kumparan
20 November 2019 13:42

Desain Ruang Kerja PNS di Ibu Kota Baru Berbentuk Coworking Space

GoWork, Pacific Place
Interior GoWork, Coworking and Office Space di Pacific Place. Foto: Doc. Gowork
Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas akan mendesain ruang kerja PNS berbentuk coworking space. Adapun coworking space merupakan desain ruang kerja yang kerap digunakan startup.
ADVERTISEMENT
Menteri PPN/Kepala Bappenas, ‎Suharso Monoarfa menyebut, ruang kerja berbentuk coworking space itu akan dibangun di gedung perkantoran ibu kota baru. Menurut dia, ruang kerja berdesain baru ini bernama smart office.
"Yang penting kota ke depan bentuknya smart office, tidak hanya dengan bentuk yang sekarang," paparnya dalam Rapat Dengar Pendapat di Komisi V DPR RI, Jakarta, Rabu (20/11).
Dia menjelaskan berdasarkan rencana sementara, coworking space yang akan dibangun berkonsep kantor yang hijau karena banyak tanaman, serta kokoh dan aman lantaran struktur bangunannya baik. Menurutnya, hal ini masih sebatas usulan.
"Jadi saya pastikan generasi sekarang keinginannya terakomodir. Karena kebutuhan generasi Z ini kebutuhannya lain," kata Suharso.
Suharso Monoarfa
Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. Foto: Resya Firmansyah/kumparan
Suharso menambahkan, saat ini terdapat 2 opsi pemindahan kantor pemerintahan. Opsi pertama yakni memindahkan seluruh ditjen kementerian yang berdasarkan perhitungan sementara dihuni 5.404 eselon I dan II.
ADVERTISEMENT
"Kebutuhan ruang kantor opsi pertama ini 1,4 juta meter persegi dengan kebutuhan lahan 35,1 hektare," paparnya.
Sementara opsi kedua ialah memindahkan sebagian ditjen ke Kalimantan Timur. Kriteria ditjen yang dipindahkan ialah yang terkait dengan pertahanan dan keamanan, hubungan diplomatik, serta sektor yang dikembangkan di ibu kota baru.
"Kebutuhan ruang kantor opsi kedua ini 1,09 juta meter persegi ‎dengan kebutuhan lahan 27,3 hektare," jelas Suharso.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan