kumparan Event Calendar | November 2021

5 November 2021 20:53 WIB
·
waktu baca 9 menit
comment
9
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
kumparan Event Calendar November 2021. Foto: kumparan
zoom-in-whitePerbesar
kumparan Event Calendar November 2021. Foto: kumparan
ADVERTISEMENT
Tahun 2021 sudah memasuki November. Setiap bulan ke-11 di kalender Masehi ini, Indonesia memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November. Pada tanggal tersebut 76 tahun lalu, terjadi pertempuran besar pascakemerdekaan yang dikenal sebagai Pertempuran Surabaya. Para pejuang bersama rakyat Surabaya bertempur melawan tentara Inggris. Sekitar 6 ribu rakyat Indonesia gugur dalam pertempuran, sehingga Presiden Soekarno pun menetapkan Pertempuran Surabaya 10 November 1945 menjadi Hari Pahlawan sebagai pengingat perjuangan serta kegigihan yang dilakukan para pejuang bangsa pada saat itu.
ADVERTISEMENT
Agar tetap bersemangat seperti halnya para pahlawan kita, kumparan mempersembahkan berbagai rangkaian acara yang menarik untuk disimak sepanjang November 2021. Mari simak program November selengkapnya di sini.
Calendar Event November 2021. Foto: kumparan
IG Live kumparan Bersama Tissa Biani Topik: Seputar Soundtrack Atas Nama Cinta Hari/Tanggal: Senin, 1 November 2021 Pukul 15.00 WIB
Ringkasan Acara: Apakah pernah tahu sinetron pada 2000-an yang diperankan Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu bernama Cinta Fitri? Sinetron itu tayang sejak 2007 hingga 2011 di layar televisi. Pada 2021, sinetron itu dibuat ulang yang diperankan oleh Tissa Biani dan Rizky Nazar dan mulai tayang pada 27 Oktober 2021 di dua saluran berbayar di Indonesia.
Kali ini, kumparan ingin mengobrol bersama Tissa Biani untuk membahas seputar lagu sinetron tersebut, Atas Nama Cinta, yang dinyanyikan kembali oleh Tissa Biani. Obrolan kumparan dengan Tissa Biani bisa kamu saksikan langsung di Instagram Live @kumparancom pada Senin (1/11) pukul 15.00 WIB. Untuk informasi lengkapnya dapat dilihat di sini. Live Corona Update Topik: Hal Penting Sebelum Anak 6-11 Tahun Hari/Tanggal: Jumat, 5 November 2021 Pukul 15.00 WIB
ADVERTISEMENT
Ringkasan acara:
BPOM telah mengizinkan vaksin Sinovac disuntikkan kepada anak usia 6-11 tahun. Vaksin tersebut sudah teruji aman untuk anak-anak di bawah 12 tahun. Tentu izin BPOM berdasarkan rekomendasi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) yang melalui beberapa pertimbangan, mulai dari adanya kasus anak terinfeksi corona per 1 November 2021 sebanyak 13 persen, dimulainya pembelajaran tatap muka, hingga kemungkinan anak-anak bisa menularkan ke orang lain.
Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan kepada kumparan pemberian vaksin kepada anak usia 6-11 tahun akan dilakukan pada 2022. Nah, apa saja yang perlu diperhatian ketika memberikan vaksin corona kepada anak? Kumparan akan membahasnya dengan dokter spesialis anak dr Vicka Farah Diba di Live Corona Update bertajuk ‘Hal Penting Sebelum Anak 6-11 Tahun Divaksin’ yang tayang di YouTube kumparan pada Jumat (5/11). Untuk tayangannya bisa kamu lihat langsung di sini.
ADVERTISEMENT
Live Corona Update Topik: Prosedur Nonton Pertandingan Bola di Stadion Hari/Tanggal: Sabtu, 6 November 2021 Pukul 15.00 WIB
Ringkasan Acara: Pemerintah memberi izin Liga 1 untuk melaksanakan uji coba dengan disaksikan langsung oleh penonton di stadion. Namun, jumlah dibatasi dan terdapat aturan yang mesti dipatuhi. Ketentuan yang mesti dipatuhi jumlah penonton maksimal 25 persen dari kapasitas stadion dan hanya penonton berkategori hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk stadion.
