kumparan
6 Mei 2019 15:46

Penerbangan‎ Tambahan Lebaran Dipindah ke Bandara Baru Yogyakarta

Motif Batik Kawung di Bandara Baru Yogyakarta, Kulon Progo
Motif Batik Kawung di Bandara Baru Yogyakarta, Kulon Progo Foto: Angkasa Pura I
PT Angkasa Pura I (Persero) akan memindahkan seluruh penerbangan tambahan atau extra flight ‎Bandara Adisutjipto pada masa angkutan Lebaran 2019 ke Bandar Udara Internasional Yogyakarta (BUIY) Kulon Progo.
ADVERTISEMENT
Direktur Pemasaran dan Pelayanan Angkasa Pura I Devi Suradji menyampaikan hal itu dilakukan karena kapasitas Bandara Adisutjipto begitu terbatas, sementara jumlah penumpang selalu membeludak melebihi kapasitas.
"Kapasitas Adisutjipto itu 1,8 juta penumpang, tapi penumpang sekarang 8,4 juta penumpang. Itu yang harus dipindah," ujarnya saat ditemui di BUIY Kulon Progo, Senin (6/5).
Bandara Udara Internasional Yogyakarta
Suasana Bandara Udara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) saat mulai beroperasi komersial pada Senin, 6 Mei 2019. Foto: Resya Firmansyah/kumparan
Saat ini, menurut dia, jumlah extra flight di Yogyakarta pada angkutan Lebaran tengah dihitung oleh Kementerian ‎Perhubungan. Pada tahun lalu tercatat extra flight di Bandara Adisutjipto mencapai 32 penerbangan.
"Tahun lalu ada 32 extra flight. Semoga 32 juga ya tahun ini. Yang jelas semua extra flight Le‎baran masuknya ke sini (BUIY)," beber Devi.
Sejauh ini, menurut dia, Citilink yang baru membuka rute di BUIY dengan rute menuju Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta. Sementara untuk maskapai lain, baik rute domestik maupun internasional, saat ini tengah dalam proses.
ADVERTISEMENT
"‎Kalau maskapai internasional dari Silk Air itu ke Singapura, dan sama dari AirAsia dengan rute Kuala Lumpur. Mereka sedang dalam proses mendapatkan slot," jelasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan