kumparan
19 Juli 2019 11:59

Yuk, Berburu Kuliner Halal di Gang Waru, Pontianak

IMG_2616.JPG
Salah satu plang di 'Gang Waru', rumah makan halal yang populer di Jalan WR Supratman.
"Halal atau tidak, ya?"
Begitulah kira-kira pertanyaan yang sering muncul saat berada di kawasan yang menjual atau menyediakan banyak pilihan makanan, seperti foodcourt, street food, atau saat traveling ke daerah tertentu. Tak terkecuali di Jalan WR Supratman Kota Pontianak atau yang akrab disebut ‘Gang Waru’.
ADVERTISEMENT
Nama jalan itu disebut 'gang' lantaran di kiri dan kanan Jalan WR Supratman terdapat sebuah gang yang diberi nama Gang Waru 1, 2, 3, dan seterusnya, sehingga warga lokal pun ikut menyebutnya dengan nama jalan ‘Gang Waru’.
Kawasan ini memiliki banyak penjual makanan, terutama di pagi hingga siang hari. Beberapa tempat bahkan ada yang berjualan hingga malam hari.
Berikut 5 rekomendasi makanan halal versi kulinerkotapontianak untuk teman-teman kumparan, let’s go!
  1. Bubur Ikan AHIAN
IMG_2712.JPG
Satu Porsi Sup Ikan Napoleon yang siap disantap dengan semangkuk nasi putih hangat. Gambar diambil oleh @kulinerkotapontianak
Restoran ini telah buka sejak tahun 1983 dan menjadi langganan banyak pencinta bubur ikan. Lokasinya mudah ditemukan karena terdapat plang besar dan kalau pun ingin bertanya, dipastikan hampir semua orang sekitar Gang Waru dapat menunjukkan letak tempat rumah makan ini.
ADVERTISEMENT
Bahkan saking populernya, Bubur Ikan AHIAN disebut-sebut sebagai ikon bubur ikan di Pontianak. Hampir selalu tersebut nama tempat ini jika ada yang menanyakan rekomendasi bubur ikan, dan pastinya ini halal.
Satu porsi Bubur Ikan yang aku order ini harganya Rp 38.000, dengan isian ikan napoleon dan ikan kecap, disertakan kuah bening yang gurih dan wangi. Sebenarnya ada jenis ikan lainnya, tapi karena persediaan ikan lainnya, seperti ikan hiu, kakap, dan lainnya sedang habis, maka kami memesan ikan napoleon.
Bubur Ikan di sini lebih seperti sup ikan yang dicampurkan ke dalam nasi putih, tapi kami memilih menikmatinya dengan mangkuk terpisah. Ya benar, kami meminta bubur ikan disajikan dengan 1 mangkuk sup ikan dan 1 mangkuk nasi putih.
IMG_2727.JPG
Kecap asin dan irisan cabe rawit yang biasa disebut saus racik. Cocolan yang nikmat disantap dengan bubur ikan, asin pedas.
Tidak lupa kami menyiapkan saus cocolan yang diracik sendiri dan telah disediakan di atas meja makan, isinya cabe rawit dan kecap asin. Saus cocolan Pontianak style banget! Hahaha.
ADVERTISEMENT
Ikannya tidak bau amis sama sekali, dengan tekstur yang lembut, berserat, dan kuah kaldu bening yang segar. Apalagi kami juga memasukkan perasan jeruk sambal ke dalamnya, nikmatnya sungguh tak tergambarkan. Hociak!
  1. Bakmie Kepiting Ek Meng
IMG_2619.JPG
Lokasi Bakmie Ek Meng ada di foodcourt WARU, tidak jauh dari Bubur Ikan AHIAN
Lanjut ke Lokasi yang diberi nama “WARU foodcourt” ada penjual bakmi kepiting halal yang teman-teman bisa temukan di sini. Bakmi dengan tekstur kecil dan sedikit keriting menjadi pemandangan yang terlihat jelas ketika disajikan.
Kami memilih Bakmi Kepiting Spesial dengan topping capit kepiting. Capitnya yang cukup besar membuat selera makan kami langsung meroket saat itu juga!
IMG_2739.JPG
Bakmi Kepiting halal Spesial dengan Capit Kepiting di Bakmi Ek Meng
Selain capit kepiting, topping dari bakmi spesial ini juga terdapat bakso ikan, udang rebus, udang goreng dibalut tepung, daging ayam kecap, dan hekeng. Bakmi Ek Meng ini memiliki tipe rasa asin dan gurih.
ADVERTISEMENT
Bagi aku yang senang dengan sensasi asam saat menyantap bakmi, aku memasukkan cuka sambil diaduk agar tercampur sempurna. Seporsi Bakmi Kepiting Halal ini dihargai nya Rp 50.000.
