kumparan
12 Juni 2018 12:38

Gerbong Kereta Sleeper Akan Layani Rute Yogyakarta, Solo, dan Malang

Kereta Sleeper Resmi di Operasikan
Kereta Sleeper Resmi di Operasikan. (Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan)
PT Kereta Api Indonesia (Persero) berencana akan memperluas rute yang dilayani gerbong kereta sleeper car. Pada tahap pertama ini, rute yang dilayani gerbong kereta sleeper car adalah Jakarta via Stasiun Gambir ke Surabaya via Stasiun Pasarturi.
ADVERTISEMENT
Ke depan, KAI tengah mempertimbangkan beberapa rute baru yang dilayani gerbong kereta sleeper car. Misalnya ke Purwokerto, Yogyakarta, Solo, sampai Malang.
Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengungkapkan rute baru tersebut akan dilayani apabila pengerjaan 6 unit gerbong kereta sleeper car berkapasitas masing-masing 27 tempat duduk oleh PT Industri Kereta Api (Persero) sudah rampung. Secara total, KAI sudah memesan 10 gerbong kereta sleeper car kepada INKA.
"Nanti kalau tambah tinggal bilang ke INKA. Tapi satu bulan ini sepertinya belum. Ini kan sleeper tujuannya untuk tidur, kalau untuk ke Surabaya memang butuh tidur," ujar Edi saat ditemui di Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa (12/6).
Kondisi saat ini, gerbong kereta sleeper car yang beroperasi berjumlah 4 unit. Seluruhnya dikerahkan untuk melayani penumpang dengan tujuan Jakarta-Surabaya dengan tarif promo Rp 900 ribu per penumpang.
Kereta Sleeper Resmi di Operasikan
Kereta Sleeper Resmi di Operasikan. (Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan)
"Yang pasti bahwa kita hanya menyediakan 4 kereta, perjalanannya 2 dari sini (Jakarta) dan 2 dari Surabaya," imbuhnya.
ADVERTISEMENT
Hadirnya gerbong kereta sleeper car disambut positif oleh para penumpang kereta api. Salah satu penumpang gerbong kereta sleeper car bernama Endah Wijayati mengatakan untuk harga promo sebesar Rp 900 ribu masih dalam kategori wajar. Sebab, fasilitas yang ditawarkan memang tergolong mewah.
"Tujuan saya ke Semarang, harga kalau Rp 900 ribu worth it ya, apalagi sekarang lagi musim mudik, tiket kereta mahal, tiket pesawat mahal. Cuma penasarannya kalau misalkan Rp 900 ribu harga promo, karena harga normalnya katanya sekitar Rp 1,2 juta kalau Rp 1,2 juta sih termasuk mahal tapi untuk Rp 900 ribu pas lah," ucapnya.
Penumpang lain bernama Intan Juli Janti mengatakan hal yang sama bahwa harga promo tiket gerbong kereta sleeper car sebesar Rp 900 ribu masih tergolong wajar. Menurutnya fasilitas yang ditawarkan oleh gerbong kereta sleeper bikin penumpang merasa nyaman.
ADVERTISEMENT
"Kalau untuk kondisi fasilitas seperti ini wajar karena benar-benar merasa santai, nyaman kita benar-benar privat," ucap Intan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan