Bisnis4 Desember 2019 11:51

Erick Thohir Sindir Direksi BUMN yang Suka Nyinyir ke Pemerintah

Konten Redaksi kumparan
Erick Thohir Sindir Direksi BUMN yang Suka Nyinyir ke Pemerintah (25203)
Menteri BUMN Erick Thohir di Istana Merdeka, Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan, para direksi BUMN harus loyal pada pemerintah. Ia menyindir petinggi BUMN yang suka mengkritik pemerintah lewat media. Menurutnya, kritik tersebut harusnya disampaikan langsung ke pemerintah, bukan lewat media.
ADVERTISEMENT
"Mereka (direksi BUMN) punya loyalitas yang jelas itu kepada pemerintah. Kepada presiden kalau mereka sendiri mengkritisi tapi kerja di BUMN, bukan berarti saya anti kritik, harus dikritisi langsung jangan lewat media," kata Erick saat ditemui di Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (4/12).
Erick Thohir Sindir Direksi BUMN yang Suka Nyinyir ke Pemerintah (25204)
Pengusaha Erick Thohir melambaikan tangan di Istana Kepresidenan, Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Erick Thohir tak menyebut spesifik direksi BUMN mana yang dimaksud. Ia hanya menyampaikan bahwa tak etis jika direksi BUMN berkoar-koar mengkritik lewat media. Padahal pendapat bisa disampaikan langsung ke pemerintah. Apalagi kalau penyampaian kritik itu tanpa disertai solusi.
"Kalau mereka kerja di BUMN tapi kritisi lewat media itu kan enggak etis, cari makan di BUMN itu kan dia ada team work di dalamnya, apakah itu komisaris direksi mereka harus duduk bersama mencari solusi. Kalau mereka mengkritik sendiri yang tidak memberikan solusi, kalau mereka tidak loyal ya enggak usah di BUMN, jadi aja swasta. Jadi enggak usah dan yang lain saya juga tidak mau direksi keminter. Artinya akal-akalan saya tidak perlu orang pintar, yang penting bisa solid bekerja sama gotong royong supaya semua pintar," tegasnya.
ADVERTISEMENT
Lebih lanjut, Erick Thohir juga menekankan bahwa direksi BUMN harus punya akhlak yang baik, tidak menyalahgunakan kekuasaan ketika dipercaya memimpin BUMN.
"Direksi BUMN itu harus mempunyai 3 hal, nomor 1 akhlak karena ini amanah mereka kan putra-putri terbaik ya, ketika dikasih kesempatan untuk memimpin ya akhlaknya dulu yang baik," tutupnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white