Namun di balik pemberian izin menonton bola oleh pemerintah tersebut, masih banyak pertanyaan di benak penonton atau fans klub liga. kumparan berdiskusi langsung oleh Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, di Live Corona Update bertajuk ‘Prosedur Nonton Pertandingan Bola di Stadion’ yang tayang di YouTube kumparan pada Sabtu (6/11). Tautannya bisa kamu klik langsung di sini.
ADVERTISEMENT
Master Class, Live Zoom Topik: #kumparantemanUMKM Hari/Tanggal: Senin-Jumat, 8-12 November 2021
Ringkasan Acara: Setelah sukses menyelenggarakan Festival UMKM pada 26-28 Oktober lalu, kumparan melanjutkan berbagi ilmu dan belajar seputar dunia UMKM melalui Master Class. Program yang menjadi bagian dari Festival UMKM kumparan ini merupakan pelatihan intensif selama lima hari untuk para pelaku UMKM bertujuan untuk mengembangkan wawasan dan meningkatkan kemampuan dalam mengelola bisnis agar usahanya lebih berkembang.
Berkolaborasi dengan berbagai mitra pembinaan, di antaranya BRI, Kementerian Koperasi dan UKM, dan Blibli, Master Class diharapkan menjadi jawaban atas tantangan yang dihadapi pelaku UMKM untuk berkontribusi lebih besar terhadap roda perekonomian Indonesia. Nah, Master Class berlangsung pada 8-12 November 2021 dengan tema dan pembicara sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
8 November 2021
Pukul 13.00-14.00 WIB ‘Solusi Pendanaan UMKM’ Pembicara: Supari, Direktur Bisnis Mikro BRI
9 November 2021
Pukul 11.00-11.30 WIB ‘Masa Depan UKM Indonesia’ Pembicara: Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM
Pukul 11.30-12.30 WIB ‘Promosi Produk Melalui Pemasaran Digital & Soft Selling’ Pembicara: Mahatmanara M. Sophiaan, Content Marketing Manager kumparan
10 November 2021 Pukul 13.00-14.30 WIB ‘Teknik Fotografi Produk di Ecommerce’ Pembicara: 1. Jonathan Kho, Founder Ceritaombotak & Pemilik Brand Payung Tabasa 2. George Adrianus, Digital Production Lead Blibli
11 November 2021 Pukul 13.00-14.00 WIB ‘Cara Jitu Mengelola Keuangan UMKM’ Pembicara: Handayani, Direktur Konsumer BRI
12 November 2021 Pukul 13.00-14.30 WIB ‘Kenal Lebih Dekat dengan Ecommerce’ Pembicara: 1. Hendrika Hayu, Blibli Seller University Team 2. Natali, Owner Rollie Bakery
ADVERTISEMENT
Untuk informasi lengkapMaster Class Festival UMKM kumparan, kamu dapat melihatnya langsung di sini.
Live Corona Update Topik: Seluk Beluk Obat Corona Molnupiravir Hari/Tanggal: Jumat, 12 November 2021 Pukul 15.00 WIB
Ringkasan Acara: Pemerintah bakal mendatangkan sekitar 1 juta tablet Molnupiravir buatan perusahaan farmasi Amerika Serikat, Merck & Co., pada Desember mendatang. Obat ini dipercaya ampuh menangani COVID-19, terutama bagi pasien yang masih bergejala ringan hingga sedang dengan saturasi sekitar 95 persen.
Apakah Molnupiravir benar-benar efektif? Benarkah obat tersebut dapat menjadi game changer dalam penanganan pandemi COVID-19? kumparan membahas mengenai Molnupiravir bersama Guru Besar Farmasi UGM, Prof. Dr. apt. Zullies Ikawati, pada Live Corona Update bertajuk ‘Seluk Beluk Obat Corona Molnupiravir’ pada Jumat (12/11). Kamu dapat menyaksikannya di YouTube kumparan melalui tautan berikut ini.
