Direktur BNI Sis Apik Wijayanto Lulus Doktor dengan Predikat Cuma Laude

27 September 2021 6:57
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Direktur BNI Sis Apik Wijayanto Lulus Doktor dengan Predikat Cuma Laude (34230)
zoom-in-whitePerbesar
Direktur Hubungan Kelembagaan BNI, Sis Apik Wijayanto menuntaskan program doktor di Universitas Brawijaya. Foto: Bank BNI
ADVERTISEMENT
Direktur Hubungan Kelembagaan BNI, Sis Apik Wijayanto, berhasil menuntaskan pendidikan program doktor di Universitas Brawijaya, Malang, dengan predikat cum laude. Sis Apik yang menjalani pendidikan doktoral kurang dari 4 tahun, telah diwisuda pada Minggu (26/9).
ADVERTISEMENT
Sis Apik mempertahankan disertasi dengan judul 'Pengaruh Transglobal Leadership terhadap Militansi, Innovation Culture, Performance dan Sustainability'. Disertasi tersebut merupakan penelitian kuantitatif, yang menganalisis hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya.
Variabel yang diteliti dalam penelitian adalah Transglobal Leadership sebagai variabel eksogen; Militansi, Innovatian Culture, dan Performance sebagai variabel intervening dan Bank Sustainabilty sebagai variabel endogen.
Transglobal Leadership merupakan suatu model kepemimpinan yang mampu menggerakkan roda perusahaan (perusahaan, perbankan, BUMN, dan lainnya) menjadi sangat maju dan berkembang. Selain itu juga mampu memperluas area kerjanya ke seluruh dunia. Perusahaan yang memiliki pemimpin Transglobal Leadership, menurut Sis Apik dalam penelitiannya ini, dapat mendorong adanya pengembangan Innovation Culture dalam sebuah perusahaan.
Selain itu, karakter militan harus terus dibangun dalam Transglobal Leadership, sehingga mampu membentuk karakter militan dari segi karyawan maupun pimpinan sebagai budaya kerja. Hal ini akan mendorong kemajuan yang pesat bagi perusahaan. Upaya untuk mencapai keberlanjutan pada perusahaan diperlukan adanya budaya inovasi untuk terus bersaing dengan perusahaan lainnya.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Direktur BNI Sis Apik Wijayanto Lulus Doktor dengan Predikat Cuma Laude (34231)
zoom-in-whitePerbesar
Direktur Hubungan Kelembagaan BNI, Sis Apik Wijayanto menuntaskan program doktor di Universitas Brawijaya. Foto: Bank BNI
"Temuan pada penelitian ini, dapat dijadikan sebagai acuan bagi pembinaan perusahaan BUMN dan perusahaan lainnya. Sehingga dalam membuat kebijakan bisa lebih terarah untuk meningkatkan kinerja perbankan di Indonesia secara umum, khususnya bank milik pemerintah," kata Sis Apik Wijayanto, Senin (27/9).
Hasil penelitian ini juga sudah dipublikasikan melalui Jurnal Asia Pacific of Innovation and Entrepreneurship dengan judul 'The Effect of Transglobal Leadership Mediated by Militancy, Innovation Culture, and Bank Performance'.
Selain itu pada jurnal Scorpus-Q3 dengan Judul 'Transglobal Leadership Toward Sustanability: A Case Study in Indonesia', serta jurnal non-Scorpus Sciarena dengan judul 'The Impact of Transglobal Leadership, innovation culture, bank performance on sustanibility of bank'.
Sis Apik Wijayanto lahir di Blitar, Jawa Timur pada 1961. Dia memperoleh gelar Sarjana (S1) jurusan Administrasi Niaga dari Universitas Brawijaya, sedangkan gelar magisternya diraih dari jurusan Manajemen, Universitas Airlangga, Surabaya.
ADVERTISEMENT
Sebelum menjabat Direktur Hubungan Kelembagaan BNI, Sis Apik Wijayanto menjabat sebagai Direktur Konsumer PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (2016-2017) dan Direktur Kelembagaan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (2017-2019).