Dhony Rahajoe Bos Sinar Mas Kedua yang Bergeser ke Pemerintahan di Era Jokowi

10 Maret 2022 13:57
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Dhony Rahajoe Bos Sinar Mas Kedua yang Bergeser ke Pemerintahan di Era Jokowi (103945)
zoom-in-whitePerbesar
Dhony Rahajoe (keempat dari kanan), Managing Director President Office Sinar Mas Land. Foto: Facebook/Sinar Mas Land
ADVERTISEMENT
Dhony Rahajoe akan dilantik Presiden Jokowi sebagai Wakil Kepala Otorita IKN (Ibu Kota Negara) pada Kamis (10/3) sore. Dia akan mendampingi Bambang Susantono yang didapuk sebagai Kepala Otorita IKN.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, hampir sepanjang karier Dhony Rahajoe dihabiskan bersama korporasi swasta yakni Sinar Mas Group. Bermula sebagai staf di Sinar Mas Land yang mengembangkan kawasan kota mandiri BSD City, Dhony Rahajoe kini menjabat Managing Director President Office Sinar Mas.
Alumni teknik arsitektur Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 1984 itu, tak sesumbar soal rencana pelantikan dirinya. Meskipun Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, sudah menyatakan nama Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN dan akan dilantik sore nanti.
"Saya tidak ingin mendahului sebaiknya kita tunggu pengumuman resminya ya," katanya kepada kumparan, Kamis (10/3) pagi.
Dhony Rahajoe Bos Sinar Mas Kedua yang Bergeser ke Pemerintahan di Era Jokowi (103946)
zoom-in-whitePerbesar
Dhony Rahajoe (Kedua dari kiri) mendampingi Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dan Pansus RUU IKN DPR RI dalam kunjungan kerja ke Kota Mandiri BSD City, Minggu (16/1/2022). Foto: Bappenas/HO ANTARA
Tenaga Ahli Utama KSP, Wandy Tuturroong menjelaskan salah satu alasan Jokowi memilih Dhony karena pengalamannya dalam mengembangkan kawasan kota mandiri BSD City.
ADVERTISEMENT
"Pak Dhony kita lihat BSD-nya ya, karena kan BSD itu kan kota Satelit paling sukses kalau bisa dibilang. Saya ndak tahu ada enggak sesukses BSD," kata Wandy.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Pansus DPR yang membidangi UU IKN beserta Menteri PPN/Kepala Bappenas, Soeharso Monoarfa, menjadikan BSD City sebagai salah satu referensi pengembangan IKN. Mereka sempat melakukan studi banding ke BSD City pada Januari 2022 lalu.
Dhony Rahajoe Bos Sinar Mas Kedua yang Bergeser ke Pemerintahan di Era Jokowi (103947)
zoom-in-whitePerbesar
Managing Director Sinar Mas, Gandi Sulistiyanto yang sejak November 2021 bertugas sebagai Dubes RI di Korsel. Foto: Abil Achmad Akbar/kumparan
Jika sudah resmi dilantik, Dhony Rahajoe akan menjadi bos Sinar Mas Group kedua yang bergeser dari korporasi swasta itu ke pemerintahan. Sebelumnya, Presiden Jokowi menunjuk Gandi Sulistiyanto Suherman sebagai Duta Besar RI untuk Korea Selatan.
Sebelum resmi bertugas di Negeri Ginseng pada November 2021, pria yang akrab disapa Sulis itu selama 39 tahun berkarier di Sinar Mas Group. Jabatan terakhirnya adalah Managing Director Sinar Mas Group.
ADVERTISEMENT
“Menjadi Dubes adalah penugasan langsung dari Presiden Jokowi. Ini merupakan kesempatan berdarma bakti pada Negara. Ini juga panggilan yang luar biasa, di mana tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan yang sama,” kata Sulis usai pelantikan dirinya sebagai Dubes di Istana Negara, Jakarta.
*****
Kuis kumparanBISNIS hadir lagi untuk bagi-bagi saldo digital senilai total Rp 1,5 juta. Kali ini ada kuis tebak wajah, caranya gampang! Ikuti petunjuknya di LINK INI. Penyelenggaraan kuis ini waktunya terbatas, ayo segera bergabung!