pontianak, wajib untuk memasukkan Nasi Kuning Goreng Josephine ini ke dalam culinary list anda. Menu di sini semuanya halal dan harga nya tidak membuat kantong kempis, so recommended! Mereka berjualan dari jam 17.00-22.00 (kamis libur). Stay tuned ya teman-teman untuk update informasi kuliner lainnya yang ada di Pontianak.
Salam, KulinerKotaPontianak.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan