Food & Travel
·
3 April 2020 11:15

Viral 3 Varian Rasa Minuman 'Dalgona', Begini Cara Buatnya

Konten ini diproduksi oleh KulinerKotaPontianak
Viral 3 Varian Rasa Minuman 'Dalgona', Begini Cara Buatnya (212922)
Minuman Kekinian yang "Viral", asal Korea, foto : @kulinerkotapontianak
As seen on Tiktok! Begitulah kira-kira yang terbayang saat ingin mencoba menuntaskan rasa penasaran akan minuman kopi viral dan kekinian yang saat ini sedang ramai terlihat. Minuman ini dikenal dengan nama Dalgona Coffee, minuman yang terbuat dari bahan yang sederhana dan alat yang dibutuhkanpun tidaklah rumit, bisa dibuat di rumah dan tidak memerlukan keahlian yang sedemikian rupa, berbekal resep dan beberapa kali trial and error akhirnya aku berhasil membuat minuman kekinian yang sedang viral ini. Untuk teman-teman kumparan yang juga ingin mencoba membuatnya di rumah, mari ikuti tulisan ini sampai selesai ya, let’s go!
ADVERTISEMENT
Pertama-tama, bahan yang kita butuhkan adalah nescafe classic, milo 3 in 1, chocolatos matcha, susu UHT full cream, whip cream, gula pasir, dan air panas. Sedangkan untuk alat yang kita butuhkan adalah mixer yang nantinya akan kita gunakan untuk mencampur adonan. Sederhana banget kan teman-teman? Bahan yang dibutuhkan ini terbilang mudah ditemukan dan mungkin sehari-hari sudah akrab dengan kita, namun siapa sangka bahan ini bisa dijadikan minuman kekinian yang sedang viral ini.
Viral 3 Varian Rasa Minuman 'Dalgona', Begini Cara Buatnya (212923)
Dalgona Coffee yang sedang digandrungi warganet
Kita tidak hanya akan membuat Dalgona Coffee Classic, tetapi kita juga akan membuat Dalgona Milo dan juga Dalgona Matcha, jadikan harimu yang #dirumahaja agar semakin berwarna dan ngga boring. Step pertama yang akan kita lakukan adalah kita masukkan takaran 1:1:1 (dalam satuan sendok makan) nescafe classic:gula pasir:air panas, kemudian larutkan sambil diaduk sebentar, kemudian kita mixer dengan kecepatan tinggi dalam waktu 10-15 menit hingga adonan tersebut berubah warna menjadi cokelat muda dan terlihat mengembang dengan tekstur yang mulai halus dan licin, apabila belum mengembang dan licin maka durasi mixer bisa ditambah.
Viral 3 Varian Rasa Minuman 'Dalgona', Begini Cara Buatnya (212924)
Adonan yang sudah dicampur bahan tersebut, kemudian di mixer selama 10-15 menit
Untuk membuat Dalgona Milo dan Dalgona Matcha kita masukkan masing-masing 1 sachet kemasan tersebut, kemudian 1.5 sendok makan whip cream, 5-6 sendok makan susu UHT dingin, kemudian kita larutkan dengan menggunakan sendok agar tercampur rata agar pada saat nanti dimixer tidak akan berantakan dan bubuknya tidak berterbangan. Mixer adonan tersebut kurang lebih 10-15 menit hingga berubah warna menjadi lebih cokelat muda untuk milo dan hijau muda untuk chocolatos matcha. Bagi teman-teman yang ingin membuat adona tersebut menjadi lebih thick / tebal bisa mengurangi jumlah takaran susu UHT dingin, dan bagi teman-teman yang ingin membuat adonan menjadi lebih encer bisa menambahkan takaran susu UHT dinginnya.
Viral 3 Varian Rasa Minuman 'Dalgona', Begini Cara Buatnya (212925)
Mixer sampai adonan terlihat berubah warna menjadi lebih muda dan mengembang, licin dan smooth.
Selanjutnya kita bisa ambil gelas dan diisikan susu UHT ke dalam gelas tersebut dan isikan hingga ¾ bagian gelas, boleh tambahkan es batu (optional), kemudian tuangkan masing-masing adonan tersebut ke atasnya menggunakan sendok, jadi deh! Mudah banget kan teman-teman kumparan? Tiga varian Dalgona ini pun siap kita nikmati, jangan lupa sediakan cookies, biskuit ataupun snack cemilan lainnya agar #dirumahaja makin terasa enjoyable sambil melakukan #workfromhome ataupun sekedar nonton drama korea favorit kalian, hahaha.
Viral 3 Varian Rasa Minuman 'Dalgona', Begini Cara Buatnya (212926)
Tuangkan adonan dalgona tersebut di atas susu UHT
Untuk Dalgona Coffee mempunyai karakter rasa yang lebih pahit pekat apabila adonan yang bertekstur creamy itu tidak kita larutkan dulu dengan susu UHT yang sudah dituang di gelas, namun setelah kita aduk dan larutkan, rasanya enak sekali, rasa creamy milky coffeenya terasa menyenangkan apalagi kalau kita tambahkan batu es, selain memberi rasa dingin juga menambah rasa segar.
Viral 3 Varian Rasa Minuman 'Dalgona', Begini Cara Buatnya (212927)
Dalgona Matcha, enak creamy sweet and so daps!
Untuk adonan Dalgona Milo dan Matcha rasanya sweet dan creamy meskipun tidak kita larutkan setelah kita campurkan dengan susu UHT, aku bahkan suka sekali mencocol adonan tersebut dengan cookies karena memang rasanya seenak itu! Ringan, manis dan creamy! Untuk teman-teman yang tidak bisa minum kopi, Dalgona Milo/Matcha ini bisa menjadi rekomendasi, bahkan anak-anakpun pasti suka karena rasanya yang memang acceptable bagi semua kalangan, kecuali kamu alergi susu.
Viral 3 Varian Rasa Minuman 'Dalgona', Begini Cara Buatnya (212928)
Dalgona Milo, karakter khas enaknya MIlo masih berasa, dengan tekstur yang lebih creamy dan foamy yang light.
Bagaimana teman-teman kumparan? Apakah teman-teman ada yang sudah mencoba membuat varian Dalgona ini di rumah? Bagi kamu yang sudah, mari berbagi pendapat di kolom komentar dan bagi kamu yang belum, segera tuntaskan rasa penasaranmu karena alat dan bahannya mudah ditemukan dan bagi kamu yang tidak menggunakan mixer bisa menggunakan sendok/garpu, namun membutuhkan effort tenaga yang lebih dan mungkin durasi yang lebih lama. Produk nescafe classic menjadi rekomendasi karena selain menggunakan produk kopi instant ini, jika tanpa menggunakan whip cream maka adonannya tidak bisa mengembang. Jadi untuk teman-teman kumparan, semangat mencoba! Tetap jaga diri dan kesehatan, dan mari tetap stay creative! Salam, Kuliner Kota Pontianak.
ADVERTISEMENT