Bisnis
·
11 September 2018 11:07

Belanja di Stasiun Ini Tidak Perlu Bayar Tunai, Cukup Scan QR Code

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Belanja di Stasiun Ini Tidak Perlu Bayar Tunai, Cukup Scan QR Code (54159)
Papan belanja virtual JD.ID di Stasiun Tebet. (Foto: Ema Fitriyani/kumparan)
Belanja kebutuhan rumah tangga kini tak harus membeli langsung dari toko. Bagi pekerja yang setiap hari ini mesti ke kantor, bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari (groceries) dengan membelinya di stasiun-stasiun terpilih.
ADVERTISEMENT
Caranya, kamu hanya perlu menempelkan QR Code yang ada di smartphone dengan mesin belanja tanpa pramuniaga yang dimiliki JD.ID. Jaringan belanja online JD.com ini baru saja meluncurkan sebuah sensasi belanja hanya menggunakan scan QR Code di stasiun-stasiun di Jabodetabek untuk memanjakan konsumen dalam membeli kebutuhan sehari-hari tanpa tunai (cashless).
President Director JD.ID Zhang Li mengatakan, perusahaannya senantiasa berinovasi untuk memberikan terobosan yang memudahkan para pelanggan kami dalam mengakses dan memenuhi kebutuhan keseharian mereka meski dalam perjalanan. Secara teknologi, kata dia, pihaknya bangga dapat mempelopori cara dan pilihan berbelanja yang berbeda sesuai dengan dinamika masyarakat urban.
“Pelanggan adalah inspirasi kami dalam menjalankan bisnis kami di Indonesia dan kami percaya, dengan JD.ID Virtual, konsep berbelanja yang tak mengenal batas/borderless sesuai dengan semangat dan nilai-nilai perusahaan ini dapat memberikan solusi nyata bagi industri ritel modern sekaligus menjalankan amanah kami untuk memajukan Indonesia (Advancing Indonesia),” kata Li dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Selasa (11/9).
Belanja di Stasiun Ini Tidak Perlu Bayar Tunai, Cukup Scan QR Code (54160)
Belanja kebutuhan di Stasiun kereta pakai QR Code. (Foto: Dok. JD.ID)
Saat ini, sensasi pilihan berbelanja baru ini sudah dapat dicoba di sembilan stasiun kereta utama di seputaran Jabodetabek yang hadir serentak mulai 5 September 2018. Kesembilan stasiun itu adalah Jakarta Kota, Sudirman, Sudimara, Juanda, Gondangdia, Cikini, Tebet, Pasar Minggu, dan Depok Baru. Adapun jenis barang kebutuhan pokok yang dijual seperti Frisian Flag, Teh Botol, Tango, Sari Roti, Gulaku, Beras Sentra Rampos 10 kg, Tisu Nice, Tisu Paseo, Downy, Sunlight, Pepsodent, hingga minyak goreng Sania.
ADVERTISEMENT
Secara teknis, Li bilang di kesembilan lokasi utama tersebut, para pelanggan setia JD.ID maupun konsumen lainnya dapat menemui sejumlah papan banner yang cukup mencolok seolah sedang berada di mini market, berupa rak berisikan produk kebutuhan rumah tangga secara virtual yang bisa langsung dibeli dengan cara memindai kode QR di aplikasi JD.ID ponsel mereka. Seluruh barang yang dibeli akan diproses dan diantar ke alamat yang diinginkan seperti layaknya berbelanja online.
Li juga menuturkan, stasiun kereta menjadi lokasi yang pas untuk JD.ID Virtual karena merupakan lokasi yang penting dalam keseharian masyarakat kita. Menurut Biro Pusat Statistik pada riset tahun 2018 jumlah penumpang KRL Jabodetabek menunjukkan jumlah yang secara konsisten meningkat, tidak pernah kurang dari 24 ribu orang per bulannya.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, mengutip data dari PT Kereta Commuter Indonesia di laman resminya, hingga Juni 2018 rata-rata jumlah pengguna KRL per hari mencapai 1,001,438 pengguna pada hari kerja, dengan rekor jumlah pengguna terbanyak yang dilayani dalam satu hari adalah 1.154.080.