kumparan
search-gray
Bisnis16 November 2019 11:39

KAI Mau Pesen 240 Unit Kereta Diesel Buatan PT INKA

Konten Redaksi kumparan
KAI Mau Pesen 240 Unit Kereta Diesel Buatan PT INKA (568385)
Kereta LRT Palembang produksi PT INKA. Foto: Elsa Olivia L Toruan/kumparan
PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI berencana untuk memesan 20 rangkaian atau trainset Kereta Rel Diesel (KRD) dari PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA. Satu trainset terdiri 12 unit kereta.
ADVERTISEMENT
Menurut Direktur Utama PT INKA, Budi Noviantoro, rencana pembelian KRD itu tengah dimatangkan oleh PT KAI. Jika jadi memesan, produksi KRD itu ditarget dilakukan tahun depan.
“Yang jelas mau beli lagi 20 trainset KRD. Itu yang baru sedang proses,” katanya kepada kumparan, Sabtu (16/11).
KAI Mau Pesen 240 Unit Kereta Diesel Buatan PT INKA (568386)
Direktur Produksi PT Inka Budi Waskito (tengah). Foto: Elsa Toruan/kumparan
Dia menjelaskan dalam KRD tersebut, 1 trainset terdiri dari 12 gerbong kereta. Artinya jika terdapat 20 trainset dipesan, PT INKA akan membuat sekitar 240 unit kereta dengan nilai kontrak mencapai Rp 2,8 triliun.
“Sekitar Rp 2,8 triliun kalau enggak salah. Dihitung aja 20 KRD dikali 12 trainset, ada 240 kereta kira-kira,” tegas Budi.
Budi membeberkan, KRD biasa dipakai PT KAI sebagai armada kereta lokal saat ini. Sebelumnya kereta lokal tersebut sempat menggunakan kereta berlokomotif untuk mengangkut penumpang.
ADVERTISEMENT
KRD ini untuk jarak jauh. Kan sudah banyak kereta ekonomi yang lokal. Sebelumnya itu kan pakai lokomotif, sayang dong. Lokomotifnya untuk angkut barang,” katanya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white