Bisnis
·
22 Juli 2021 10:40
·
waktu baca 2 menit

Gotong Royong Hadapi Pandemi Melalui Inovasi dan Kolaborasi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kebijakan pembatasan sosial membuat banyak pihak terkena dampaknya, tak terkecuali warga di Tabalong, Kalimantan Selatan yang mayoritas bekerja sebagai petani karet. Bahkan akibat pandemi, sekitar 80 persen warga di sana harus berutang pada rentenir karena harga karet anjlok.
Prihatin akan kondisi petani karet di Tabalong, Zulrifan Noor berinisiatif membuat program yang dapat membantu masyarakat sekitar melalui koperasi Baitulmaal Wakaf Indonesia (BWI). BWI mengusung konsep infak, zakat, dan wakaf produktif yang donasinya akan langsung dibagikan kepada sasaran donasi.
BWI juga mengajak UMKM lokal untuk memproduksi barang yang bermanfaat. Mulai dari masker, takjil, hingga beras gratis. Hasil penjualannya digunakan untuk pelunasan utang para petani. Uniknya, setelah utang lunas, masyarakat harus membuat perjanjian tertulis pada mustahik agar tidak kembali berutang pada rentenir.
Hasilnya, sudah ada ratusan warga Tabalong yang terbantu berkat BWI dan 15 di antaranya sudah terbebas dari rentenir. Tidak lepas tangan, warga tersebut dibina kembali oleh BWI agar bisa memiliki usaha dan penghasilan tetap.
Atas kontribusi positifnya, Zulrifan Noor menerima apresiasi dari SATU Indonesia Awards 2020 kategori khusus “Pejuang Tanpa Pamrih di Masa Pandemi COVID-19”. Melalui program BWI, pemuda itu membuktikan bahwa di tengah segala keterbatasan akibat pandemi COVID-19, kita masih tetap bisa berkontribusi untuk membantu masyarakat dan ikut memajukan bangsa lewat berbagai inovasi.
Gotong Royong Hadapi Pandemi Melalui Inovasi dan Kolaborasi (35680)
searchPerbesar
Talkshow 12th SATU Indonesia Awards 2021 x kumparan “Kontribusi dan Kolaborasi, Hadapi Pandemi dengan Inovasi”, Rabu, 28 Juli 2021 pukul 15.00-16.00 WIB di channel YouTube kumparan. Foto: kumparan
Tertarik mendengar kisah lengkap Zulrifan Noor? Saksikan selengkapnya di talkshow 12th SATU Indonesia Awards 2021 x kumparan bertajuk “Kontribusi dan Kolaborasi, Hadapi Pandemi dengan Inovasi” akan digelar pada Rabu, 28 Juli 2021 pukul 15.00-16.00 WIB di channel YouTube kumparan.
Acara ini akan dipandu oleh Ryo Wicaksono sebagai host bersama narasumber sekaligus juri 12th SATU Indonesia Awards 2021; Pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan (IBEKA), Ir. Tri Mumpuni, Pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan (IBEKA); aktris sekaligus pegiat seni, Dian Sastrowardoyo; dan tentunya Zulrifan Noor sebagai penerima apresiasi 11th SATU Indonesia Awards 2020.
Selama satu jam, mereka akan berbagi informasi seputar pentingnya berkontribusi dan kolaborasi untuk bersama-sama menghadapi pandemi hingga informasi penyelenggaraan SATU Indonesia Awards 2021.
Yuk, ikut talkshow-nya di channel YouTube kumparan! Akan ada juga hadiah menarik uang tunai senilai total Rp 1.500.000 untuk 3 penanya terpilih.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan SATU Indonesia Awards