Bisnis
·
28 Maret 2021 10:59

Ikut Program Pemerintah, Agung Podomoro Tawarkan KPR DP 0% Cicilan Rp 1,6 Jutaan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ikut Program Pemerintah, Agung Podomoro Tawarkan KPR DP 0% Cicilan Rp 1,6 Jutaan (135780)
searchPerbesar
Kota Podomoro Tenjo telah menjual lebih dari 1600 unit. Foto: Kota Podomoro Tenjo
Program pemerintah memberikan insentif di sektor properti dan perumahan, berupa KPR DP 0 persen hingga pembebasan PPN untuk pembelian rumah tertentu, mendapat dukungan dari industri properti nasional.
ADVERTISEMENT
Untuk diketahui, fasilitas KPR DP 0 persen diluncurkan Bank Indonesia (BI) dan dapat diberikan oleh bank hingga akhir 2021. Sementara fasilitas pembebasan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) diberikan Kementerian Keuangan hingga Agustus 2021.
Pengembang terkemuka Agung Podomoro, ikut serta mendukung program pemerintah tersebut, dengan menawarkan rumah-rumah berharga terjangkau dengan fasilitas KPR DP 0 persen. Hal itu mereka tawarkan di proyek Kota Podomoro Tenjo di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Assistant Vice President Marketing Kota Podomoro Tenjo, Zaldy Wihardja, pembelian rumah hunian di Kota Podomoro Tenjo dapat dilakukan secara tunai maupun sistem kredit pemilikan rumah (KPR), yang saat ini juga tengah diberikan insentif oleh pemerintah.
Ikut Program Pemerintah, Agung Podomoro Tawarkan KPR DP 0% Cicilan Rp 1,6 Jutaan (135781)
searchPerbesar
Kota Podomoro Tenjo telah menjual lebih dari 1600 unit. Foto: Kota Podomoro Tenjo
"Agung Podomoro Group memberikan kemudahan untuk pembelian properti di Kota Podomoro Tenjo lewat program Spektakuler Bonus yakni DP 0 persen dan angsuran mulai Rp 1,6 jutaan sejak Maret hingga Agustus 2021," kata Zaldy melalui keterangan tertulis, Minggu (28/3).
ADVERTISEMENT
Kebijakan KPR DP 0 persen diluncurkan Bank Indonesia (BI) pada 1 Maret-31 Desember 2021. Secara prinsip kredit DP 0 persen dapat dilakukan, namun lembaga keuangan harus tetap memperhitungkan risiko dengan baik.
“Itu dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian dan manajemen risiko,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Kamis (18/2).
Ikut Program Pemerintah, Agung Podomoro Tawarkan KPR DP 0% Cicilan Rp 1,6 Jutaan (135782)
searchPerbesar
Gubernur BI, Perry Warjiyo saat menyampaikan media briefing Kamis (2/4) melalui siaran live streaming. Foto: Dok. BI
Terkait manajemen risiko ini, Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial BI, Juda Agung, menambahkan pihaknya tidak mengatur ketentuan secara mikro, namun akan diserahkan kepada perbankan masing-masing. Dia menandaskan, kebijakan pelonggaran uang muka KPR dan kredit kendaraan bermotor itu juga bukan sebuah keharusan.
“Jadi ini bukan sebuah keharusan. Bank boleh memberikan KPR DP 0 persen. Tapi apakah bank pada praktiknya seperti itu? Tentu bank punya kebijakan, tapi BI memberikan ruang (menyalurkan kredit) sampai 100 persen,” imbuhnya.
ADVERTISEMENT
Kota Podomoro Tenjo berlokasi di perbatasan 3 wilayah, yakni Kabupaten Bogor, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan. Sejak diluncurkan, Zaldy menyebut produknya telah terjual 1.600 unit. Saat ini, Agung Podomoro meluncurkan produk cluster Kalamentapuri, yang menawarkan rumah dengan harga terjangkau Rp 200 jutaan.