Bisnis
·
4 Mei 2020 14:53

Harga BBM Solar Indonesia Termahal Ketiga di Asia Tenggara

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Harga BBM Solar Indonesia Termahal Ketiga di Asia Tenggara (876984)
searchPerbesar
Petugas sedang mengisi BBM untuk kendaraan mobil. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Turunnya harga minyak mentah dunia hingga ke level USD 20 per barel ternyata belum cukup membuat pemerintah menurunkan harga BBM subsidi maupun nonsubsidi. Menteri ESDM Arifin Tasrif menyebut, volatilitas harga minyak mentah dunia masih tinggi, jadi pemerintah belum mengambil keputusan untuk menurunkan harga BBM.
ADVERTISEMENT
Dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR RI, Arifin mengakui, harga BBM Solar Indonesia atau setara CN 51 merupakan yang termahal ketiga di Asia Tenggara atau ASEAN setelah Singapura dan Laos.
“Kalau Solar, kita memang lebih tinggi (di ASEAN), tapi kita sudah pertahankan harganya cukup lama pada saat harga di negara lain jauh lebih tinggi,” kata dia dalam rapat kerja secara daring, Senin (4/5).
Harga BBM Solar Indonesia Termahal Ketiga di Asia Tenggara (876985)
searchPerbesar
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif hadiri rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI di Komplek Parlemen, Jakarta, Senin (27/1). Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Berdasarkan data yang dipaparkan Arifin, harga BBM solar per 27 April 2020 USD 0,67 per liter. Pada Januari 2020, harga BBM solar Indonesia berada di level lebih tinggi lagi, USD 0,69 per liter.
Sedangkan di Laos harga sejak Maret 2020 harganya USD 0,88 per liter dan Singapura yang menduduki nomor satu per 20 April 2020 harganya USD 1,15 per liter.
ADVERTISEMENT
Sementara di bawah Indonesia, ada Filipina USD 0,59 per liter, Thailand USD 0,55 per liter. Harga BBM Solar di Kamboja lebih murah lagi yakni USD 0,55 per liter dan Vietnam USD 0,43 per liter.
Dua negara terakhir yang paling murah harga BBM Solarnya adalah Myanmar dan Malaysia, Myanmar USD 0,36 per liter dan Malaysia paling murah hanya USD 0,32 per liter.
****
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona