kumparan
20 Sep 2019 16:07 WIB

Mulai Oktober, Naik MRT Bisa Pakai QR Code

Petugas membantu penumpang saat menempelkan kartu tiket MRT. Foto: Darin Atiandina/kumparan
PT MRT Jakarta terus berupaya meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat. Salah satu yang sedang digodok adalah pembayaran dan pembelian tiket MRT menggunakan teknologi dan aplikasi berbasis Kode Respons Cepat (Quick Response Code/ QR Code).
ADVERTISEMENT
Penerapan sistem ticketing berbasis QR Code akan dimulai pada Oktober 2019.
“Sedang berproses (QR Code). Kan saya bilang di Oktober. Jadi kita tunggu bulan depan,” kata Dirut MRT Jakarta William Sabandar di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Jumat (20/19).
Untuk memperlancar proses tersebut, William memastikan segala persiapan akan dimatangkan. Sebab, ia mengakui untuk sampai di tahap ticketing MRT tersebut diperlukan teknologi yang mendukung.
Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Syahbandar memberikan sambutan saat Penandatanganan MoU dengan WWF Indonesia di Stasium MRT Lebak Bulus Grab, Jakarta. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
“Sedang disiapkan mekanismenya di MRT Jakarta. Teknologinya lagi kita bangun, jadi sedang menyiapkan QR Code,” ujar William.
William mengaku akan menggandeng pihak-pihak yang berkompeten termasuk perusahaan yang bergerak di bidang pembayaran online tersebut. Ia mengatakan hampir semua perusahaan tertarik untuk bergabung dalam menjalankan rencana yang disiapkan MRT.
ADVERTISEMENT
“Saya tidak sebut mereknya tapi sampai hari ini semua yang bermain di mekanisme itu khususnya di transportasi tertarik untuk bekerja sama dengan MRT Jakarta,” ungkap William.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan