Ada 440 Ribu Alumni Kartu Prakerja di Aceh, Diharapkan Buka Lapangan Kerja

25 November 2022 13:06
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
PMO Kartu Prakerja menggelar temu alumni bagi sebanyak 440 ribuan penerima program tersebut di Aceh. Foto: Zuhri Noviandi/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
PMO Kartu Prakerja menggelar temu alumni bagi sebanyak 440 ribuan penerima program tersebut di Aceh. Foto: Zuhri Noviandi/kumparan
ADVERTISEMENT
Sebanyak 440 ribu masyarakat Aceh telah menerima manfaat dari program Kartu Prakerja dengan total dana insentif yang sudah disalurkan mencapai Rp 972 miliar. Bukan justru menjadi pencari kerja, mereka diharapkan dapat membuka lapangan kerja.
ADVERTISEMENT
Harapan itu diungkapkan Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Achmad Marzuki. Dia mendorong agar para alumni bisa mengembangkan bakat dari pelatihan yang telah diikuti, untuk membuka lapangan kerja sendiri.
“Mudah-mudahan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Aceh di tengah situasi sedang inflasi seperti ini,” kata Achmad Marzuki, saat menjadi panelis pembicara utama dalam acara Kartu Prakerja Fest-Mini Temu Raya Aceh, di gedung Amel Convention Hall Banda Aceh, Rabu (23/11).
Program Kartu Prakerja dinilai telah membantu angkatan kerja yang sedang mencari kerja, mereka yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), maupun buruh dan karyawan yang ingin meningkatkan kompetensinya dalam berbagai bidang.
Achmad Marzuki juga mendorong, bantuan yang telah diterima saat mengikuti program Kartu Prakerja bisa digunakan sebagai moda usaha. Selain itu, bisa melanjutkan pelatihan kembali untuk untuk mengembangkan bakat.
Penjabat (PJ) Gubernur Aceh, Achmad Marzuki. Foto: Zuhri Noviandi/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Penjabat (PJ) Gubernur Aceh, Achmad Marzuki. Foto: Zuhri Noviandi/kumparan
“Pelatihan ini bisa diteruskan untuk mencari mengembangkan kemampuan sesuai dengan keahlian masing-masing,” ujarnya.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Dari sebanyak sekitar seribu keterampilan yang ada di Kartu Prakerja, Achmad Marzuki meminta pemuda Aceh bisa memanfaatkan peluang tersebut.
“Saya berharap semua masyarakat bisa mengaksesnya. Karena dengan kegiatan ini kita juga bisa mengembangkan kemampuan sesuai potensi wilayah masing-masing,” imbuhnya.
“Justru dengan banyak pilihan yang ada, sebenarnya peserta yang mengikuti pelatihan bisa mengembangkan dirinya apa cocok dengannya. Di situlah mereka bisa survive berusaha mencari peluang untuk bisa membuka peluang usaha sendiri, tugas Pemerintah sekarang mendukung kegiatan yang dilakukan masyarakat dalam berwirausaha apa pun,” tambahnya.
Berdasarkan statistik Program Kartu Prakerja Tahun 2020 – 2022 jumlah penerima efektif di Aceh untuk batch 1-47 sebanyak 440.287. Berikut Rinciannya:
Dari jumlah pendaftar tersebut, pelatihan Kartu Prakerja yang paling banyak diminati yaitu penjualan dan pemasaran (strategi pemasaran dan penjualan, membuat konten pemasaran di sosial media, sukses berbisnis online), gaya hidup (teknik tata rias, belajar merancang busana, belajar merias diri).
ADVERTISEMENT
Selain itu, penerima Kartu Prakerja di Aceh, juga meminati pelatihan bidang makanan dan minuman (mengolah makanan sehat, mengelola usaha warung, membuat aneka roti), manajemen (membangun usaha rintisan (start-up), menentukan dan mendirikan badan usaha, teknik wawancara bagi unit SDM) dan teknik (teknisi listrik, teknisi sistem perangkat keras, dan teknik menggunakan software editing).