Populer: Aset Kripto Terra LUNA Anjlok & Isu Bunuh Diri; JungleLand soal PHK

14 Mei 2022 7:26
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Populer: Aset Kripto Terra LUNA Anjlok & Isu Bunuh Diri; JungleLand soal PHK (7903)
zoom-in-whitePerbesar
Logo Terra LUNA. Foto: FellowNeko/Shutterstock
Pasar kripto digegerkan dengan anjloknya aset kripto Terra LUNA Coin sampai 99,47 persen. Merosotnya aset kripto yang berasal dari Korea Selatan tersebut sampai ada isu investornya bunuh diri.
ADVERTISEMENT
Kabar tersebut menjadi salah satu yang populer di kumparanBisnis. Berita itu dilengkapi dengan penjelasan manajemen JungleLand terkait PHK dan pembayaran gaji.
Berikut rangkuman berita populer di kumparanBisnis sepanjang Jumat (13/5):

Aset Kripto Terra LUNA Anjlok dan Isu Bunuh Diri

Harga aset kripto Terra LUNA Coin asal Korea Selatan anjlok 99,47 persen dalam 24 jam. Dikutip dari coinmarketcap.com, harga Terra LUNA pada Jumat (13/5) pukul 07:20 WIB berada di Rp 41,3. Padahal, pada 5 April 2022, pernah menyentuh level tertinggi Rp 1,6 juta per koin.
Dikabarkan 8 orang bunuh diri akibat anjloknya harga Terra LUNA. Penelusuran kumparan, kabar adanya investor LUNA yang bunuh diri bermula dari sebuah forum di reddit. Tangkapan layar forum tersebut yang diposting akun twitter @JohnBrownlow mengungkap informasi adanya kasus bunuh diri.
ADVERTISEMENT
"Forum reddit LUNA penuh dengan postingan bunuh diri. Jadi pengingat bahwa main di kripto mungkin bisa membuat jumlah aset kita menjadi nol, tapi tidak dengan manusia," kata John.
Cerita tentang adanya investor bunuh diri karena anjloknya harga koin Terra LUNA juga menyebar dari akun twitter @BlockchainBUK yang menyebut akun @Cryptocraziac sebagai sumber informasi.
"Rupanya sudah ada 8 konfirmasi bunuh diri karena anjloknya harga $LUNA. Tetap kuat dan peduli pada mereka yang sedang berjuang sekarang," kata akun @Cryptocraziac.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Berbeda dengan di media sosial, situs media online thereportertimes.com menyebut 8 orang bunuh diri merupakan berita bohong. Hoaks tersebut berasal dari salah satu akun media di Pakistan lalu disebar ulang oleh akun kripto di Twitter bernama @republicdotpk.
ADVERTISEMENT
Anjloknya harga Terra LUNA memang membuat banyak investor gigit jari. Mereka kehilangan banyak aset, sebagian dari tabungan yang selama ini dikumpulkan. Namun, situs berita tersebut memastikan tak ada kabar 8 orang bunuh diri.
Penjelasan Manajemen JungleLand soal Tunggakan Gaji dan PHK Karyawan
Populer: Aset Kripto Terra LUNA Anjlok & Isu Bunuh Diri; JungleLand soal PHK (7904)
zoom-in-whitePerbesar
JungleLand Indonesia Kembali Buka pada 17 Desember 2021. Foto: Shutter Stock
Manajemen JungleLand buka suara terkait masalah tunggakan gaji dan PHK karyawan. Chief of Corporate Affairs & Investor Relations JungleLand, Nuzirman Nurdin, mengungkapkan bahwa JungleLand berhenti beroperasi sejak 20 Maret 2020 akibat dampak dari pandemi COVID-19.
Berlangsungnya kebijakan pembatasan sosial (PSBB dan PPKM) adalah dampak utama dari penyebab tutupnya JungeLand pada Maret 2020 hingga Desember 2021. Dampaknya, kata Nuzirman, otomatis tidak ada pendapatan yang diterima oleh pihak JungleLand.
Nuzirman juga menyebutkan akibat ditutupnya JungleLand pada Maret 2020 hingga Desember 2021, hubungan kerja karyawan dengan status kontrak otomatis banyak yang berakhir. Selain itu, terdapat juga karyawan tetap yang sudah memasuki pensiun sehingga mengalami hal yang sama.
ADVERTISEMENT
Dirinya pun menegaskan bahwa bukan pembukaan kembali JungeLand yang memicu PHK karyawan. “Jadi tidak benar pembukaan kembali Jungleland memicu PHK Karyawan,” ujarnya.
Meski demikian, menurut Nuzirman, pihak JungleLand akan mengupayakan pembayaran sebagian gaji karyawan.