PT Pelni Minta Maaf Soal Gaduh Pembatalan Ceramah Ramadhan

11 April 2021 14:35
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
PT Pelni Minta Maaf Soal Gaduh Pembatalan Ceramah Ramadhan (38293)
zoom-in-whitePerbesar
Kantor Pelni. Foto: Dok. Pelni
ADVERTISEMENT
Ceramah sejumlah ulama menyambut Ramadhan di PT Pelni (Persero) menimbulkan polemik hingga akhirnya dibatalkan. Manajemen PT Pelni meminta maaf atas keresahan yang ditimbulkan.
ADVERTISEMENT
Saat ini manajemen sudah mengambil tindakan yang diperlukan dan menegaskan bahwa perseroan dalam menjalankan usahanya berpedoman pada nilai-nilai Pancasila dan selalu menegakkan komitmen NKRI.
"Kami telah melakukan klarifikasi kepada pihak-pihak yang terkait langsung. Kami sekaligus meminta maaf kepada segenap stakeholder dan masyarakat atas kegaduhan yang terjadi. Ini akan menjadi evaluasi bagi kami untuk ke depannya," kata Pjs Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni, Opik Taufik, melalui keterangan resminya, dikutip kumparan pada Minggu (11/4).
Sebagaimana informasi yang beredar, bahwa Badan Kerohanian Islam atau Bakis PT Pelni menggelar kegiatan kajian dalam rangka menyemarakkan datangnya Bulan Suci Ramadhan. Sejatinya Ustaz Firanda, Ustaz Syafiq Basalamah, dan juga Ketua MUI Cholil Nafis, mengisi rangkaian acara Ramadhan di perusahaan BUMN pelayaran itu.
PT Pelni Minta Maaf Soal Gaduh Pembatalan Ceramah Ramadhan (38294)
zoom-in-whitePerbesar
KM Kelud, kapal berkapasitas 2000 pax milik PELNI Foto: Dok. PELNI
Namun, kegiatan tersebut dibatalkan karena belum memenuhi prosedur dan ketentuan yang berlaku di Perusahaan.
ADVERTISEMENT
"Setelah dilakukan klarifikasi kepada penyelenggara kegiatan, kami mendapati terdapat kealpaan untuk melakukan komunikasi sebagaimana yang biasa dilakukan seperti tahun-tahun sebelumnya. Meski begitu, kami segera merespons kekeliruan ini secara serius," ujar Opik.
Opik menjelaskan Bakis PT Pelni merupakan badan keagamaan islam di bawah Perusahaan. Kegiatan yang dilakukan oleh Bakis PT Pelni adalah memfasilitasi pegawai muslim di Perusahaan untuk melakukan kegiatan rohani, seperti kegiatan Ramadhan, Idul Fitri, Idul Adha, pengajian, serta menyalurkan zakat dan infaq pegawai PT Pelni.
***
Saksikan video menarik di bawah ini.