kumparan
search-gray
Bisnis9 Maret 2020 17:23

Imbas Virus Corona dan Perang Minyak, Harga BBM Bakal Turun?

Konten Redaksi kumparan
Imbas Virus Corona dan Perang Minyak, Harga BBM Bakal Turun? (240875)
com-SPBU Pertamina Foto: Dok. Pertamina
Harga minyak dunia anjlok hingga 20 persen di tengah kekhawatiran produsen utama global yang tidak akan memangkas produksi, padahal permintaan menurun akibat berjangkitnya virus corona.
ADVERTISEMENT
Menyusul Rusia yang menolak penurunan produksi, Arab Saudi melakukan langkah serupa. Sebelumnya Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) mendorong penurunan produksi untuk tetap mempertahankan harga minyak di level yang cukup tinggi. Arab Saudi justru akan meningkatkan produksi minyak mentah mulai bulan depan.
Turunnya harga minyak mentah tentu berdampak pada harga bahan bakar minyak (BBM). Meski demikian, Menteri ESDM Arifin Tasrif enggan terburu-buru menetapkan penyesuaian harga BBM di dalam negeri. Pihaknya masih akan mencermati dulu situasinya hingga beberapa waktu ke depan.
"Kita masih akan lihat ini temporary atau bagaimana. Tiba-tiba kita antisipasi, eh ternyata naik lagi kan enggak tahu," kata Arifin saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (9/3).
Imbas Virus Corona dan Perang Minyak, Harga BBM Bakal Turun? (240876)
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif Foto: Rachmadi Rasyad/kumparan
Kementerian ESDM, sambungnya, memperhitungkan berbagai faktor dalam penetapan harga BBM. Mulai dari harga minyak mentah, kurs dolar AS, hingga daya beli masyarakat. "Itu faktor juga untuk sama2 dikalkulasi," tuturnya.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya diberitakan, harga minyak mentah jenis Brent telah jatuh sejak Januari, menjadi hanya USD 45 per barel setelah wabah virus corona. Pada Jumat (6/3) harga turun hampir 10 persen setelah mencuat kabar bahwa upaya OPEC untuk memangkas produksi batal disepakati.
Produsen OPEC seperti Irak, Kuwait, dan Uni Emirat Arab, diperkirakan akan mengikuti jejak Arab Saudi dengan penurunan harga minyak dan peningkatan produksi mulai April.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white