kumparan
11 November 2019 10:29

Proyek LRT Jabodebek Ditarget Selesai Juni 2021

Progres LRT
Lokasi pembangunan LRT Jabodebek tahap I di sisi Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (14/10/2019). Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Moda Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek dikebut penyelesaiannya. Adapun penyelesaiannya ditarget pada pertengahan tahun 2021 mendatang.
ADVERTISEMENT
“Ya kita masih target Juni atau Juli 2021 LRT ini selesai dan bisa langsung operasi,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, saat ditemui di lokasi proyek, Kuningan, Senin (11/11).
Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan bahwa di tahun 2021 pihaknya langsung mengoperasikan seluruh rangkaian LRT.
“Tes atau uji coba jalan rute Cibubur-Cawang diperkirakan 6-7 bulan ke depan. Kita juga sudah mulai itu studi yang Bogor karena lebih banyak di bawah. Jadi nanti di 2021 langsung jalan,” katanya.
LRT, Seremonial Pengecoran Closure, Kuningan
Seremonial Pengecoran Closure Tengah Jembatan Lengkung Bentang Panjang Kuningan Kereta Api Ringan/Light Rail Transit di Jembatan Bentang Panjang Kuningan. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Pada hari ini juga, empat menteri meresmikan pengecoran terakhir Jembatan Lengkung Bentang Panjang Kuningan pada proyek LRT Jabodebek.
Keempat menteri itu yakni Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.
Progres LRT
Seorang pekerja mengerjakan pembangunan LRT Jabodebek tahap I di sisi Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (14/10/2019). Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Longspan atau bentangan beton panjang yang ada di lintasan Kuningan LRT Jabodebek sendiri menjadi salah satu struktur jembatan kereta api lengkung dengan struktur beton terpanjang di dunia. Panjangnya mencapai 148 meter.
ADVERTISEMENT
Progres LRT Jabodebek per 1 November 2019 mencapai 67,3 persen. Adapun rinciannya, Cawang-Cibubur 86,2 persen,Cawang-Kuningan-Dukuh Atas 58,3 persen dan Cawang-Bekasi Timur 60,5 persen.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan