kumparan
search-gray
Bisnis25 Mei 2018 15:25

Berburu Kue Lebaran di Pasar Jatinegara, Berapa Harganya?

Konten Redaksi kumparan
Berburu Kue Lebaran di Pasar Jatinegara, Berapa Harganya? (136770)
Suasana toko Snack di Pasar Mester Jatinegara. (Foto: Selfy Sandra Momongan/kumparan)
Lebaran masih tiga minggu lagi namun toko-toko kue kering di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, sudah terlihat ramai diserbu pembeli. Selain harganya lebih murah karena grosir, pilihannya pun beragam.
ADVERTISEMENT
Salah satu karyawan di Toko Suka Hati mengatakan ada sekitar 130 jenis kue kering yang dijual. Jumlah itu belum termasuk puluhan jenis camilan lainnya.
Kue kering dan camilan tersebut diecer mulai dari seperempat kilogram (kg). Harganya pun beragam. Untuk kue kering, harga dibanderol mulai dari Rp 130 ribu per kg.
“Ada 130 jenis kue kering. Ada yang biasa, ada yang premium. Yang biasa Rp 130 ribu, yang premium Rp 150 ribu. Itu per kilo. Beli seperempat boleh,” ujar seorang karyawan kepada kumparan, Jumat (25/5).
Berburu Kue Lebaran di Pasar Jatinegara, Berapa Harganya? (136771)
Sejumlah jenis Snack di Pasar Mester Jatinegara. (Foto: Selfy Sandra Momongan/kumparan)
Ada pula kue lebaran yang dijual dalam kemasan toples. Menurutnya meski dalam kemasan, harganya tetap sama dengan hitungan kiloan.
Misalnya untuk kue keju spesial, harga dipatok Rp 150 per kg. Namun dengan kemasan toples, satu toples hanya berisi 0,65 kg sehingga harga satu toples Rp 97.500. “Jadi sama aja harganya, free toples. Setiap toples (harganya) beda-beda tergantung jenis kue kering,” ujarnya.
ADVERTISEMENT
Dalam satu toples, berat bersih kue kering tidak selalu sama. Ada kue kering yang ringan, namun ada pula yang berat sehingga dalam satu toples, berat bersih mencapai 1 kg.
Untuk kue kering biasa seharga Rp 130 ribu per kg, terdapat beragam jenis seperti keju, nastar, putri salju, brownies, lidah kucing hingga kue almond. Sedangkan untuk kue kering premium seharga Rp 150 ribu per kg, terdapat beberapa jenis seperti oreo strip, keju spesial, finger cheese, cheese ball, coklat dinamit hingga kue keju kurma.
Berburu Kue Lebaran di Pasar Jatinegara, Berapa Harganya? (136772)
Sejumlah jenis Snack di Pasar Mester Jatinegara. (Foto: Selfy Sandra Momongan/kumparan)
Dina, pemilik toko lain di Pasar Jatinegara, menuturkan cemilan yang dijual beragam. Di tokonya ada puluhan jenis cemilan yang juga dijual per kilogram. Minimal pembelian untuk setiap camilan dipatok seperempat kilogram.
ADVERTISEMENT
“Macam-macam, kalau kayak camilan bantalan keju ini seperempat kilo cuma Rp 10.000. Satu kilonya Rp 40.000, beli banyak nanti ada potongan lagi,” ujar Dina.
Tidak hanya kemasan per seperempat kilogram, Dina juga menyediakan camilan tersebut dalam partai besar. Seperti camilan astor satu kaleng besar hingga berbagai kerupuk ukuran kemasan 5 kg.
“Itu kayak astor satu kaleng besar itu Rp 125 ribu. Ya enggak jauh selisihnya dari kalau beli kiloan,” ujarnya.
Berikut daftar harga aneka camilan di Pasar Mester Jatinegara:
Bantalan keju Rp 40 ribu per kg Kuping gajah Rp 60 ribu per kg Kripik kentang Rp 60 ribu per kg Semprit Rp 80 ribu per kg Kastangel Rp 120 ribu per kg Samosa Rp 65 ribu per kg Sumpia Rp 76 ribu per kg Sagoo keju Rp 105 ribu per kg Kacang Medan Rp 55 ribu per kg Kacang Mede Rp 200 ribu per kg Kacang Thailad Rp 120 ribu per kg
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white