  1. Pecel Mie Selade Akhiang
IMG_2831.JPG
Pecal Mie Selade terfavorit yang ada di Gang Waru. Halal dan porsinya bikin kenyang.
Bersebelahan dengan FoodCourt WARU, teman-teman kumparan dapat menemukan gerobak biru yang berjualan mulai jam 09.30 WIB hingga menu yang dijual habis. Pecal Mie Akhiang sudah belasan tahun lebih pemiliknya berjualan di Gang Waru.
IMG_2897.JPG
Pecel Selade Komplit, dengan mi kuning, bihun dan isian sayur fresh yang disiram dengan bumbu kacang.
Aku sendiri sering makan siang dengan pecel mi yang dijual di sini. Porsinya cukup mengenyangkan dengan isian mi kuning, bihun, daun ubi singkong rebus, taoge, jantung pisang, kacang panjang, tahu, kentang, dan kemudian disiram dengan saus kacang. Keripik emping yang dilumuri dengan petis juga menghiasi seporsi Pecel Mi halal yang seharga Rp 18.000 ini. Enak banget Pecel Mi-nya, serius aku sangat suka.
ADVERTISEMENT
Oh iya, Pecel Mi Akhiang ini berjualan dari Selasa hingga Sabtu saja, ya, teman-teman. Di Minggu dan Senin mereka libur alias tidak berjualan.
  1. Nasi Cap Chai Eddy
IMG_2853.JPG
Posisi Nasi Cap Chai Seafood Eddy terletak di sebelah kiri dari FOODIES Foodcourt
Ada dua rekomendasi penjual makanan halal di Foodcourt Gang Waru yang diberi nama FoodCourt FOODIES, salah satunya adalah Nasi Cap Chai Eddy. Ada banyak sekali varian menu yang dapat kita order dan tersedia juga aneka masakan seafood segar yang dapat kita pesan sesuai jenis masakan yang kita inginkan.
Aku memilih memesan nasi cap chai seafood di siang hari. Seporsi nasi cap chai ini memiliki topping yang beragam. Seperti daging ayam, cumi, udang, bakso ikan, sayuran hijau, wortel, brokoli, dan tomat.
IMG_2904.JPG
Bermodalkan uang Rp 23.000, kamu bisa makan sedap dan bahagia dengan menyicipi nasi cap chai dari seafood Eddy
Nasi cap chai ini bisa disajikan terpisah dengan nasi putih. Tapi aku pribadi lebih senang dengan sajian yang dicampurkan langsung di atas nasi putih. Ini cara terbaikku menikmati sepiring nasi cap chai seafood di sini.
ADVERTISEMENT
Siraman kuah kental dari masakan cap chai seafood-nya membuatku mengulur-ulur waktu dengan meniupnya sembari melahap pelan-pelan karena menu ini disajikan panas. Dan memang cara terbaiknya adalah dilahap saat sedang panas, atau lebih tepatnya saat hidangan baru selesai dimasak. Satu porsi nasi cap chai seafood ini dijual dengan harga Rp 23.000.
  1. Bakso Ikan Ahuat
IMG_2854.JPG
Bakso Ikan Ahuat di FOODIES foodcourt.
Bakso Ikan Ahuat ini termasuk dalam satu rekomendasi makanan halal yang dapat teman-teman temui di FoodCourt FOODIES Gang Waru. Posisinya tepat berseberangan dengan Nasi Cap Chai Eddy.
Aku memesan Bakso Ikan Komplit plus Bihun seharga Rp 25.000 dan isiannya beneran komplet. Ada bakso ikan polos, brokoli, tahu isi, cabe besar, sawi keriting, kacang kedelai, taburan bawang putih cincang, daun sup, dan kuah kaldu bening.
IMG_2912.JPG
Bakso Ikan Komplit dengan tambahan Bihun
Satu porsi bakso ikan komplet ini membuat selera makanku terpenuhi. Selain ukuran porsinya yang ‘aku banget’, bau amis ikan juga tidak tercium, Tentu saja ini membuat aku menikmati hidangan ini dengan penuh semangat. Teman-teman juga dapat memesan bakso tambahan terpisah sesuai yang teman-teman inginkan.
ADVERTISEMENT
Inilah lima rekomendasi makanan halal yang dapat teman-teman kumparan temukan di sepanjang Gang Waru atau Jalan WR. Supratman di Pontianak. Kelima daftar ini adalah rekomendasi pribadi yang biasa kulinerkotapontianak rekomendasikan ke teman-teman warga lokal dan sekaligus bagi teman yang datang dari luar daerah. So far so good, no complaint dan so satisfying.
Sampai ketemu di rekomendasi makanan halal nan enak berikutnya ya teman-teman. Stay awesome, stay hungry, stay with kulinerkotapontianak. Salam!
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan