Saham Bukalapak Anjlok 6,76 Persen, Analis Sebut Pelaku Pasar Mulai Ragu

11 Agustus 2021 19:39
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Logo Bukalapak. Foto: REUTERS/Willy Kurniawan
zoom-in-whitePerbesar
Logo Bukalapak. Foto: REUTERS/Willy Kurniawan
ADVERTISEMENT
Saham PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) anjlok 6,76 persen pada Selasa (10/8), setelah dua hari sebelumnya menguat hingga menyentuh batas atas auto reject (ARA).
ADVERTISEMENT
Analis Saham dari Indopremier Sekuritas, Mino, mengatakan anjloknya saham BUKA di hari ketiga melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) menandakan mulai ada keraguan di pasar mengenai kinerja BUKA yang masih membukukan keuangan negatif. Kondisi ini menjadi sentimen negatif bagi pergerakan saham BUKA.
"Kelihatannya di pasar sudah muncul keraguan dengan Bukalapak yang secara kinerja masih negatif. Asing juga melakukan penjualan plus euforia IPO mulai mereda," kata dia saat dihubungi kumparan, Rabu (11/8).
Berdasarkan data RTI, kemarin saham BUKA dibuka di atas harga penutupan sebelumnya yaitu Rp 1.130 per saham, kemudian sempat menyentuh level tertingginya di Rp 1.160 per saham, namun turun 75 poin atau anjlok 6,76 persen ke level Rp 1.035 per saham saat penutupan perdagangan sore hari.
Logo baru Bukalapak. Foto: Bukalapak
zoom-in-whitePerbesar
Logo baru Bukalapak. Foto: Bukalapak
Kenaikan tertinggi saham BUKA terjadi pada Senin (9/8) yang sempat menyentuh Rp 1.325 per saham, melesat 25 persen hingga masuk ARA. Gejolak saham BUKA selama tiga hari melantai, kata Mino, memunculkan tekanan ke depan.
ADVERTISEMENT
"Untuk ke depan, mungkin masih akan ada tekanan jual pada saham BUKA," ujarnya.
Hingga Selasa (10/8), dengan anjloknya harga saham 6,76 persen, kapitalisasi pasar BUKA Rp 106,67 triliun dan valuasi Price to Earning Ratio (PER) 0,01 persen.
Anjloknya saham BUKA pun menjadi ejekan di media sosial karena ada sejumlah investor yang dananya nyangkut lantaran membeli saat ARA. Aplikasi BUKA di Playstore dan Appstore pun sempat ramai diberi bintang satu dan komentar negatif.