kumparan
9 Januari 2018 20:35

Luhut Sebut Penenggelaman Kapal Tak Bikin Pencuri Ikan Jera

Luhut Panjaitan
Luhut Panjaitan (Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan yang melarang Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti untuk menenggelamkan kapal pencuri ikan menuai kontroversi.
ADVERTISEMENT
Menurut Luhut, penenggelaman kapal tak menimbulkan efek jera untuk para pelaku illegal fishing.
Kata Luhut, setiap manusia memiliki gen maling yang berpotensi untuk mencuri ikan. Daripada ditenggelamkan, lebih baik kapal-kapal pencuri ikan dimanfaatkan untuk hal-hal yang lebih produktif.
"Kalau soal maling mah kita ini bisa semua punya gen maling makanya ada agama, suku, undang-undang, peraturan, law enforcement semua itu. Coba lah kalau enggak ada aturan, suka-suka kamu juga karena kita manusia pada dasarnya punya gen maling," jelas Luhut saat Afternoon Tea di Kantor Kementerian Bidang Kemaritiman, Jakarta, Selasa (9/1).
Luhut mengatakan, lebih baik kapal-kapal pencuri ikan tersebut dimanfaatkan kembali untuk para nelayan. Kapal-kapal tersebut, katanya, bisa dikelola oleh nelayan sehingga nantinya koperasi nelayan bisa tetap tumbuh.
ADVERTISEMENT
"Sekarang kalau bicara koperasi ini kan bicara keadilan. Kita ingin koperasi nelayan itu tumbuh, ada yang tadi bilang takut nanti kalau dilelang ada orang lain yang dapat, kan kita kontrol kan bisa dikontrol kalau ketakutan itu," ujarnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan