Bisnis
·
3 September 2020 8:23

8 Kata-kata Motivasi Paling Super dari Pendiri Tokopedia, William Tanuwijaya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
8 Kata-kata Motivasi Paling Super dari Pendiri Tokopedia, William Tanuwijaya (94513)
CEO dan Co-Founder Tokopedia, William Tanuwijaya. Foto: Tokopedia
Pendiri Tokopedia, William Tanuwijaya, lahir dari keluarga biasa-biasa saja di Pematangsiantar, Sumatera Utara. Dia merantau ke Jakarta pada 1999. Ini menjadi pengalaman pertamanya menginjakkan kaki di tanah Jawa, setelah menempuh perjalanan empat hari tiga malam dengan kapal laut dari Pelabuhan Belawan Medan.
ADVERTISEMENT
Dia dikirim keluarganya untuk menempuh pendidikan lebih tinggi di bangku kuliah. Di awal masa kuliah, ayah William Tanuwijaya jatuh sakit. Hal ini membuat kiriman uang dari kampung halaman seret, hingga dia harus nyambi bekerja sebagai penjaga warnet di malam hari dan berkuliah di siang hari.
Ditempa berbagai kesusahan menjadikan William Tanuwijaya sosok yang tangguh. Setelah berpindah-pindah kerja, dia mendirikan Tokopedia bersama kawannya, Leontinus Alpha Edison. Kini Tokopedia menjadi marketplace terkemuka dan jadi bagian dari ekosistem startup global, setelah menerima pendanaan dari lembaga sekelas SoftBank dan Sequoia.
Ada banyak kutipan kata-kata motivasi dari William Tanuwijaya, sepanjang perjalanan hidupnya hingga sukses membangun Tokopedia. Berikut 10 di antaranya:
  • Masa lalu tidak dapat diubah, masa depan ada di tangan sendiri.
  • Kita adalah generasi paling beruntung sepanjang masa. Di generasi internet, siapa pun punya kesempatan yang sama, melawan status quo, menghadapi segala ketidakmungkinan, bertahan, dan menjadi pemenang.
ADVERTISEMENT
Bermimpilah dengan mata terbuka. Jika apa yang kamu impikan, pikirkan, ucapkan, dan lakukan dengan konsisten, tiada mimpi yang terlalu tinggi untuk digapai.
William Tanuwijaya, Pendiri Tokopedia
8 Kata-kata Motivasi Paling Super dari Pendiri Tokopedia, William Tanuwijaya (94514)
Perusahaan e-commerce Tokopedia. Foto: Jofie Yordan/kumparan
  • Kami percaya kami hanya dapat berhasil dengan cara membantu orang lain menjadi lebih berhasil. Oleh sebab itu, marketplace ini (Tokopedia) adalah model bisnis paling indah di dunia.
  • Saatnya bagi kita semua berhenti menemukan banyak alasan untuk tidak bisa. Sekarang saatnya kita menemukan satu alasan untuk bisa.
  • Tokopedia adalah bisnis kepercayaan. Dalam membangun kepercayaan, kami membangun Tokopedia layaknya membangun sebuah kota, di mana setiap hari kami berusaha meruntuhkan tembok-tembok penghalang dan berusaha membangun jembatan penghubung.
  • Setiap Nakama harus memiliki ketulusan untuk berbagi seperti seorang guru, rendah hati dan rasa ingin tahu untuk terus belajar seperti seorang murid.
  • Ketika kami memulai Tokopedia 10 tahun lalu, kami seperti melihat ujung gunung yang jauh sekali dan kami berjanji untuk mendakinya. Hari ini kami akhirnya berada di kaki gunung itu dan memiliki alat untuk mendaki gunung, bersama-sama dengan lebih dari 4.900 Nakama.
ADVERTISEMENT