Profil MCASH, Perusahaan yang Sahamnya Dipromosikan Raffi Ahmad dan Ari Lasso

7 Januari 2021 11:29
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Profil MCASH, Perusahaan yang Sahamnya Dipromosikan Raffi Ahmad dan Ari Lasso (8660)
zoom-in-whitePerbesar
Pencatatan saham perdana PT M Cash Integrasi Tbk Foto: Ela Nurlaela/kumparan
ADVERTISEMENT
MCASH yang memiliki nama resmi PT M Cash Integrasi Tbk sempat ramai dengan ajakan dua selebriti ternama, Raffi Ahmad dan Ari Lasso. Hal ini terjadi setelah kedua artis itu mengaku meraup cuan dari saham emiten berkode MCAS tersebut.
ADVERTISEMENT
“Uang yang gue taruh selama kurang lebih baru 2-3 minggu sudah naik 20 persen menuju 30 persen. Gila, gokil banget guys!” ujar Raffi dalam video dalam akun Instagramnya, Selasa (5/1).
Jika Raffi mengaku baru coba-coba di investasi saham, musisi Ari Lasso mengungkapkan sudah main saham sejak 2009. Ari pun pun mengajak para rekan sejawatnya seperti musisi, penyanyi, milenial, hingga pengusaha muda, untuk mulai berinvestasi di instrumen saham khususnya MCAS.
“Di masa pandemi ini ada satu saham yang luar biasa menarik. Kode sahamnya MCAS. Ini dalam beberapa bulan signifikan banget peningkatannya,” ujar Ari Lasso.
Profil MCASH, Perusahaan yang Sahamnya Dipromosikan Raffi Ahmad dan Ari Lasso (8661)
zoom-in-whitePerbesar
Aktor Raffi Ahmad (kiri), Andre Taulany (kanan), dan penyanyi Ari Lasso berbincang seusai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di kompleks Istana Kepresidenan. Foto: Sigid Kurniawan/Antara Foto
Lantas apa sesungguhnya bisnis utama yang dijalani PT M Cash Integrasi Tbk alias MCASH itu? Dikutip dari laman resmi perusahaan, MCASH merupakan perusahaan distribusi digital di Indonesia.
ADVERTISEMENT
"MCASH sejak lama telah membangun landasan untuk berkembang di dunia digital yang serba cepat. Infrastruktur digital yang menjadi inti bisnis MCASH kini memiliki lebih banyak produk yang ditawarkan. Serangkaian inisiatif ini menciptakan ekosistem digital yang sangat bernilai," demikian dikutip kumparan dari laman resmi mcash.id, Kamis (7/1).
MCASH masuk Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak 1 November 2017 itu menawarkan berbagai produk digital, untuk mempermudah pelanggannya dalam melakukan transformasi, dari gaya hidup konvensional menjadi gaya hidup digital
Berdasarkan data RTI, saham MCAS memang mengalami kenaikan signifikan dalam 6 bulan terakhir. Di pertengahan Desember 2020, saham MCAS berhasil kembali ke level sebelum pandemi. Kenaikan tetap berlanjut hingga awal 2021.
Profil MCASH, Perusahaan yang Sahamnya Dipromosikan Raffi Ahmad dan Ari Lasso (8662)
zoom-in-whitePerbesar
Layanan M Box, salah satu produk MCASH bekerja sama dengan PT Pos Indonesia. Foto: Elsa Toruan/kumparan
Saat dipromosikan Raffi Ahmad dan Ari Lasso, saham MCAS sempat bertengger di level Rp 4.550 naik 8,33 persen dibanding penutupan perdagangan sebelumnya. Posisi itu bertahan hingga hari ini. Dalam 6 bulan terakhir, harga saham MCAS sudah meroket 234 persen. Padahal saat listing di BEI, harga saham MCAS cuma Rp 1.385.
ADVERTISEMENT
Pemegang saham utama MCASH merupakan korporasi. Yakni PT 1 Inti Dot Com sebanyak 157 juta lembar saham (18,1 persen), PT Hero Intiputra sebanyak 72,9 juta saham (8,4 persen). Selain itu ada PT Kresna Graha Investama Tbk mengantongi 60,6 juta saham (6,9 persen), PT Kresna Karisma Persada sebanyak 54,2 juta saham (6,2 persen), dan PT Nusantara Teknologi Perkasa 43,9 juta saham (5 persen).
Sedangkan saham milik publik sebanyak 44,7 persen atau 388 juta saham dan saham treasury sejumlah 1,08 persen atau 9,3 juta saham.
Di antara direksinya juga ada yang memiliki saham MCAS ini, yakni CEO MCASH, Michael Steven, menggenggam 3,5 juta saham (0,4 persen), Direktur MCAS Suryandy Jahja punya 5,3 jua saham (0,6 persen), dan Presiden Direktur MCASH Martin Suharlie sejumlah 81,5 juta saham (9,3 persen).
ADVERTISEMENT