6 Perusahaan Indonesia Masuk Daftar Terbaik Dunia Versi Forbes, Mayoritas BUMN

10 Agustus 2020 13:25
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
6 Perusahaan Indonesia Masuk Daftar Terbaik Dunia Versi Forbes, Mayoritas BUMN (25554)
zoom-in-whitePerbesar
Kinerja perusahaan publik seperti terpantau di bursa saham menjadi parameter Forbes menetukan perusahaan terbaik. Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
ADVERTISEMENT
Enam perusahaan Indonesia masuk ke dalam daftar terbaik dunia versi Forbes yang disebut 'Global 2000: The World's Largest Public Companies' untuk tahun 2020. Dari enam perusahaan Indonesia yang masuk daftar bergengsi itu, empat di antaranya adalah BUMN.
ADVERTISEMENT
Forbes menyebut daftar kali ini dirilis di tengah dampak pandemi virus corona COVID-19. Sehingga tak mengherankan banyak perusahaan mengalami penurunan kinerja cukup dalam.
"Untuk ke-18 kali, Forbes merilis 2.000 perusahaan publik terbesar di dunia. Daftar kali ini menggambarkan betapa besarnya dampak lockdown secara global dan ini menjadi peringatan buat kita bahwa ke depan masalahnya bisa semakin besar," tulis Forbes dikutip kumparan, Senin (10/8).
Untuk mengukur kinerja perusahaan, Forbes menggunakan sejumlah indikator. Yakni sales, profit, aset, dan market value. Semua indikator kinerja perusahaan yang digunakan berdasarkan data kuartal I 2020.
6 Perusahaan Indonesia Masuk Daftar Terbaik Dunia Versi Forbes, Mayoritas BUMN (25555)
zoom-in-whitePerbesar
Perusahaan Indonesia yang masuk daftar terbaik dunia 2020 versi Forbes. Foto: Dok. Forbes
Perusahaan Indonesia yang masuk 'Global 2000: The World's Largest Public Companies' untuk tahun ini tak berubah dibandingkan 2019 lalu. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau Bank BRI masih yang teratas, sementara posisi Bank Mandiri yang pada 2019 di posisi kedua tergeser oleh Bank BCA.
ADVERTISEMENT
Di posisi selanjutnya, urutan perusahaan-nya masih sama seperti tahun 2019 lalu dan didominasi BUMN. Yakni Telkom Indonesia, diikuti Bank BNI, dan Gudang Garam di posisi keenam.