ADVERTISEMENT
Live Corona Update Hari/Tanggal: Jumat, 19 November 2021 Topik: Jangan Sembrono saat Staycation Pukul 15.00 WIB
Ringkasan Acara: Staycation di masa pandemi COVID-19 dianggap menjadi pilihan terbaik bagi masyarakat yang ingin pergi berlibur namun bisa mengatasi pergerakannya dengan terbatas dan cenderung tak bertemu banyak orang. Liburan di tempat penginapan pun menjadi semakin diminati karena menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2022.
Bagaimana supaya momen liburan tetap aman, lancar, dan selalu menjaga protokol kesehatan? kumparan mengobrol langsung dengan Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas COVID-19 Harry B. Harmadi dan travel blogger Ashari Yudha Pratama di Live Corona Update bertajuk ‘Jangan Sembrono Saat Staycation’ pada Jumat (18/11) pukul 15.00 WIB. Kamu bisa menyaksikannya langsung dari YouTube kumparan di tautan ini.
ADVERTISEMENT
kumparan IG Live Talkshow Bersama Termorex Hari/tanggal: Selasa, 23 November 2021 Topik: Jurus Jitu Atasi Demam Si Kecil di Musim Penghujan Pukul 17.00 WIB
Ringkasan acara: Memasuki musim penghujan, keluarga mesti bersiap untuk terus menjaga kesehatan tubuh karena suhu udara relatif rendah sehingga membuat bakteri dan virus lebih mudah berkembang biak. Jika bakteri atau virus menyerang si kecil, para ibu tidak perlu panik. Ini menandakan sistem kekebalan tubuh sedang melawan infeksi atau penyakit.
Nah, untuk mengetahui cara tepat mengatasi hal ini, kumparan bersama dengan dr. Dimple Gobind Nagrani, Sp.A akan membahasnya dalam talkshow bertajuk ‘Jurus Jitu Atasi Demam Si Kecil di Musim Penghujan’ yang tayang di Live Instagram kumparan pada Selasa (23/11). Untuk melihat tayangannya, dapat langsung klik tautan di sini.
ADVERTISEMENT
IG Live Bareng Kamidia Radisti & Erwin Parengkuan Hari/Tanggal: Rabu, 24 November 2021 Topik: Seputar Tips dan Trik Kuasai Public Speaking Pukul 17.00 WIB Ringkasan acara: Ketika berada dalam situasi yang mengharuskan berbicara di depan banyak orang, tak jarang orang merasa grogi, bahkan menjadi salah tingkah. Kondisi seperti ini sering disebut demam panggung.
Supaya paham mengenai public speaking yang baik, kumparan membahas tuntas bersama @talkincorps yang menghadiri Erwin Parengkuan dan Kamidia Radisti di Live Instagram kumparan bertajuk ‘Seputar Tips dan Trik Kuasai Public Speaking’, Rabu (24/11). Tayangannya bisa langsung kamu tonton di sini ya.
Kelas Cerdas Bersama Morula Hari/Tanggal: Kamis, 25 November 2021 Topik: Cepat Hamil Setelah Menikah, Harus Bagaimana? Pukul 16.00 WIB Ringkasan acara:
ADVERTISEMENT
Ketika sudah menikah, pasangan suami istri banyak yang menginginkan segera mendapatkan anak. Namun menurut data Kemenkes dalam Profil Kesehatan Indonesia 2021, dari 67 juta pasangan usia subur, 10-15 persen atau sekitar 8 juta mengalami gangguan kesuburan atau infertilitas.
Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah kesuburan itu? Apa yang perlu dilakukan agar cepat hamil setelah menikah? kumparan membahas tuntas bersama Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Morula IVF Jakarta, dr. Merry Amelya P.S., SpOG. pada Live Instagram @kumparanmom bertajuk ‘Cepat Hamil Setelah Menikah, Harus Bagaimana?’ pada Kamis (25/11). Tonton langsung tayangannya di sini ya.
kumparanWoman Sister of Soul Hari/Tanggal: Kamis, 25 November 2021 Topik: Berani Speak Up Soal Kekerasan Terhadap Perempuan Pukul 18.30 WIB Ringkasan acara: Dalam rangka merayakan 16 Hari Kampanye Anti Kekerasan terhadap Perempuan, kumparanWOMAN membahas topik mendalam bertajuk ‘Berani Bicara soal Kekerasan terhadap Perempuan’.
