AFPI dan TékenAja! Kerja Sama Penyediaan Tanda Tangan Digital dan e-Meterai

28 April 2022 16:27
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
AFPI dan TékenAja! Kerja Sama Penyediaan Tanda Tangan Digital dan e-Meterai (1051)
zoom-in-whitePerbesar
AFPI meneken kerja sama dengan TekenAja. Foto: AFPI
ADVERTISEMENT
Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) resmi menggandeng TékenAja! dalam penyediaan tanda tangan digital dan e-meterai, bagi perusahaan fintech pendanaan bersama. Kerja sama ini dilakukan dengan tujuan mendukung transaksi jasa keuangan elektronik, menjadi semakin aman dan tepercaya.
ADVERTISEMENT
Menurut AFPI, langkah tersebut diharapkan bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan jasa keuangan Fintech. Seperti diketahui, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berupaya memerangi fintech ilegal melakukan kurasi yang cukup ketat terhadap jasa penyedia keuangan digital.
Hingga bulan Maret 2022, OJK mengumumkan hanya 102 lembaga Fintech resmi yang tercatat pada OJK. Kerja sama AFPI dengan TékenAja! dimaksudkan untuk meningkatkan keamanan transaksi fintech yang aman, nyaman dan efisien.
Perkembangan fintech di Indonesia sendiri, dari tahun ke tahun semakin meningkat. Dilansir dari OJK, penyaluran fintech pendanaan mencapai Rp 13,78 Triliun per Januari 2022. Angka ini meningkat 46,90 persen dibandingkan pada periode yang sama di tahun 2021.
Direktur Eksekutif AFPI, Kuseryansyah menyambut baik kerja sama dengan TékenAja! Apalagi dengan kondisi saat ini di mana potensi penipuan sedang marak di industri fintech yang mendorong berkurangnya kepercayaan konsumen.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
AFPI dan TékenAja! Kerja Sama Penyediaan Tanda Tangan Digital dan e-Meterai (1052)
zoom-in-whitePerbesar
AFPI meneken kerja sama dengan TekenAja. Foto: AFPI
"Kami berharap dengan mengimplementasikan tanda tangan elektronik dan e-meterai dari TékenAja! perusahaan-perusahaan fintech yang terdaftar di AFPI dapat memberikan konsumen rasa aman dan nyaman sehingga dapat lebih berkembang dan menjangkau pasar yang lebih luas lagi," katanya melalui keterangan resmi, Kamis (28/4).
TékenAja! adalah perusahaan rintisan di bawah naungan GDP Venture yang menyediakan layanan tanda tangan digital pertama di Indonesia dengan status ‘Berinduk’ ke Kementerian Komunikasi dan Informasi.
Direktur TékenAja! Benny Sudrata mengungkapkan, “Berkolaborasi dengan AFPI, merupakan salah satu solusi dari kami agar industri fintech dapat terus berkembang dan dipercaya oleh masyarakat maupun pemerintah Indonesia karena transaksi lebih aman, efisien dan nyaman. Dengan adanya peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap fintech, tentunya inklusi keuangan di Indonesia akan terus meningkat. Inilah yang menjadi tujuan kami”.
ADVERTISEMENT
Sementara Chief Operating Officer TékenAja! Rionald A. Soerjanto, menambahkan, kolaborasi ini menjadi salah satu komitmen dari TékenAja! untuk berkontribusi dalam mewujudkan digitalisasi terutama dalam layanan keuangan elektronik yang aman, nyaman dan efisien.
"Ke depannya, TékenAja! akan terus membantu sektor industri lainnya agar dapat tercipta transaksi yang aman, efisien dan tepercaya," imbuh Rionald.