Bisnis
·
25 November 2020 15:51

Ignasius Jonan Jadi Komisaris Sido Muncul, Irwan Hidayat Sanjung Kinerjanya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ignasius Jonan Jadi Komisaris Sido Muncul, Irwan Hidayat Sanjung Kinerjanya (7876)
Komisaris Independen, Ignasius Jonan, dan Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat, berfoto bersama. Foto: Dok. Irwan Hidayat
Mantan Menteri ESDM Ignasius Jonan ditunjuk jadi komisaris perusahaan jamu terkemuka PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO). Penunjukan itu dilakukan melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Sido Muncul, Rabu (25/11).
ADVERTISEMENT
Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat, menilai Ignasius Jonan sebagai sosok yang layak menempati posisi komisaris di perusahaannya. Menurutnya, pengalaman Jonan di korporasi nasional, asing, dan juga di pemerintahan sangat berharga. Yang paling istimewa, ujar Irwan Hidayat, adalah kerja kerasnya membenahi PT Kereta Api Indonesia (KAI).
"Beliau punya pengalaman kerja di perusahaan asing, pengalaman sebagai menteri ESDM. Yang paling spektakuler adalah dia memberesi KAI," kata Irwan Hidayat kepada kumparan, Rabu (25/11).
Irwan menilai, masalah yang dihadapi Jonan saat dia ditugaskan memimpin KAI terbilang berat. Persoalan yang membelit BUMN perkeretaapian itu, sebelumnya tak pernah tuntas sebelum dibereskan Ignasius Jonan.
"Itu kereta api asetnya dikuasai orang, pengusaha. Terus orang jualan kavling-kavling di stasiun. Kereta api enggak pernah beres semua. Dia peletak dasar semua bersih-bersih di KAI. Itu enggak gampang," ujar Irwan Hidayat
ADVERTISEMENT
Dia pun menambahkan, Jonan punya pengalaman dan talenta kepemimpinan yang lengkap. Portofolio atau prestasi kepemimpinannya juga baik. Di luar soal kinerjanya, Irwan juga menyanjung Jonan karena kejujurannya.
Ignasius Jonan Jadi Komisaris Sido Muncul, Irwan Hidayat Sanjung Kinerjanya (7877)
Mantan Menteri ESDM, Ignasius Jonan, yang kini jadi komisaris di Sido Muncul dan Unilever. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
"Bukan hanya hebat selesaikan masalah. Tapi selama ini dia jujur. Dia juga seorang akuntan. Jadi kalau ada rekayasa atau financial engineering. dia pasti tahu. Kami percaya sama kejujuran. Kejujuran akan buat orang percaya," tandas Irwan Hidayat.
Dia pun memberikan sejumlah harapan dengan keberadaan Jonan di jajaran Dewan Komisaris Sido Muncul. Pertama, sebagai komisaris Independen, Jonan akan awasi Sido Muncul lebih baik, supaya Sido Muncul lurus atau jujur. Kedua, pengalaman Jonan bisa memberikan sumbangan ke perusahaan karena dia punya pengalaman sebagai CEO Citibank.
ADVERTISEMENT
Apalagi lanjut Irwan Hidayat, Ignasius Jonan juga menjabat sebagai Komisaris Independen di perusahaan multinasional, PT Unilever Indonesia Tbk. "Dia bisa transfer pengalaman. Sido muncul dapat manfaat kalau Pak Jonan gabung. Saya senang dia mau (gabung)," ujar Irwan Hidayat.
RUPSLB Sido Muncul juga mengangkat satu komisaris baru lainnya, yakni Young Taeg Park. Sehingga susunan manajemen perseroan usai RUPSLB adalah sebagai berikut:

Dewan Komisaris

Komisaris Utama : Jonatha Sofjan Hidajat
Komisaris : Johan Hidayat
Komisaris : Sigit Hartojo Hadi Santoso
Komisaris Independen : Young Taeg Park
Komisaris Independen : Ignasius Jonan
Komisaris Independen : Eric Mamandus

Dewan Direksi

Direktur Utama : David Hidayat
Direktur : Irwan Hidayat
Direktur : Leonard
Direktur : Darmadji Sidik
ADVERTISEMENT
Video