ADVERTISEMENT
kumparanWOMAN akan mengupas tuntas bersama Penulis & Gender Equality Campaigner, Kalis Mardiasih, dalam acara Sister of Soul (SOS) pada Kamis (25/11). Tayangannya bisa kamu tonton langsung melalui tautan ini. Live Corona Update Hari/Tanggal: Jumat, 26 November 2021 Topik: Lebih Jelas soal PPKM Level 3 Se-Indonesia Pukul 15.00 WIB Ringkasan acara: Pemerintah akan memberlakukan PPKM Level 3 pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 serentak di seluruh Indonesia. Hal ini untuk mencegah gelombang ketiga virus corona pada momen libur Natal dan Tahun Baru mendatang. Sejumlah aturan diterapkan: pegawai dilarang cuti, siswa tak boleh diliburkan secara khusus, masyarakat boleh bepergian ke luar kota bila ada kepentingan mendesak, serta aturan antigen atau PCR masih berlaku.
ADVERTISEMENT
Lalu bagaimana pemerintah memantaunya? Kumparan bersama Direktur Jenderal Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri Safrizal ZA membahas lengkap dalam Live Corona Update bertajuk ‘Lebih Jelas soal PPKM Level se-Indonesia’ pada Jumat (26/11) yang tayang di Youtube kumparan. Kamu bisa langsung menontonnya di tautan berikut ini.
kumparan Talkshow Bersama AIA Insurance Topik: Cek Kesehatan Bikin Tenang, Bukan Tegang Hari/tanggal: Jumat, 26 November 2021 Pukul 17.00 WIB
Ringkasan acara: Selama pandemi COVID-19, kita menjadi terbiasa melakukan satu kegiatan: swab test. Ini diperlukan sebagai langkah awal identifikasi penularan COVID-19. Apakah swab test kemudian menjadi barometer kondisi kesehatan kita pada saat itu?
kumparan mengupasnya langsung bersama Head of AIA Vitality AIA Indonesia, Jong Wie Siu, dan dari Prodia, dr. Muhammad Syah Abdaly, SPPD, pada acara Obrolin Aja bertajuk ‘Cek Kesehatan Bikin Tenang, Bukan Tegang’ di Youtube kumparan pada Jumat (26/11). Informasi selengkapnya bisa langsung cek di sini.
ADVERTISEMENT
kumparan Kelas Investasi Hari/Tanggal: Jumat, 26 November 2021 Topik: Berburu Cuan Modal Rp 100 Ribu, Bisa Investasi Apa? Pukul 19.00 WIB Ringkasan acara: Sekarang, banyak cara mencari cuan. Hanya bermodal Rp 100 ribu saja, kita sekarang sudah bisa memulai berinvestasi dan meraih cuan dari itu. Produk investasi apa saja yang bisa dijangkau dengan modal Rp 100 ribu? Sebut saja reksa dana, menabung emas, uang kripto, dan produk lainnya.
kumparan akan membahasnya langsung bersama mentor finansial, Agus Helly, di Kelas Investasi yang akan live di akun Instagram dan TikTok kumparan pada Jumat (26/11) pukul 19.00 WIB. Untuk informasi lengkapnya, dapat klik tautan ini.
kumparan IG Live Talkshow Bersama Milkuat Hari/Tanggal: Selasa, 30 November 2021 Topik: Pentingnya Jaga Asupan Nutrisi si Kecil Agar Tetap Aktif & Berenergi Pukul 16.00 WIB
ADVERTISEMENT
----------------------
Artikel akan di-update secara berkala. Simak informasi ter-update program kumparan di kumparan Event Calendar | November 2021.