Bisnis
ยท
5 Agustus 2020 11:57

Kisah Bakir Pasaman: Diperiksa KPK, Diangkat Erick Jadi Dirut Pupuk Indonesia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kisah Bakir Pasaman: Diperiksa KPK, Diangkat Erick Jadi Dirut Pupuk Indonesia (6787)
Dirut baru PT Pupuk Indonesia (Persero), Bakir Pasaman, saat masih menjabat Dirut PT Pupuk Kaltim (Persero). Foto: Dok. Pupuk Kaltim
Menteri BUMN Erick Thohir kembali merombak jajaran direksi dan komisaris BUMN di bawahnya. Kali ini giliran PT Pupuk Indonesia (Persero) yang berganti susunan direksi serta komisaris. Pergantian dilakukan, karena sebagian pimpinan perusahaan memang sudah habis masa jabatannya.
ADVERTISEMENT
Untuk posisi Direktur Utama atau Dirut PT Pupuk Indonesia (Persero), Erick Thohir mengangkat Bakir Pasaman, yang sebelumnya menjabat Dirut PT Pupuk Kaltim, anak perusahaan Pupuk Indonesia. Bakir menggantikan Aas Asikin Idat yang sudah menjabat sejak 2015.
Pengangkatan Bakir dilakukan setelah Dirut Pupuk Kaltim itu diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK, pada Senin (3/8). Plt. Juru Bicara KPK, Ali Fikri, menjelaskan pemeriksaan Bakir masih terkait dengan kasus suap dari PT Humpuss Transportasi Kimia (HTK) ke politikus Partai Golkar Bowo Sidik Pangarso.
Perkara yang melibatkan mereka, terkait proyek logistik dengan anak perusahaan Pupuk Indonesia, yakni PT Pupuk Indonesia Logistik (Pilog). Dalam perkara itu, Direktur PT HTK Taufik Agustono telah ditetapkan sebagai tersangka. Sementara Bowo sudah divonis 5 tahun penjara.
Kisah Bakir Pasaman: Diperiksa KPK, Diangkat Erick Jadi Dirut Pupuk Indonesia (6788)
Kapal pengekspor amoniak produksi PT Pupuk Kaltim (Persero). Foto: Dok. Pupuk Kaltim
Menurut Ali, Bakir Pasaman diperiksa sebagai saksi. "Penyidik mendalami pengetahuan saksi terkait perjanjian kerja sama pengangkutan amoniak Kapal Griya Borneo milik PT HTK dan penjualan amoniaknya dari PT Pupuk Kaltim yang diduga untuk memuluskan perjanjian kerja sama tersebut nantinya akan dikawal oleh Bowo Sidik Pangarso," kata Ali Fikri.
ADVERTISEMENT
Secara karier profesional, Bakir Pasaman memang orang lama di Pupuk Indonesia. Dikutip dari akun linkedin, lulusan jurusan Teknik Kimia ITB Bandung itu begitu lulus kuliah langsung mengawali pekerjaan di PT Rekayasa Industri (Rekind) yang merupakan anak perusahaan Pupuk Indonesia.
Di Rekind, Bakir berkarier lebih dari 24 tahun hingga terakhir menjabat VP Portfolio. Pada 2010, lulusan Magister Manajemen Prasetya Mulya dan Magister Hukum Bisnis dari Universitas Padjadjaran Bandung ini, kemudian ditunjuk menjadi Direktur Teknik dan Pengembangan Bisnis PT Pupuk Kaltim.
Pada Januari 2016, Bakir diangkat menjadi Dirut Pupuk Kaltim hingga diangkat Erick Thohir sebagai Dirut Pupuk Indonesia pada 4 Agustus 2020.
Kisah Bakir Pasaman: Diperiksa KPK, Diangkat Erick Jadi Dirut Pupuk Indonesia (6789)
Dirut baru PT Pupuk Indonesia (Persero), Bakir Pasaman, saat masih menjabat Dirut PT Pupuk Kaltim (Persero). Foto: Dok. Pupuk Kaltim
"Segenap keluarga besar Pupuk Indonesia mengapresiasi kinerja jajaran direksi dan komisaris yang telah menjabat dengan dedikasi dan integritas yang tinggi, sehingga mampu membawa perusahaan berkembang dengan pesat," ujar Kepala Komunikasi Pupuk Indonesia, Wijaya Laksana, menanggapi pergantian manajemen perusahaanya, Selasa (4/8).
ADVERTISEMENT

Direktur Pelaksana Kartu Prakerja Masuk Pupuk Indonesia

Selain posisi dirut, dalam perombakan ini hampir semua komisaris dan direksi diganti dengan orang baru. Salah satu direktur baru yang diangkat adalah Panji W Ruky. Dia menduduki kursi Direktur Transformasi Bisnis menggantikan Nugroho Christijanto yang diangkat menjadi Wakil Direktur Utama Pupuk Indonesia.
Panji merupakan Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja. Selama ini Panji banyak memberikan keterangan terkait Program Kartu Prakerja pemerintah.
Dikonfirmasi mengenai pengangkatannya, Panji tidak membalas pesan singkat kumparan. Begitu pun Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga.
Berikut susunan lengkap dewan komisaris dan dewan direksi PT Pupuk Indonesia
Dewan Komisaris
Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen: Darmin Nasution
Komisaris Independen: Mustoha Iskandar
ADVERTISEMENT
Komisaris Independen: Anhar Adel
Komisaris: Bambang Widianto,
Komisaris: Suwandi
Komisaris: Febrio Nathan Kacaribu
Komisaris: Ari Dwipayana,
Komisaris: Anwar Sanusi
Dewan Direksi
Direktur Utama: Bakir Pasaman
Wakil Direktur Utama: Nugroho Christijanto
Direktur Pemasaran: Gusrizal
Direktur Keuangan dan Investasi: Indarto Pamoengkas
Direktur Transformasi Bisnis: Panji W. Ruky
Direktur Produksi: Bob Indiarto
Direktur SDM dan Tata Kelola: Winardi