Bisnis
·
5 Oktober 2020 16:15

Alasan Kimia Farma Gandeng Pertamina Buat Bikin Bahan Baku Paracetamol

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Alasan Kimia Farma Gandeng Pertamina Buat Bikin Bahan Baku Paracetamol (7966)
com-Kimia Farma Foto: Dok. Istimewa
PT Kimia Farma telah menggandeng Pertamina dalam upaya pembuatan atau pengadaan bahan baku paracetamol. Direktur Utama Kimia Farma, Verdi Burdidarmo, mengungkapkan Pertamina dianggap partner yang tepat dalam upaya tersebut.
ADVERTISEMENT
Sebab, kata Verdi, Pertamina memang memiliki akses yang selama ini menjadi kendala khususnya bagi Kimia Farma dalam penyediaan bahan baku paracetamol.
“Kenapa dipilih salah satunya paracetamol ini merupakan rantai dari hulu ke hilirnya. Artinya yang menjadi kendala pengembangan bahan baku obat adalah rantai kimia dasar,” kata Verdi saat rapat bersama Komisi VI yang juga ditayangkan secara virtual, Senin (5/10).
"Nah kebetulan pihak Pertamina memiliki akses dari produksinya yang bisa menghasilkan akses tersebut bisa untuk membuat produk paracetamol,” tambahnya.
Alasan Kimia Farma Gandeng Pertamina Buat Bikin Bahan Baku Paracetamol (7967)
Suasana di Apotek Kimia Farma Pasar Minggu. Foto: Moh Fajri/kumparan
Verdi mengungkapkan impor bahan baku obat di Indonesia cukup besar. Sehingga tidak heran pemerintah gencar memproduksi paracetamol dalam negeri.
“Makanya di Kementerian BUMN bersama-sama dengan Kimia Farma dan Pertamina untuk mengembangkan produksi untuk dari paracetamol,” ujar Verdi.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir berupaya menekan kebutuhan impor obat-obatan. Langkah yang dilakukan dengan rencana membangun pabrik paracetamol.